Rosita, Vinilika Yulia (2015) Pengaruh penggunaan buku ajar Matematika Nalaria Realistik (MNR) dalam pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa SD Muhammadiyah Krian-Sidoarjo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
11140144.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Salah satu pembelajaran matematika yang berorientasi pada matematisasi pengalaman sehari-hari (mathematize of everyday experience) dan dapat menalarkan ilmu matematika ini adalah pembelajaran Matematika Nalaria Realistik (MNR). Hal ini sudah diterapkan dalam kurikulum SD Muhammadiyah telah digunakan buku ajar yang menggunakan pendekatan realistik dalam pembelajaran matematika yaitu buku ajar Matematika Nalaria Realistik (MNR), sehingga terjadi peningkatan dalam prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah penelitian yang mengkaji seberapa besar pengaruh penggunaan buku ajar Matematika Nalaria Realistik (MNR) dengan peningkatan prestasi belajar yang dialami oleh SD Muhammadiyah, penelitian ini bermaksud untuk mengkaji lebih dalam tentang sejauh mana pengaruh penggunaan buku ajar Matematika Nalaria Realistik (MNR) dengan prestasi belajar siswa SD Muhammadiyah Krian ini bisa meningkat.
Bentuk penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen.
Hasil dari penelitian pengaruh penggunaan buku ajar Matematika Nalaria Realistik (MNR) terhadap prestasi belajar siswa memenuhi kriteria dengan hasil yang dapat diketahui melalui nilai r hitung sebesar 0,354 dan p-value = 0,006, p-value lebih kecil dari 0,05 sehingga terdapat pengaruh antara variabel penggunaan buku ajar Matematika Nalaria Realistik (MNR) dalam pembelajaran dengan prestasi belajar siswa SD Muhammadiyah 1 Krian-Sidoarjo atau dengan kata lain bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang lemah (rendah) antara penggunaan buku ajar matematika nalaria realistik (MNR) dalam pembelajaran dengan prestasi belajar matematika yang mereka dapatkan.
ENGLISH:
One of the mathematics learning oriented mathematical everyday experience (mathematize of everyday experience) and to be reasoning mathematical sciences are learning Nalaria Realistic Mathematics (MNR). It is already applied in Muhammadiyah elementary school curriculum has been used textbook that uses a realistic approach in the study of mathematics, namely Nalaria Realistic Mathematics textbook (MNR), resulting in an increase in student achievement in mathematics. Therefore it takes a study that examines how much influence the use Nalaria Realistic Mathematics textbook (MNR) with increased learning achievement experienced by SD Muhammadiyah, this study intends to examine more deeply about the extent of the effect of the use of textbooks Nalaria Realistic Mathematics (MNR) with student achievement SD Muhammadiyah 1 krian can be increased.
Forms of research used by the researchers is the quantitative approach to the type of experimental research.
Results of the study the effect of using Nalaria Realistic Mathematics textbook (MNR) on student achievement met the criteria with which the results can be known through the count r value of 0.354 and p-value = 0.006, p-value less than 0.05 so that there is influence between variable use Nalaria Realistic Mathematics textbook (MNR) in learning with student achievement SD Muhammadiyah 1 Krian-Sidoarjo, or in other words that Ha Ho accepted and rejected. This shows that there is a weak influence (lower) between the use of mathematics textbooks nalaria realistic (MNR) in mathematics learning achievement they get.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Fitriah, Nurlaeli | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pengaruh Penggunaan Buku Ajar Matematika Nalaria Realistik (Mnr) Dalam Pembelajaran Dengan Prestasi Belajar Siswa; Relationship usage Nalaria Realistic Mathematics Textbook (MNR) In Learning With Student Achievement | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Imam Rohmanu | ||||||
Date Deposited: | 22 May 2017 09:44 | ||||||
Last Modified: | 22 May 2017 09:44 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/6796 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |