Responsive Banner

Sistem pendukung keputusan seleksi penerimaan peserta didik baru menggunakan metode Fuzzy Sugeno dan Profile Macthing

Saputra, Fajar Rizqi (2015) Sistem pendukung keputusan seleksi penerimaan peserta didik baru menggunakan metode Fuzzy Sugeno dan Profile Macthing. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
08650001.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Setiap tahun Sekolah-sekolah negeri maupun swasta meluluskan siswa dan kembali menerima siswa baru untuk melakukan proses belajar dan mengajar di Sekolah. Untuk dapat melakukan seleksi penerimaan peserta didik baru sesuai dengan kriteria yang diinginkan oleh Sekolah tidak mudah. Sekolah harus melakukan proses seleksi yang tepat dan akurat agar siswa yang memang memiliki potensi dan prestasi dapat mengembangkan ilmu dan bakat di Sekolah tersebut. Dengan kondisi yang seperti ini membuat kepala sekolah dan guru harus berpikir lebih untuk meluangkan waktu melakukan proses seleksi penerimaan peserta didik baru secara manual dan satu per satu. Terkadang proses penerimaan peserta didik baru hanya diperbolehkan maksimal 4 hari melakukan pembukaan pendaftaran berdasarkan surat keputusan penerimaan peserta didik baru dari Dinas Pendidikan Provinsi. Dari kendala tersebut dibangunlah sistem pendukung keputusan penerimaan peserta didik baru untuk melakukan proses seleksi siswa baru sekaligus melakukan proses peminatan / penjurusan sesuai kriteria yang telah ditentukan.

Proses seleksi penerimaan peserta didik baru ini menggunakan Fuzzy Sugeno, karena tingkat ketelitiannya lebih akurat dan proses peminatan sesuai dengan kemampuan siswa menggunakan Profile Matching. Dalam tahap metode Fuzzy Sugeno menggunakan beberapa parameter sebagai proses seleksi yaitu berdasarkan Jalur Masuk, Nilai Ujian Nasioal dan Tes Potensi Akademik. Sedangkan dalam tahap metode Profile Matching menggunakan beberapa kriteria seperti Nilai Ujian Nasional, Tes Potensi Akademik dan Nilai Raport dari semester 1 (satu) sampai 5 (lima). Proses tersebut akan menghasilkan seleksi dan peminatan yang lebih akuran dan efesien kepada calon peserta didik baru.

ENGLISH:

Every year public schools and private schools graduate students and accept new students for learning in the school. Not easy for selecting new students who fit the criteria. The school should select qualified students with timely and accurate, so that students can develop their talents at the school. With these conditions make principals and teacher take a long time for manually selecting new students. Sometimes the new admissions process is only allowed a maximum of 4 days to do bookkeeping registration under the decree of the provincial education office. To resolve the issue, there was made a decision support system for selecting process, at the same time majors according to criteria that have been determined.

For selecting process new students use Fuzzy Sugeno. The method has a level of precision is more accurate. Profile Matching used in the process according to the ability of student majors. Fuzzy Sugeno phase method using several parameters like based pathway, National test scores and academic potential test. Profile Matching phase method use some criteria like National test scores, academic potential test and grades in semester 1 until semester 5.
The process will result in the selection result and major which more efficient and accurate.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Nugroho, Fresy and Syauqi, A’la
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDNugroho, FresyUNSPECIFIED
UNSPECIFIEDSyauqi, A’laUNSPECIFIED
Keywords: Sistem Pendukung Keputusan; Penerimaan Peserta Didik Baru; Seleksi; Peminatan; Fuzzy Sugeno; Profile Matching; Decision Support System; Acceptance New Learners; Selection; Department
Departement: Fakultas Sains dan Teknologi > Jurusan Matematika
Depositing User: Yogas Andika Damara Putri
Date Deposited: 15 May 2017 10:08
Last Modified: 15 May 2017 10:08
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/6435

Downloads

Downloads per month over past year

Actions (login required)

View Item View Item