Responsive Banner

Implikasi gaya mengajar interaksional guru IPS pada minat belajar mata pelajaran Sejarah Indonesia di MA Al-Islamy Sedati Mojokerto

Sari, Angeli Carissa (2025) Implikasi gaya mengajar interaksional guru IPS pada minat belajar mata pelajaran Sejarah Indonesia di MA Al-Islamy Sedati Mojokerto. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
210102110092.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

INDONESIA:

Gaya mengajar terkait dengan kepribadian dimana melibatkan jabatan sebagai guru, tingkah laku, cara kerja, sikap terhadap diri sendiri dan orang lain. Gaya mengajar interaksional yaitu konsep gaya mengajar yang mana guru mengajukan pertanyaan kepada siswa dan siswa berdiskusi serta menarik kesimpulan bersama-sama. Ketika pembelajaran, guru menciptakan suasana ketergantungan di mana siswa bisa berbicara dan belajar dari diskusi serta pendapat beberapa siswa.

Rumusan masalah ini yakni: (1) Bagaimana gaya mengajar interaksional Guru IPS pada mata pelajaran Sejarah Indonesia di MA Al-Islamy Sedati Mojokerto?, (2) Bagaimana implikasi gaya mengajar interaksional Guru IPS pada minat belajar mata pelajaran Sejarah Indonesia di MA Al-Islamy Sedati Mojokerto?

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang berlokasi di MA Al-Islamy Sedati Mojokerto. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi untuk mendapatkan informasi yang relevan. Setelah itu, data dianalisis melalui beberapa tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Data yang didapatkan diuji keabsahannya melalui triangulasi dan penggunaan bahan referensi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) melalui gaya mengajar interaksional yang diterapkan oleh guru IPS sebagai guru mata pelajaran Sejarah Indonesia di MA Al-Islamy Sedati Mojokerto dapat berkontribusi secara signifikan terhadap peningkatan minat belajar siswa. (2) Gaya mengajar ini memungkinkan siswa untuk lebih aktif bertanya, berdiskusi, dan mengekspresikan pendapat, yang pada akhirnya membangun rasa keterlibatan dan ketertarikan mereka terhadap materi Sejarah Indonesia.

ENGLISH:

Teaching style is also related to personality which involves the position as a teacher, behavior, way of working, attitude towards oneself and others. Interactional teaching style is the concept of style. Teach which where Teacher submit question to student And student discuss as well as interesting conclusion together. When learning, the teacher creates an atmosphere of dependency where students can talk and learn from discussions and opinions of several students.

The formulation of this problem is: (1) What is the interactive teaching style of Social Studies teachers in the subject of Indonesian History at MA Al-Islamy Sedati Mojokerto? , (2) How Implications of the interactional teaching style of social studies teachers on interest in learning Indonesian History subjects at MA Al-Islamy Sedati Mojokerto?

This study uses a qualitative method with a descriptive approach located at MA Al-Islamy Sedati Mojokerto. Data collection techniques used through interviews, observations, and documentation to obtain relevant information. After that, the data was analyzed through several stages, namely data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The data obtained was tested for validity through triangulation and the use of reference materials.

The results of the study indicate that through (1) the interactional teaching style applied by social studies teachers as Indonesian History subject teachers at MA Al-Islamy Sedati Mojokerto can contribute significantly to increasing students' interest in learning. (2) This teaching style allows students to be more active in asking questions, discussing, and expressing opinions, which ultimately builds their sense of involvement and interest in Indonesian History material.

ARABIC:

أﺳﻠﻮب اﻟﺘﺪرﻳﺲ اﻟﺘﻔﺎﻋﻠﻲ ﻫﻮ ﻣﻔﻬﻮم أﺳﻠﻮب اﻟﺘﺪرﻳﺲ اﻟﺬي ﻳﺴﺘﺨﺪم ﻓﻴﻪ اﻟﻤﻌﻠﻢ اﻃﺮح اﻷﺳﺌﻠﺔ ﻋ اﻟﻄﻼب وﻧﺎﻗﺶ اﻟﻄﻼب وﺷﺎرك ﻓﻲ أﻧﺸﻄﺔ ﻣﺜﻴﺮة ﻟﻼﻫﺘﻤﺎم اﻻﺳﺘﻨﺘﺎج ﻣﻌﺎ. أﺛﻨﺎء اﻟﺘﻌﻠﻢ، ﻳﺨﻠﻖ اﻟﻤﻌﻠﻤﻮن ﺟﻮًا ﻣﻦ اﻻﻋﺘﻤﺎد ﺣﻴﺚ ﻳﻤﻜﻦ ﻟﻠﻄﻼب اﻟﺘﺤﺪث واﻟﺘﻌﻠﻢ ﻣﻦ اﻟﻤﻨﺎﻗﺸﺎت وآراء اﻟﻌﺪﻳﺪ ﻣﻦ اﻟﻄﻼب. وﻳﺮﺗﺒﻂ أﺳﻠﻮب اﻟﺘﺪرﻳﺲ أﻳﻀًﺎ ﺑﺎﻟﺸﺨﺼﻴﺔ واﻟﺘﻲ ﺗﺘﻀﻤﻦ ﻣﻨﺼﺐ اﻟﻤﻌﻠﻢ، واﻟﺴﻠﻮك، وﻃﺮﻳﻘﺔ اﻟﻌﻤﻞ، واﻟﻤﻮﻗﻒ ﺗﺠﺎه اﻟﺬات واﻵﺧﺮﻳﻦ.

ﺻﻴﺎﻏﺔ اﻟﻤﺸﻜﻠﺔ ﻫﻲ: (١)ﻣﺎ ﻫﻮ أﺳﻠﻮب اﻟﺘﺪرﻳﺲ اﻟﺘﻔﺎﻋﻠﻲ ﻟﻤﻌﻠﻤﻲ اﻟﺪراﺳﺎت اﻻﺟﺘﻤﺎﻋﻴﺔ ﻓﻲ ﻣﺎدة اﻟﺘﺎرﻳﺦ اﻹﻧﺪوﻧﻴﺴﻲ ﻓﻲ ﻣﺎﺟﺴﺘﻴﺮ اﻹﺳﻼﻣﻲ ﺳﻴﺪاﺗﻲ ﻣﻮﺟﻮﻛﻴﺮﺗﻮ؟ (٢) ﻣﺎ ﻫﻲ آﺛﺎر أﺳﻠﻮب اﻟﺘﺪرﻳﺲ اﻟﺘﻔﺎﻋﻠﻲ ﻟﻤﻌﻠﻤﻲ اﻟﺪراﺳﺎت اﻻﺟﺘﻤﺎﻋﻴﺔ ﻋ اﻻﻫﺘﻤﺎم ﺑﺘﻌﻠﻢ ﻣﻮﺿﻮع اﻟﺘﺎرﻳﺦ اﻹﻧﺪوﻧﻴﺴﻲ ﻓﻲ ﻣﺎﺟﺴﺘﻴﺮ اﻹﺳﻼﻣﻲ ﺳﻴﺪاﺗﻲ ﻣﻮﺟﻮﻛﻴﺮﺗﻮ؟

ﺗﻌﺘﻤﺪ ﻫﺬه اﻟﺪراﺳﺔ ﻋ اﻟﻤﻨﻬﺞ اﻟﻨﻮﻋﻲ ﻣﻊ اﻟﻤﻨﻬﺞ اﻟﻮﺻﻔﻲ اﻟﻤﻮﺟﻮد ﻓﻲ - موجوكيرتو. سيداتي الإسلامي ماجستير ﺗﻘﻨﻴﺎت ﺟﻤﻊ اﻟﺒﻴﺎﻧﺎت اﻟﻤﺴﺘﺨﺪﻣﺔ ﻣﻦ ﺧﻼل اﻟﻤﻘﺎﺑﻼت واﻟﻤﻼﺣﻈﺔ واﻟﺘﻮﺛﻴﻖ ﻟﻠﺤﺼﻮل ﻋ اﻟﻤﻌﻠﻮﻣﺎت ذات اﻟﺼﻠﺔ. وﺑﻌﺪ ذﻟﻚ ﺗﻢ ﺗﺤﻠﻴﻞ اﻟﺒﻴﺎﻧﺎت ﻣﻦ ﺧﻼل ﻋﺪة ﻣﺮاﺣﻞ وﻫﻲ: اﺧﺘﺰال اﻟﺒﻴﺎﻧﺎت، وﻋﺮض اﻟﺒﻴﺎﻧﺎت، واﺳﺘﺨﻼص اﻟﻨﺘﺎﺋﺞ.

ﺗﻢ اﺧﺘﺒﺎر اﻟﺒﻴﺎﻧﺎت اﻟﺘﻲ ﺗﻢ اﻟﺤﺼﻮل ﻋﻠﻴﻬﺎ ﻟﻠﺘﺄﻛﺪ ﻣﻦ ﺻﺤﺘﻬﺎ ﻣﻦ ﺧﻼل اﻟﺘﺜﻠﻴﺚ واﺳﺘﺨﺪام اﻟﻤﻮاد اﻟﻤﺮﺟﻌﻴﺔ. أﺳﻠﻮب اﻟﺘﺪرﻳﺲ اﻟﺘﻔﺎﻋﻠﻲ ﻫﻮ ﻣﻔﻬﻮم أﺳﻠﻮب اﻟﺘﺪرﻳﺲ اﻟﺬي ﻳﺴﺘﺨﺪم ﻓﻴﻪ اﻟﻤﻌﻠﻢ اﻃﺮح اﻷﺳﺌﻠﺔ ﻋ اﻟﻄﻼب وﻧﺎﻗﺶ اﻟﻄﻼب وﺷﺎرك ﻓﻲ أﻧﺸﻄﺔ ﻣﺜﻴﺮة ﻟﻼﻫﺘﻤﺎم اﻻﺳﺘﻨﺘﺎج ﻣﻌﺎ. أﺛﻨﺎء اﻟﺘﻌﻠﻢ، ﻳﺨﻠﻖ اﻟﻤﻌﻠﻤﻮن ﺟﻮًا ﻣﻦ اﻻﻋﺘﻤﺎد ﺣﻴﺚ ﻳﻤﻜﻦ ﻟﻠﻄﻼب اﻟﺘﺤﺪث واﻟﺘﻌﻠﻢ ﻣﻦ اﻟﻤﻨﺎﻗﺸﺎت وآراء اﻟﻌﺪﻳﺪ ﻣﻦ اﻟﻄﻼب. وﻳﺮﺗﺒﻂ أﺳﻠﻮب اﻟﺘﺪرﻳﺲ أﻳﻀًﺎ ﺑﺎﻟﺸﺨﺼﻴﺔ واﻟﺘﻲ ﺗﺘﻀﻤﻦ ﻣﻨﺼﺐ اﻟﻤﻌﻠﻢ، واﻟﺴﻠﻮك، وﻃﺮﻳﻘﺔ اﻟﻌﻤﻞ، واﻟﻤﻮﻗﻒ ﺗﺠﺎه اﻟﺬات واﻵﺧﺮﻳﻦ.

ﺗﻈﻬﺮ ﻧﺘﺎﺋﺞ اﻟﺪراﺳﺔ أﻧﻪ ﻣﻦ ﺧﻼل أﺳﻠﻮب اﻟﺘﺪرﻳﺲ اﻟﺘﻔﺎﻋﻠﻲ اﻟﺬي ﻳﻄﺒﻘﻪ ﻣﺪرﺳﻮ اﻟﺪراﺳﺎت اﻻﺟﺘﻤﺎﻋﻴﺔ ﻛﻤﺪرﺳﻴﻦ ﻟﻤﺎدة اﻟﺘﺎرﻳﺦ اﻹﻧﺪوﻧﻴﺴﻲ ﻓﻲ ﻣﺪرﺳﺔ ﺳﻴﺪاﺗﻲ اﻹﺳﻼﻣﻴﺔ ﻣﻮﺟﻮﻛﻴﺮﺗﻮ، ﻓﺈﻧﻪ ﻳﻤﻜﻦ أن ﻳﺴﺎﻫﻢ ﺑﺸﻜﻞ ﻛﺒﻴﺮ ﻓﻲ زﻳﺎدة اﻫﺘﻤﺎم اﻟﻄﻼب ﺑﺎﻟﺘﻌﻠﻢ. ﻳﺘﻴﺢ أﺳﻠﻮب اﻟﺘﺪرﻳﺲ ﻫﺬا ﻟﻠﻄﻼب أن ﻳﻜﻮﻧﻮا أﻛﺜﺮ ﻧﺸﺎﻃًﺎ ﻓﻲ ﻃﺮح اﻷﺳﺌﻠﺔ واﻟﻤﻨﺎﻗﺸﺔ واﻟﺘﻌﺒﻴﺮ ﻋﻦ اﻵراء، ﻣﻤﺎ ﻳﺆدي ﻓﻲ اﻟﻨﻬﺎﻳﺔ إﱃ ﺑﻨﺎء ﺷﻌﻮرﻫﻢ ﺑﺎﻟﻤﺸﺎرﻛﺔ واﻻﻫﺘﻤﺎم ﺑﻤﺎدة اﻟﺘﺎرﻳﺦ اﻹﻧﺪوﻧﻴﺴﻲ.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Efiyanti, Alfiana Yuli
Keywords: Implikasi; Gaya Mengajar Interaksional; Minat Belajar; Mata Pelajaran Sejarah Indonesia; Implications; Interactional Teaching Style; Interest in Learning; Indonesian History Subject;تداعيات اﻟﻜﻠﻤﺎت اﻟﻤﻔﺘﺎﺣﻴﺔ; أﺳﻠﻮب اﻟﺘﺪرﻳﺲ اﻟﺘﻔﺎﻋﻠﻲ;اﻫﺘﻤﺎﻣﺎت اﻟﺘﻌﻠﻢ; اﻟﻤﻮﺿﻮع ﺗﺎرﻳﺦ إﻧﺪوﻧﻴﺴﻴﺎ
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Angeli Carissa Sari
Date Deposited: 16 Jun 2025 14:57
Last Modified: 16 Jun 2025 14:57
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/75705

Downloads

Downloads per month over past year

Actions (login required)

View Item View Item