Huda, M. Choirul (2007) Variasi metode mengajar Pendidikan Agama Islam (PAI): Studi kasus di SMP Wahid Hasyim Dinoyo Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
01110072.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Salah satu faktor penentu keberhasilan pelaksanaan proses belajar mengajar dalam Pendidikan Islam yang dilaksanakan di SMP Wahid Hasyim Dinoyo Malang adalah penggunaan variasi metode. Prestasi hasil belajar siswa sangat dipengaruhi oleh kemampuan guru dalam memilih, menetapkan, dan sekaligus menggunakan metode mengajar yang tepat. Ketidaktepatan penggunaan metode mengajar sering menimbulkan kebosanan dan kemalasan semangat belajar siswa. Untuk menghindari hal tersebut guru hendaknya cukup cermat dalam memilih dan menggunakan metode mengajar. Berpatisipasi untuk mengembangkan dan meningkatkan kualitas pendidikan dan pengajaran serta Pendidikan Islam tersebut sebagai media untuk meningkatkan nilai-nilai Islami.
Berdasarkan permasalahan tersebut usaha yang dilakukan SMP Wahid Hasyim pada saat ini adalah bagaimana agar Pendidikan Islam dapat diterima, - dengan baik dan tidak membosankan oleh para siswa serta bisa mengamalkan dan membentuk nilai-nilai Islami.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana variasi metode mengajar Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Wahid Hasyim Dinoyo Malang?, (2) Mengapa variasi metode meugajar Pendidikan Agama Islam (P AI) perlu digunakan?
Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Dapat mendiskripsikan secara jelas penerapau variasi metode mengajar Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Wahid Hasyim Dinoyo Malang. (2) Dapat mendiskripsikan secara jelas sebab variasi metode mengajar Pendidikan Agama Islam (PAI) perlu digunakan.
Dalam pengumpulan data penulis menggunakan metode Observasi, metode Interview, dan metode Dokumentasi. Sedangkan dalam pengelolahan data penulis menggunakan teknik Deskriptif Kualitatif artinya yaitu teknik menganalisis data yang bersifat non angket.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah: penerapan metode yang bervariasi diawali dengan persiapan pembelajaran yang berupa Program Tahunan, Program Semester, Rencana Minggu Efektif, serta Rencana Pembelajaran, guru dalam menggunakan berbagai metode dalam pembelajaran meliputi metode ceramah, diskusi, tanya jawab, latihan, eksperimen, dan tugas. Sedangkan pentingnya variasi metode mengajar digunakan adalah untuk mendorong siswa supaya lebih giat dalam belajar juga untuk menghindari kejenuhan atau kebosanan, dengan variasi metode mengajar anak didik akan lebih mudah memahami, materi pelajaran, dan dengan variasi tersebut guru tidak akan kesulitan serta akan membantu dalam menjelaskan materi yang akan disampaikan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Supriyatno, Triyo |
Keywords: | Variasi; Metode Mengajar |
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Koko Prasetyo |
Date Deposited: | 07 Dec 2023 10:09 |
Last Modified: | 07 Dec 2023 10:09 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/58538 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |