Muttaqin, Muhammad Imamul (2024) Model penanganan problem kesehatan mental Islami santri: Studi multikasus Pondok Pesantren Tahfidzil Qur’an Sirojul Ulum Pare Kediri dan pondok pesantren Al-Qur’an Nurul Huda Singosari Malang. Doctoral thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
19791003.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Model Penaganan Kesehatan Mental Islami Santri merupakan salah model penganganan yang ada di lingkungan pendidikan pesantren, model tersebut menjadikan santri selalu stabil mentalnya untuk melakukan proses pembelajaran dan aktivitas dalam program-program yang dijalankan di dalam pesantren. Model penanganan tersebut diawali dengan identifikasi Problem kesehatan mental santri, selanjutnya melalui strategi dalam menangani Problem kesehatan mental santri, santri dibina sesuai dengan taraf problem yang dihadapinya sehingga memunculkan dampak kesehatan mental yang baik bagi santri, santri mampu mengontrol jiwa dan raganya untuk menjalani aktivitas yang ada di pesantren.
Penelitian ini memiliki tujuan untuk menemukan dan menganalisis : 1) Problem kesehatan mental santri di PPTQ Sirojul Ulum pare kediri dan PPAQ Nurul Huda singosari malang, 2) Strategi penanganan Problem kesehatan mental santri di PPTQ Sirojul Ulum pare kediri dan PPAQ Nurul Huda singosari malang, 3) Dampak penanganan Problem kesehatan mental santri di PPTQ Sirojul Ulum pare kediri dan PPAQ Nurul Huda singosari malang.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis studi kasus dan rancangan multikasus. Teknik pengumpulan data melalui wawancara secara mendalam, observasi partisipan dan dokumentasi. Selanjutnya, data dianalisis dengan model analisis interaktif melalui tiga tahap, yaitu analisis data situs, analisis data lintas situs, dan analisis interdisipliner. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan uji transferabilitas, dependability, dan verifiabilitas.
Hasil penelitian menunjukkan; Problem kesehatan mental yang dialami santri yaitu problem santri yang dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya tekanan akademik, tekanan sosial dan tekanan keluarga. Hal tersebut mengakibatkan problem kesehatan mental berupa kecemasan, stress, depresi dan burnout. Problem kesehatan mental santri PPTQ Sirojul Ulum yang disebabkan tekanan akademik adalah menurunnya prestasi akdemiknya, sulit tidur, dalam pelaksanaan jama’ah selalu ngantuk karena kurangnya istirahat. Model penanganan problem kesehatan mental transendetalitas Sprirtual biopsikososial menggabungkan pendekatan spiritualitas, biologis, psikologis, dan sosial dalam pemahaman dan penanganan gangguan kesehatan mental, dengan melakukan: penilaian komprehensif, kolaborasi tim, intervensi spiritualitas, intervensi biologis, intervensi psikologis, intervensi sosial, pemantauan, evaluasi berkala, pendidikan serta pemahaman.
ABSTRACT
The Islamic Mental Health Treatment Model for Santri is one of the treatment models that exist in the Islamic boarding school educational environment, this model makes students always mentally stable to carry out the learning process and activities in the programs run in the Islamic boarding school. This handling model begins with identifying students' mental health problems, then through strategies in dealing with students' mental health problems, students are trained according to the level of problems they face so that it creates a good mental health impact for students, students are able to control their body and soul to carry out existing activities. at the boarding school.
This research aims to find and analyze: 1) Mental health problems of students at PPTQ Sirojul Ulum Pare Kediri and PPAQ Nurul Huda Singosari Malang, 2) Strategies for handling mental health problems of students at PPTQ Sirojul Ulum Pare Kediri and PPAQ Nurul Huda Singosari Malang, 3 ) Impact of handling mental health problems of students at PPTQ Sirojul Ulum Pare Kediri and PPAQ Nurul Huda Singosari Malang.
This research uses a qualitative method with a case study type and a multi-case design. Data collection techniques through in-depth interviews, participant observation and documentation. Next, the data was analyzed using an interactive analysis model through three stages, namely site data analysis, cross-site data analysis, and interdisciplinary analysis. Checking the validity of the data is carried out using transferability, dependability and verifiability tests.
The research results show; Mental health problems experienced by students are students' problems which are influenced by several factors, including academic pressure, social pressure and family pressure. This results in mental health problems in the form of anxiety, stress, depression and burnout. The mental health problem of PPTQ Sirojul Ulum students caused by academic pressure is a decline in academic performance, difficulty sleeping, during congregational activities they are always sleepy due to lack of rest. The Biopsychosocial Spiritual Transcendental Mental Health Problem Management Model combines spiritual, biological, psychological and social approaches in understanding and treating mental health disorders, by carrying out: comprehensive assessment, team collaboration, spiritual intervention, biological intervention, psychological intervention, social intervention, monitoring, evaluation periodically, education and understanding.
مستخلص البحث
يَعُدُّ نَمُوذَجُ عِلَاجِ الصِّحَّةِ النَّفْسِيَّةِ الإِسْلَامِيِّةِ لِلطُّلَّابِ أَحَدَ نَمَاذِجِ العِلَاجِ الْمَوْجُودَةِ فِي البِيْئَةِ التَّعْلِيمِيَّةِ لِلْمَعْهَدِ الإِسْلَامِيِّ، وَهَدْفُهُ لِبِنَاءِ عَقْلِيَّةِ الطُّلَّابِ مُسْتَقِرًّا فِيْ الْقِيَامِ عَلَى عَمَلِيَّةِ التَّعَلُّمِ وَالأَنْشِطَةِ الْأُخرَى الْمَوْجُوْدَةِ فِي الْمَعْهَدِ. تُبْدَأُ عَمَلِيَّةُ هَذَا النَّمُوْذَجِ بِتَعَرُّفِ مَشَاكِلِ الصِّحَّةِ النَّفْسِيَّةِ لِلطُّلَّابِ، ثُمَّ مِنْ خِلَالِ اِسْتِرَاتِيجِيَّاتٍ فِيْ مُعَامَلَةِ مَشَاكِلِ الصِّحَّةِ النَّفْسِيَّةِ لِلطُّلَّابِ، يَتِمُّ تَدْرِيبُ الطُّلَّابِ وِفْقًا إِلَى مُسْتَوَى الْمَشَاكِلِ الَّتِي يُوَاجِهُونَهَا كَيْ يُوْجِدَ هَذَا التَّدْرِيْبُ آثَارًا جَيِّدًا عَلَى صِحَّةِ نَفْسِيَّتِهِمْ، وَيُمْكِنُهُمْ أَنْ يُنَظِّمُوْا أَجْسَادَهُمْ وَأَرْوَاحَهُمْ لِلْقِيَامِ عَلَى الأَنْشِطَةِ الْمَوْجُودَةِ فِي الْمَعْهَدِ.
يَهْدَفُ هَذَا البَحْثُ إِلَى الْإِيجَادِ وَتَحْلِيلِ: (١ مَشَاكِلِ الصِّحَّةِ العَقْلِيَّةِ لِلطُّلَّابِ بِمَعْهَدِ تَحْفِيظِ القُرْآنِ سِرَاجِ الْعُلُومِ الإِسْلَامِيِّ بَارِي كِدِيرِي وَمَعْهَدِ القُرْآنِ نُورِ الهُدَى الْإِسْلَامِيِّ سِينْجَاسَارِي مَالَانْج، (٢ اِسْتِرَاتِيجِيَّاتِ مُعَامَلَةِ مَشَاكِلِ الصِّحَّةِ العَقْلِيَّةِ لِلطُّلَّابِ بِمَعْهَدِ تَحْفِيظِ القُرْآنِ سِرَاجِ الْعُلُومِ الإِسْلَامِيِّ بَارِي كِدِيرِي وَمَعْهَدِ القُرْآنِ نُورِ الهُدَى الْإِسْلَامِيِّ سِينْجَاسَارِي مَالَانْج، (٣ تَأْثِيرِ مُعَامَلَةِ مَشَاكِلِ الصِّحَّةِ العَقْلِيَّةِ لِلطُّلَّابِ بِمَعْهَدِ تَحْفِيظِ القُرْآنِ سِرَاجِ الْعُلُومِ الإِسْلَامِيِّ بَارِي كِدِيرِي وَمَعْهَدِ القُرْآنِ نُورِ الهُدَى الْإِسْلَامِيِّ سِينْجَاسَارِي مَالَانْج.
يَسْتَخْدِمُ هَذَا البَحْثُ الْمَنْهَجَ النَّوْعِيَّ مَعَ نَوْعِ دِرَاسَةِ الحَالَةِ وَتَصْمِيمِ مُتَعَدِّدِ الحَالَاتِ. وَطَرِيْقَةُ جَمْعِ البَيَانَاتِ الْمُسْتَخْدَمَةِ مِنْ خِلَالِ الْـمُقَابَلَاتِ الْمُتَعَمِّقَةِ وَمُلَاحَظَةِ الْمُشَارِكِينَ وَالتَّوْثِيقِ. ثُمَّ يَكُوْنُ تَحْلِيلُ البَيَانَاتِ بِاسْتِخْدَامِ نَمُوذَجِ التَّحْلِيلِ التَّفَاعُلِيِّ مِنْ خِلَالِ ثَلَاثِ مَرَاحِلَ، وَهِيَ: تَحْلِيلُ الْبَيَانَاتِ الْمَوْجُوْدَةِ فِي الْمَوْقِعِ، وَتَحْلِيلُ البَيَانَاتِ عَبْرَ الْمَوَاقِعِ، وَالتَّحْلِيلُ الْمُتَعَدِّدُ التَّخَصُّصَاتِ. يَتِمُّ التَّحَقُّقُ مِنْ صِحَّةِ البَيَانَاتِ بِاسْتِخْدَامِ اِخْتِبَارَاتِ قَابِلِيَّةِ النَّقْلِ وَالاعْتِمَادِيَّةِ وَالتَّحَقُّقِ.
وَتَظْهَرُ نَتَائِجُ البَحْثِ بِأَنَّ مَشَاكِلَ الصِّحَّةِ العَقْلِيَّةِ الَّتِي يُصِيْبُهَا الطُّلَّابُ هِيَ الْمَشَاكِلُ الَّتِي تَقَعُ عَلَيْهِمْ بِعِدَّةِ الْعَوَامِلِ، مِنْهَا: الضَّغْطُ الأَكَّادِيمِيُّ وَالضَّغْطُ الاجْتِمَاعِيُّ وَالضَّغْطُ الأُسَرِيُّ. وَتَكُوْنُ هَذِهِ الْعَوَامِلُ أَسْبَابًا تُوْجِدُ الْمَشَاكِلَ فِي الصِّحَّةِ النَّفْسِيَّةِ مِثْلِ القَلَقِ وَالتَّوَتُّرِ وَالاِكْتِئَابِ وَالإِرْهَاقِ. تَكُوْنُ مَشَاكِلُ الصِّحَّةِ العَقْلِيَّةِ لِلطُّلَّابِ بِمَعْهَدِ تَحْفِيظِ القُرْآنِ سِرَاجِ الْعُلُومِ الإِسْلَامِيِّ الَّتِي وُجِدَتْ بِسَبَبِ الضَّغْطِ الأَكَّادِيمِيِّ تُؤَدِّي إِلَى اِنْخِفَاضِ الْمَأْثُوْرَاتِ الأَكَّادِيمِيَّةِ، وَالصُّعُوبَةِ فِي النَّوْمِ، وَالشُّعُوْرِ باِلنُّعَاسِ فِيْ أَثْنَاءِ صَلَاةِ الْجَمَاعَةِ بِسَبَبِ قِلَّةِ الرَّاحَةِ. يَجْمَعُ نَمُوذَجُ إِدَارَةِ مَشَاكِلِ الصِّحَّةِ النَّفْسِيَّةِ البِيُولُوجِيَّةِ وَالنَّفْسِيَّةِ الاِجْتِمَاعِيَّةِ بَيْنَ النَّاحِيَةِ الرُّوحِيَّةِ وَالْبِيُوْلُوْجِيَّةِ وَالنَّفْسِيَّةِ وَالْاِجْتِمَاعِيَّةِ فِيْ فَهْمِ مَشَاكِلِ الصِّحَّةِ النَّفْسِيَّةِ وَمُعَامَلَتِهَا بِطَرِيْقَةِ: التَّقْوِيْمِ الشَّامِلِ، وَفَرِيْقِ التَّعَاوُنِ، وَالتَّدَخُّلِ الرُّوْحِيِّ، وَالتَّدَخُّلِ الْبِيُوْلُوْجِيِّ، وَالتَّدَخُّلِ النَّفْسِيِّ، وَالتَّدَخُّلِ الْاِجْتِمَاعِيِّ، وَالْمُرَاقَبَةِ، وَالْمُلَاحَظَةِ الدَّوْرِيَّةِ، وَالتَّرْبِيَّةِ وَالتَّفْهِيْمِ.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Supervisor: | Mulyadi, Mulyadi and Hady, Samsul |
Keywords: | Model Penanganan; Kesehatan Mental Islami; Santri; Treatment Model; Islamic Mental Health; Santri; الكلمات المفتاحية: النموذج العلاجي، الصحة النفسية الإسلامية، السانتري. |
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Doktor Pendidikan Agama Islam Berbasis Studi Interdisipliner |
Depositing User: | M. Imamul Muttaqin |
Date Deposited: | 16 Aug 2024 10:22 |
Last Modified: | 16 Aug 2024 10:22 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/68538 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |