S, Mochamad Hafiddhudin Wachid (2025) Pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif Quizizz terhadap minat belajar siswa kelas X pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Darul Karomah Singosari. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
![]() |
Text (Fulltext)
200101110028.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) |
Abstract
INDONESIA:
Pendidikan memainkan peran penting dalam pembentukan kepribadian yang kuat dan dasar peradaban. Dalam situasi seperti ini, strategi pengajaran sangat berpengaruh terhadap kualitas sistem pendidikan. Cara orang berkomunikasi satu sama lain dan proses pembelajaran telah diubah oleh kemajuan teknologi seperti internet, TV, radio, dan komputer. Salah satu inovasi teknologi dalam pendidikan adalah penggunaan Quizizz, sebuah media pembelajaran berbasis kuis online. Meskipun mayoritas pengguna menggunakan Quizizz sebagai permainan, media ini sebendiarnya memiliki fitur yang lebih formal, seperti penilaian harian, kuis, survei, dan pengujian semester.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi bagaimana penggunaan Quizizz, sebuah alat pembelajaran interaktif, memengaruhi minat siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Darul Karomah Singosari. Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan kuantitatif yang menggunakan survei sebagai metode pengumpulan data. Dengan menggunakan skala penilaian untuk mengukur variabel yang diteliti, angket diberikan kepada siswa untuk mendapatkan data. Dalam penelitian ini, variabel bebas adalah penggunaan media pembelajaran Quizizz, sedangkan variabel terikat adalah minat siswa dalam belajar, yang dinilai melalui perasaan senang, ketertarikan, dan perhatian terhadap pelajaran.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Quizizz memberikan pengaruh yang positif dan berarti terhadap peningkatan minat belajar siswa. Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel media pembelajaran Quizizz berpengaruh signifikan terhadap minat belajar PAI, dengan t-statistik 6.939 (> 1.96) dan p-value 0.000 (< 0.05). Pengaruhnya tercermin dari nilai original sample sebesar 0.591, yang berarti kontribusinya mencapai 59,1%. Hasil tersebut berarti bahwa siswa memiliki tingkat ketertarikan yang tinggi dalam menggunakan media ini untuk pembelajaran. Sebagian besar siswa merasa lebih antusias dan tertarik untuk mempelajari materi dengan menggunakan Quizizz dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional. Namun, dalam aspek perasaan senang, hasil menunjukkan bahwa tidak semua siswa merasakan kepuasan atau perubahan emosional yang lebih baik setelah menggunakan media ini, sehingga masih perlu adanya pengembangan dalam penerapannya.
ENGLISH:
Education plays a crucial role in shaping strong personalities and establishing the foundation of civilization. Within this framework, teaching strategies have a significant influence on the quality of the education system. Technological advancements such as the internet, television, radio, and computers have transformed how people communicate and engage in learning. Among these innovations is Quizizz, an online quiz-based learning platform. Although many users treat Quizizz as a game, it actually offers more formal features, including daily assessments, quizzes, surveys, and semester exams.
This study aims to examine the effect of using the interactive learning platform Quizizz on students' interest in learning Islamic Religious Education at Madrasah Aliyah Darul Karomah Singosari. The research adopts a quantitative approach, utilizing surveys as the data collection method. Data were gathered by distributing questionnaires to students, with a rating scale used to measure the study variables. In this research, the independent variable is the use of Quizizz, while the dependent variable is students' learning interest, assessed through indicators of enjoyment, engagement, and attention.
The findings reveal that the use of Quizizz has a positive and significant effect on enhancing students' learning interest. The analysis shows that the Quizizz learning media variable significantly affects students’ interest in Islamic Religious Education (PAI), with a t-statistic of 6.939 (> 1.96) and a p-value of 0.000 (< 0.05). The original sample value of 0.591 indicates a contribution of 59.1%. This suggests that students display a high level of interest in using this media for learning purposes. Most students report feeling more enthusiastic and engaged when learning through Quizizz compared to traditional teaching methods. However, in terms of emotional satisfaction, the results show that not all students experience increased enjoyment or emotional improvement, indicating the need for further development in the implementation of this media.
ARABIC:
يلعب التعليم دورا مهما في تكوين شخصية قوية وأساس الحضارة. في مثل هذه الحالة ، يكون لاستراتيجيات التدريس تأثير كبير على جودة نظام التعليم. لقد تغيرت الطريقة التي يتواصل بها الناس مع بعضهم البعض وعملية التعلم من خلال التقدم التكنولوجي مثل الإنترنت والتلفزيون والراديو وأجهزة الكمبيوتر. أحد الابتكارات التكنولوجية في التعليم هو استخدام Quizizz ، وهي وسيلة تعليمية قائمة على الاختبار عبر الإنترنت. على الرغم من أن غالبية المستخدمين يستخدمون Quizizz كلعبة ، إلا أن الوسيط يحتوي في الواقع على ميزات أكثر رسمية ، مثل التقييمات اليومية والاختبارات والاستطلاعات واختبارات الفصل الدراسي.
تهدف هذه الدراسة إلى دراسة تأثير استخدام Quizizz على اهتمامات الطلاب التعليمية. في موضوع التربية الدينية الإسلامية في المدرسة العالية دار الكاروما راندواغونغ ، سينغوساري. تظهر نتائج الملاحظة الأولية أن الطلاب ليسوا مهتمين جدا بالتعلم. معظمهم موجودون فقط في حالات الغياب وغالبا ما يغشون أثناء التقييم بسبب استخدام وسائل الإعلام البسيطة. ناقشت الدراسات السابقة التي أجرتها Lathifa Utami Dewi أيضا كيف يمكن ل Quizizz ، وهي أداة تقييم تكويني قائمة على الويب ، تحسين نتائج تعلم الطلاب.
استخدمت هذه الدراسة أرقاما إحصائية لمتغير واحد يمكن ملاحظته بشكل منفصل ثم ربطه. هذا نهج كمي. تساعد الأساليب الكمية الباحثين على فهم تنوع الظواهر. تستخدم هذه الدراسة نهجا كميا. قبل شرح المادة (الاختبار المسبق) ، يتم إعطاء الأسئلة وتكرارها بعد الشرح. يمكن جمع رؤى الطلاب واهتمامهم التعليمي بالموضوع باستخدام هذه التقنية. تستخدم الاستبيانات لإجراء البحوث
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Mardhiyah, Ainatul |
Keywords: | Media Pembelajaran Quizizz; Minat Belajar; Quizizz Media; Learning Interest; الكلمات المفتاحية: التأثير; Quizizz Mediaمخرجات التعلم |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220499 Religion and Religious Studies not elsewhere classified |
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mochamad Hafiddhudin Wachid S |
Date Deposited: | 06 May 2025 14:10 |
Last Modified: | 06 May 2025 14:10 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/74362 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
![]() |
View Item |