Siddiq, Achmad Aufa (2016) Pengaruh Tahfîzh al-Qur’ân terhadap kecerdasan (intelligent) peserta didik XI Madrasah Aliyah Madrasatul Qur’an Tebuireng Jombang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text
12110109.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK:
Menghafalkan al-Qur’an selama ini dipandang sebelah mata karena dianggap menjadi beban yang sangat berat, padahal banyak sekali manfaat menghafal al-Qur’an baik di dunia maupun di akhirat, salah satunya adalah dapat meningkatkan daya ingat dan menambah kecerdasan. Jadi tidak heran jika sekarang banyak bermunculan pondok pesantren khusus bagi yang ingin menghafalkan al-Qur’an, salah satunya adalah pondok pesantern Madrasatul Qur’an Tebuireng yang berdiri sejak 1971 ini. Pondok pesantren ini tidak hanya mengajarkan al-Qur’an saja akan tetapi juga menyeimangkan dengan pendidikan umum. Jadi disamping menghafalkan al-Qur’an peserta didik juga diajarkan ilmu-ilmu umum dan agama. Dari latar belakang ini peneliti tertarik untuk melakukan penelitian tentang “Pengaruh Tahfîzh al-Qur’ân terhadap kecerdasan (Intelligent) Peserta didik XI Madrasah Aliyah Madrasatul Qur’an Tebuireng Jombang”.
Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui metode Tahfîzh al-Qur’ân di MAMQ Tebuireng Jombang. (2) Untuk mengetahui kecerdasan (Intelligent) peserta didik yang Tahfîzh al-Qur’ân di MAMQ Tebuireng Jombang. (3) Untuk mengetahui pengaruh Tahfîzh al-Qur’ân terhadap kecerdasan (Intelligent) peserta didik di MAMQ Tebuireng Jombang.
Untuk mencapai tujuan diatas, dalam penelitian ini menggunakan jenis kunantitatif dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumen dan angket/kuisioner.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Faktor Tahfîzh al-Qur’ân (X) menunjukkan 37 peserta didik memiliki persentase 74% dengan kriteria “Tinggi” sedangkan sisanya 13 peserta didik dengan persentase 26% dengan kriteria “Rendah”. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa peserta didik MAMQ Tebuireng memiliki hafalan al-Qur’an yang tinggi. (2) Faktor Kecerdasan (Intelligent) (Y) menunujukkan bahwa, 12 peserta didik memiliki persentase 24% (Rendah) sedangkan 38 peserta didik memiliki prosentase 76% (Tinggi). Dengan data tersebut dapat diketahui bahwa kecerdasan (Intelligent) peserta didik XI MAMQ Tebuireng tergolong tinggi. (3) Uji t menunjukkan bahwa t_hitung 2,709 ≥ t_tabel 1,68 dan nilai signifikansi 0,009 ≤ 0,05 maka hipotesis Ha diterima. Sedangkan Uji Koefisien Determinasi bahwa adjusted R Square adalah 0,133 atau 13,3%. Sehingga hal ini menunjukkan bahwa Pengaruh Tahfîzh al-Qur’ân terhadap kecerdasan (Intelligent) Peserta didik XI MAMQ Tebuireng Jombang hanya mempunyai pengaruh 13,3% sedangkan sisanya 86,7% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti
ABSTRACT:
Many people view that memorizing al-Qur’an is hard burden, whereas there are some benefits from memorizing al-Qur’an whether in this world or in the hereafter, one of them is increasing the capacity of memory and intelligent. There are some Islamic boarding school “pesantren” are built for people who want to memorize al-Qur’an, one of them is pesantren Madrasatul Qur’an Tebuireng which is built since 1971 M. This boarding school is not only teach about al-Qur’an but also balance with science education. So, beside of memorizing al-Qur’an students also learn about Islamic science and general science. Based on this background of research, researcher interest to do the research about “The influence of Tahfîzh al-Qur’ân to the Intelligent of students class XI Islamic senior high school of Madrasatul Qur’an Tebuireng Jombang”.
The objectives of this research are (1) to explore the method of Tahfîzh al-Qur’ân in MAMQ Tebuireng Jombang (2) to explore the intelligent of students who memorizing al-Qur’an in MAMQ Tebuireng Jombang (3) to explore the influence of memorizing al-Qur’an to the Intelligent of students in MAMQ Tebuireng Jombang.
To achieve the research’s objectives above, this research use quantitative method and use the technique of observation, documentation and questioner to collecting data.
The research finding show that (1) Factor of Tahfîzh al-Qur’ân (X) show that 37 students have a percentage 74% with “high criteria” and 13 students have a percentage 26% with “low criteria”. Base on the data before, it can be concluded that students of MAMQ Tebuireng have a high memorizing al-Qur’an (2) Factor of Intelligent (Y) show that 12 students have a percentage 24% (low) and 38 students have a percentage 76% (high). Through the data above, it can be known that the Intelligent of students class XI MAMQ Tebuireng is high. (3) Test t show that t_hitung 2,709 ≥ t_tabel 1,68 and the significance score is 0,009 ≤ 0,05 so the hyphotheses Ha is received. While test coefficient determination show that adjusted R Square is 0,133 atau 13,3%. So, it show that the influence of Tahfîzh al-Qur’ân to the intelligent of students class XI MAMQ Tebuireng Jombang just have an influence 13,3% while 86,7% is influenced by another factor which is not researched
الملخص:
في هذا الزمان حفظ القران منظور بنظر لايذكر باعتماد علي صعب حفظة, علي ان حفظ القران اكبر النافع, أحدها أرتفاع الذكاء ومزيده لأيستحل اذا نشأ المعاهد حاص لحفظ القران, احدها مدرسة القرآن بمعهد تبوإيرنج جومبانج الذي يقيم في السبنة 1971. هذا المعهد يعلم القرواطرد دراسة العام. وعلي هذا, الباحث مستغرق به وسنبحث عن تأثر حافظ القرآن علي ذكاء التلاميذ فصل حادية عشر بمدرسةالقرآن العالية تبوإيرنج جومبانج.
ؤاما قصد هذا البحث هو: (1) ليعلم الطريققة حافظ القرآن في بمدرسةالقرآن العالية تبوإيرنج جومبانج. (2) ليعلم التلاميذ علي ذكائه الذي يحافظ القرآن. (3) ليعلم حافظ القرآن علي تأثر ذكائه.
وعلي قصد ذالك. هذا البحث يستعمل كماونوعا وطريقة تحصيل البحوث بالتنابع والوئيق, ويجين الأسئلة في اوراق الأجابة.
ونتائج هذا البحث هو: (1) حافظ القران "X" سبعة وثلاثون تلامذ أيدل علي %74 مقياس أعلي ام ثلاثة عشر تلميذا يدل %26 علي مقياس أدنئ, وعلي ذالك يحصل علي ان التلامذ مدرسةالقرآن العالية تبوإيرنج جومبانج يملك حفظ القرآن مستوي الأعلي (2) الذكاء "Y" يدل علي ان ائنة عشر يدل %24 أدني وام ثمانية وثلاثون التلاميذ مدرسةالقرآن العالية تبوإيرنج جومبانج مستو الأعلي. 3) اختبار t يدلّ أن t الإحصائي t_(hitung )2،709 ≥t_(tabel ) 1،68 والقيمة المحصولة هي 0،009 ≤ 0،05 يعني فرضية Ho مقبولة. وأما اختبار معامل ديتيرميناسينيا أن (adjusted R square) هو 0،133 أو 13،3%. ولذلك يدلّ على أن تأثير تحفيظ القران على ذكاء طلبة احدى عشر التلامذ مدرسةالقرآن العالية تبوإيرنج جومبانج تبوإيرينق جومبانق لدي التأثير 13،3% فقط، وأما بقيّته هي 86،7% تؤثّر بالعوامل الأخرى التي لاتبحث
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Asrori, Muhammad |
Keywords: | Tahfîzh al-Qur’ân; kecerdasan (intelligent); intelligent; تحفيظ القران; الذكاء |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education |
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nizam Zulfanuddin Bahar |
Date Deposited: | 17 Oct 2024 14:21 |
Last Modified: | 17 Oct 2024 14:21 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/69392 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |