Putra, Pandu Eka (2001) Pendidikan Tasawuf PP Miftahul Huda Gading Malang sebagai upaya membangun spiritualitas masyarakat modern. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
97110036.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (17MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Bila mengikuti pemikiran-pemikiran refleksi dan tokoh-tokoh Islam kontemporer tentang masalah peradaban modem, tidaklah sulit untuk menarik titik- titik ilmu dan teknologi yang menjadi tulang punggung peradaban modern, tetapi mereka risau karena melihat fenomena yang mewarnai abad ini.
Modernisasi disatu pihak memang telah mendatangkan kemajuan spektakuler dalam bidang material. Tetapi pada pihak lainnya, modernisasi telah menyeret manusia dalam kehidupan materialistik-hedonistik yang menghasilkan wajah kemanusiaan yang buram. Hal ini disebabkan kehidupan spiritual tercerabut dalam modernisasi. Oleh karena itu menghidupkan kembali spiritualisme merupakan satu- satunya alternatif untuk membebaskan manusia modem dari belenggu-belenggu kehidupan materialistik dan hedonistik. Disini pendidikait tasawuf dapat memainkan peranan yang sangat penting. Alasannya sederhana, karena dalam tasawuf terdapat dimensi spiritual yang sangat potensial untuk dikembangkan sebagai upaya membangun spiritualitas masyarakat modem sekarang.
Berdasarkan fenomena tersebut, seyogyanya para altli pendidikan atau lembaga pendidikan Islam mulai membuka diri terhadap pendekatan stifistik, dengan memasukkan unsur-unsur tasawuf kedalam kurikulum dan kegiatan pendidikan, kendatipun tanpa harus menggeser perkembangan IPTEK. Diantaranya, sebagaimana yang telali dijalankan oleh Pondok Pesaittren Miftalnil Huda Gading Malaitg dalam proses pendidikan pesantrennya.
Untuk mengungkapkan fenomena tersebut dalam studi ini penulis menggunakan dua pendekatan yaitu; Pertama, untuk mengkaji teori yang ada kaitannya dengan judul, digunakan pendekatan kajian pustaka dengan metode deduksi-induksi dan komparasi. Kedua untuk memperoleh data yang diperoleh di lapangan digunakan teknik observasi, interview dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisa digunakan teknik analisa deskriptif-kualitatif.
Dari hasil penelitian penulis, pelaksanaan pendidikan tasawuf di Pondok Pesantren Miflahul Huda Gading Malang telali dapat membentuk kepribadian para santrinya menjadi manusia yang beraklilaquk karimah dan tidak materialistis hedonistis.
Adapun metode pendidikan yang digunakan di Pondok Pesantren Miftahul Huda Gading Malang adalah metode wetonan, Majlis ta’lim, majalah dan bulletin Jiun’at, sebagai upaya memaliami materi-materi ketasawufan yang terdapat dalam kitab-kitab kuning.
Sedangkan materi pendidikannya berkisar pada ajaran tasawuf akhlaqi, tasawuf amali dan tasawuf falsafi. Sedangkan untuk latihan spiritualnya dijalankan dengan mengadakan Toriqohan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Baharuddin, Baharuddin |
Keywords: | tasawuf; spiritualitas |
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nada Auliya Sarasawitri |
Date Deposited: | 19 Feb 2024 11:11 |
Last Modified: | 19 Feb 2024 11:11 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/61891 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |