Responsive Banner

Kepemimpinan kharismatik kiai dalam meningkatkan prestasi santri di Ma’had Al-Ulya Madrasah Aliyah Negeri Kota Batu

Ismawati, Ismawati (2025) Kepemimpinan kharismatik kiai dalam meningkatkan prestasi santri di Ma’had Al-Ulya Madrasah Aliyah Negeri Kota Batu. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
210106110023.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

INDONESIA:

Kepemimpinan secara umum didefinisikan sebagai kemampuan dalam kesiapan yang dimiliki oleh seseorang untuk dapat mempengaruhi, mendorong, mengajak, menuntun, menggerakkan, mengarahkan, orang atau kelompok agar menerima pengaruh tersebut dan selanjutnya terbuat sesuatu yang dapat membantu tercapainya suatu tujuan tertentu yang telah ditetapkan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui Strategi yang digunakan pemimpin dalam meningkatkan prestasi santri, (2) Mengetahui keberhasilan pemimpin dalam meningkatkan prestasi santri.

Peneliti menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Lokasi penelitian yaitu di Ma’had Al Ulya Kota Batu. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan teknik (1) interview (wawancara), (2) observasi dan (3) dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi dan verifikasi. Adapaun pengecekan keabsahan data menggunakan (1) Derajat kepercayaan (credibility), (2) Keteralihan (transferability) (3) Kebergantungan (dependability) dan (4)Kepastian (confirmability).

Hasil penelitian menunjukan (1) Strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir merupakan strategi pembelajaran yang menekankan kepada kemampuan berpikir siswa. Dalam pembelajaran ini materi pelajaran tidak disajikan begitu saja kepada siswa, akan tetapi siswa dibimbing untuk proses menemukan sendiri konsep yang harus dikuasai melaluiproses dialogis yang terus menerus dengan memanfaatkan pengalaman santri, (2) Kepemimpinan yang berhasil dibuktikan dengan prilaku dan aktivitas pemimpin dengan memberikan kontribusi 2 hal, yaitu: pertama manjemen yang melaksanakan kegiatan kepemimpinan memberikan dukungan dan pengembangan budaya organisasi dengan prilaku yang baik atau keteladanan (uswah hasanah).kedua, Manajemen selalu mengeluarkan kebijakan dan memberikan keputusan dengan didasari oleh keahlian, kepribadian dan pengalaman.

ENGLISH:

Leadership is generally defined as the ability and readiness possessed by a person to be able to influence, encourage, invite, guide, move, direct, people or groups to accept this influence and then create something that can help achieve a certain g This study aims to (1) Find out the strategies used by leaders in improving student achievement, (2) Find out the success of leaders in improving student achievement.

The researcher used qualitative research with a descriptive approach. The location of the study was at Ma'had Al Ulya, Batu City. This study used data collection techniques with (1) interview techniques, (2) observation and (3) documentation. Data analysis used was data collection, reduction and verification. The data validity check used (1) Credibility, (2) Transferability (3) Dependability and (4) Confirmability.

The results of the study showed (1) Learning strategies to improve thinking skills are learning strategies that emphasize students' thinking skills. In this learning, the lesson material is not simply presented to the students, but the students are guided to discover for themselves the concepts that must be mastered through a continuous dialogic process by utilizing the students' experiences. (2) Successful leadership is proven by the behavior and activities of the leader by providing 2 contributions, namely: first, management that carries out leadership activities provides support and development of organizational culture with good behavior or exemplary behavior (uswah hasanah). Second, management always issues policies and makes decisions based on expertise, personality and experience.oal that has been set.

ARABIC:

تُعرَّف القيادة عمومًا بأنها القدرة والاستعداد اللذان يمتلكهما الفرد للتأثير على الآخرين، وتحفيزهم، وتوجيههم، وتحريكهم، وإرشادهم، بهدف قبول هذا التأثير وتحقيق هدف محدد مسبقًا. يهدف هذا البحث إلى: (1) معرفة الاستراتيجيات التي يستخدمها المربي في تحسين أداء الطلاب. (2) معرفة مدى نجاح المربي في تحقيق هذا الهدف. استخدم الباحث المنهج الكيفي بالأسلوب الوصفي، وأُجري البحث في معهد العُليا بمدينة باتو .أما تقنيات جمع البيانات فشملت: المقابلة, الملاحظة, التوثيق.

واعتمد تحليل البيانات على ثلاث مراحل: جمع البيانات، تقليلها، والتحقق من صحتها. ولضمان مصداقية البيانات، تم استخدام المعايير التالية: (1) درجة الثقة (Credibility) (2) قابلية النقل. (Transferability), (3) الإعتمادية (dependability), (4) مكانية التأكيد (Confirmability).

نتائج البحث: (1) استراتيجية تحسين القدرة على التفكير. تعد هذه الاستراتيجية من أساليب التدريس التي تركز على تطوير مهارات التفكير لدى الطلاب. إذ لا يتم تقديم المادة الدراسية بشكل مباشر، وإنما يتم توجيه الطلاب لاكتشاف المفاهيم بأنفسهم من خلال عملية حوارية مستمرة، مع الاستفادة من خبراتهم السابقة. (2) نجاح القيادة : يظهر نجاح القيادة من خلال سلوك المربي وأنشطته، حيث يسهم في جانبين رئيسيين: (1) الإدارة الفعالة :وتتمثل في دعم وتعزيز الثقافة التنظيمية عبر السلوك الجيد والقدوة الحسنة) أسوة حسنة( (2) اتخاذ القرارات الحكيمة :حيث يعتمد المربي في سياساته وقراراته على خبرته، وكفاءته، وشخصيته.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Tharaba, M. Fahim
Keywords: Kepemimpinan Karismatik; Strategi; Keberhasilan; Charismatic Leadership; Strategy; Success; القيادة; المربي الهيبيّ ; إنجازات، الطلاب
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ismawati Ismawati
Date Deposited: 12 Jun 2025 10:26
Last Modified: 12 Jun 2025 10:26
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/75418

Downloads

Downloads per month over past year

Actions (login required)

View Item View Item