Fahrudi, M. Indra (2003) Pengaruh bimbingan dan penyuluhan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SLTP Negeri 13 Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
21952045.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (18MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Bimbingan dan Penyuluhan dalam pendidikan sekolah ialah proses memberikan bantuan kepada siswa agar siswa, sebagai pribadi, memiliki pemahaman yang benar akan dirinyadan dunia disekitamya, mengambil keputusan untuk melangkah maju secara optimal dalam perkembangannya dan dapat menolong dirinya sendiri menghadapi serta memecahkan masalah-masalahnya. Semuanya demi tercapainya penyesuaian yang sehat dan demi memajukan kesejahteraan mental siswa, sehingga siswa mengalami perkembangan jiwa secara sehat. Dari uraian ini kita ketahui betapa pentingnya Bimbingan dan Penyuluhan dilaksanakan di sekolah.
Siswa adalah anak didik hidup dalam dunia yang makin rumit, banyak segi- seginya, penuh aturan, tantangan dan tuntutan, dan anak harus mengadakan penyesuaian terhadapnya. Sekolah dengai! sendirinya merupakan dunia kecil yang penuh persyaratan pola tingkah laku aturan-aturan dan tuntutan. Dalam keadaan seperti itu dapat timbul berbagai masalah penyesuaian dalam diri anak. Cara bagaimana anak melihat dirinya adalah ik٠t menentukan derajat masalah yang dialaminya. Masalah itu harus diiiadapai dan dipecahkan. Bimbingan membantu anak memiliki ketrampilan umum memecahkan masalah, sehingga kelak sebagai anggota masyarakat mampu menghadapi dan memecahkan masalah-masalah hidupnya.
Sebagaimana diketahui bahwa perkembangan diri siswa itu diiringi dengan munculnya masalah masalah yang dialami siswa akan memepengaruhi prestasi belajarnya. Maka Bimbingan dan Penyuluhan sangat perperan sekali dalam hal ini. Yaitu membantu siswa keluar dari masalahnya, siswa akan mendapat perhatian, motivasi, dorongan serta solusi yang tepat untuk memecahkan maslahnya, sehingga dapat membangkitkan semangat belajar dan hal ini jelas akan berpengaruh meningkatnya prestasi belajar siswa. Semakin efektif pelaksanaan Bimbingan dan Penyuluhan maka semakin efektif pula belajar siswa sehingga akan meningkatkan prestasi siswa.
Peranan Bimbingan dan Penyuluhan salah satunya adalah mengenal siswa pada dirinya sendiri dan lingkungan dimana dia berada. Dalam arti, mengenal kelebihan serta kekurangan serta kelebihan yang ada pada dirinya. Selanjutnya pengenalan diri sendiri dilanjutkan dengan pengenalan lingkungan. Lingkungan dalam arti yang sangat umum, yaitu lingkungan keluarga sekolah, pekerjaan, lingkungan masyarakat dan sebagainya. Diharapkan siswa tidak saja mengenal kelebihan yang mereka miliki dan mengenal lingkungan yang serba memberi kemungkinan-kemungkinan yang baik saja tetapi mereka juga harus mengenal kekurangan dan keterbatasan yang ada pada diri mereka, dengan terpenuhinya tujuan yang pertama dan kedua, hendaknya siswa mampu memutuskan sendiri sesuatu tindakan yang akan mereka lakukan sesuai keadaan yang ada pada diri mereka dan lingkungan dimana mereka berada.
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan Bimbingan dan Penyuluhan di SLTP Negeri 13 Malang dan untuk mengetahui pengaruh Bimbingan dan Penyuluhan terhadap prestasi belajar siswa SLTP Negeri 13 Malang.
Populasi dalam penelitian ini adalah. Kepala Sekolah, Staf Pengajar Guru Bimbingan Penyuluhan dan sisv/a SLTP Negeri 13 Malang. Sampel dari penelitian ini adalah purposive sampling yaitu kelas 11 A, E dan F berjumlah 10 sampel dan 1047 siswa.
Dalam mengkaji masalah tersebut, dapat ditempuh dengan dua pendekatan, yaitu : studi lapangan. Data diperoleh melalui angket, interviu, observasi dan documentor. Untuk menganalisa data yang bersifat kwalitatif dianalisa dengan deskriptif, sedangkan data yang bersifat kuantitatif dianalisa dengan statistic prosentase, Chi kuadrat dan koefisien kontingensi, dengan formulasi sebagai berikut:
% 100 دخ = م
N
(اا؛حهم)٢
=2'د آغ= د
Dari hasil kajian teoritis dan empiris dapatlah diungkapkan bahwa menunjukkan bahwa:
1.Pelaksanaan Bimbingan dan Penyuluhan di SLTP Negeri 13 Malang sudah cukup baik sebagai tolok patokannya adalah sebagai berikut:
a.Pelaksanaan Bimbingan dan Penyuluhan dilakukan berdasarkan perencanaan yang baik
b.Program Bimbingan dan Penyuluhan tersusun secara terperinci sesuai dengan kondisi yang ada.
c.Tujuan bimbingan dan Penyuluhan di SLTP 13 Negeri Malang tercapai secara efektif, terbukti dari hasil angket siswa dengan kategori baik sebesar 60 % dan kategori kurang baik sebanyak 40 ٥٠/٥
2.Hasil akhir perhitungan Chi kuadrat = 5.73,
Selanjutnya dikonsultasikan dengan db 1 diperoleh harga kritik Chi Kuadrat pada taraf signifikansi 5 % = 3.84. Karena X hit lebih besar dari harga kritiknya maka berarti signifikan, (ada pengaruh Bimbingan dan Penyuluhan terhadap prestasi belajar siswa, SLTP Negeri 13 Malang), sedang pengaruhnya ،،rendah" dengan nilai Koefisien kontingensi 0,22.
Dari penelitian yang telah dilakukan, penulis ingin memberikan saran pokok kepada Bimbingan dan Penyuluhan di SLTP Negeri 13 Malang agar pelaksanaan Bimbingan dan Penyuluhan lebih baik dan meningkat, maka semua program yang telah tersusun seyogyanya dilaksanakan sesuai dengan jadwal dan ketentuan yang telah ditetapkan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Mulyadi, Mulyadi |
Keywords: | Bimbingan; Penyuluhan; prestasi belajar; SLTP Negeri 13 Malang |
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Koko Prasetyo |
Date Deposited: | 08 Mar 2024 14:02 |
Last Modified: | 08 Mar 2024 14:02 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/62351 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |