Aziz, Abdul (2003) Pengaruh kualitas layanan koperasi terhadap loyalitas anggota pada koperasi mahasiswa UIIS Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
99160516.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (12MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Koperasi merupakan salah satu badan usaha yang ada di Indonesia selain badan usaha lainya seperti Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Badan Usaha Milik Swasta ( BUMS). Dalam لالا Koperasi no 25 th 1992 telah dipaparkan bahwa Koperasi sebagai badan usaha yang berwatak sosial bukan merupakan sekumpulan modal, tetapi merupakan kumpulan orang- orang yang menjalin kerjasama yang berasaskan kekeluargaan dan bukan semata-mata untuk tujuan ekonomis (Profit Motive) melainkan motif pemberian layanan (Service Motive).
Dalam memberikan layanan pada para anggotanya koperasi harus dapat memberikan manfaat yang ekonomis yang dapat dinikmati oleh anggotanya. Dengan adanya manfaat ekonomis yang diperoleh anggota maka anggota koperasi akan merasa puas karena berbagai macam kebutuhan dan kepentingan ekonomi dapat terpenuhi melalui koperasi.
Koperasi Mahasiswa UIIS Malang memiliki tujuan yang tidak jauh berbeda dengan koperasi-koperasi lainnya yaitu mensejah terakan anggotanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan kopeasi terhadap loyalitas anggotanya.
Penelitin ini menggunakan dua variabel yaitu variabel bebas dan veriabel terikat. Variabel bebas terdiri dari kualitas layanan koperasi sedangkan veriabel terikat terdiri dari loyalitas anggota di bidang usaha. Populasi dari penelitian ini adalah anggota koperasi Mahasiswa UIIS Malang yang berjumlah 3203 orang, sampel yang diambil 10% dari populasi dengan menggunakan rumus n = . Seangkan untuk pengumpulan datanya menggunakan angket dan dokumen. Analisa datanya menggunakan analisis regresi linier dengan program SPSS for 1O.O.
Berdasarkan analisis data maka dapat disimpulakan bahwa:
1. Hasil uji t diperoleh kesimpulan bahwa kualitas layanan koperasi berperngaruh terhadap loyalitas anggota di bidang usaha, hal ini terbukti dengan adanya thituini (4,473) lebih besar dari t'Ih./ (1,98)
2. Hasil pengujian secara simultan diperoleh kesimpulan bahwa variabel kualitas layanan koperasi berpengaruh terhadap variabel loyalitas
anggota di bidang usaha dengan p liiliiwi (20,008) lebih besar dari pada
FM (3,94)
3. Nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 17,4% hal ini menunjukkan bahwa pengaruh variabel kualitas layanan koperasi terhadap loyalitas anggota di bidang usaha sebesar 17,4%.
4. Uji korelasi disimpulkan bahwa adai hubungan antara kualitas
layanan koperasi, dimana r (0,417) lebih besar dari ٨ . (0,202).
Dari hasil pengujian SI’SS dapat disimpulakan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara kualitas layanan koperasi terhadap loyalitas anggota di bidang usaha.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Mansur, Muhammad |
Keywords: | Koperasi; Nilai Koefisien Determinasi |
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Indar Erdiana |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 14:25 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 14:25 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/58615 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |