Rosyidi, Abdul wahab (2015) تطوير استراتيجية تعليم مهارة الكلام لغير الناطقين بالعربية في ضوء الاستراتيجية الصغرى لروبيت ميل ججني (بالتطبيق على تلاميز مدرسة "المعارف" الثانوية سنجاساري مالانج - إندونيسيا). Doctoral thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
11740018.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
Abstract
ABSTRAK
Keterampilan berbicara merupakan keterampilan kedua dari empat keterampilan berbahasa. Ini menjadi penting dalam pembelajaran bahasa Arab untuk non Arab. Dewasa ini, tujuan pokok pembelajarannya agar mereka mampu berkomunikasi dengan bahasa Arab. Di lembaga-lembaga yang mengajarkan bahasa Arab, pembelajarannya berlangsung normal. Akan tetapi, kalau kita perhatikan dengan teliti, banyak kendala yang dihadapi oleh guru dan siswa. Dalam keterampilan ini banyak siswa belum tepat dalam pengucapan bunyi. Tekanan dan intonasi bahasa Arab pun belum tampak sehingga sulit untuk dipahami. Salah satu penyebabnya adalah tujuan pembelajaran, materi, metode, media, dan evaluasi belum tertata secara hirarki sebagai pengetahuan prasyarat. Meskipun siswa memiliki penguasaan kosakata dan tata bahasa, belum sempurna percakapannya apabila belum menguasai pengucapan, tekanan, dan intonasi yang benar. Maka kehadiran strategi ini akan dapat memperbaiki percakapan siswa.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R & D). Tujuannya adalah mendeskripsikan dan menganalisa ciri-ciri strategi pembelajaran keterampilan berbicara untuk non Arab yang dikembangkan dengan Strategi Mikro Robert. M. Gagne. Kedua adalah mengetahui keefisiensian, kemenarikan dan keefektifan strategi tersebut dalam meningkatkan ketepatan pengucapan bunyi, penerapan tekanan, dan intonasi dalam keterampilan berbicara. Penelitian ini menggunakan model pengembangan yang diadaptasi dari Brog and Gall, Dick & Carey, Reiser dan Mollenda. Adapun data dan sumber data adalah percakapan siswa, catatan-catatan, kritik dan saran, pendapat dari para pakar, kepala sekolah, guru bahasa Arab, siswa, dan proses pembelajaran bahasa Arab, serta percakapan penutur asli pada CD. Data dikumpulkan dengan interview, observasi, rekam, angket, dan tes. Data dianalisa dengan menggunakan analisa deskriptif, interpretatif, dan prosentasi untuk mengetahui keefesiensian dan kemenarikan strategi, dan analisa statistik uji t untuk mengetahui tingkat keefektifan.
Hasil penelitian setelah dilakukan analisa dan pembahasan terhadap data, bahwa di antara ciri-ciri strategi pembelajaran keterampilan berbicara untuk non Arab yang dikembangkan dengan Strategi Mikro Robert. M. Gagne, tergambar dengan jelas pada tujuan pembelajaran, materi, media, langkah-langkah pembelajaran, dan evaluasi yang fokus pada penerapan ketepatan pengucapan, tekanan, dan intonasi secara gradasi sebagai pengetahuan prasyarat. Dari hasil penilaian pakar Teknologi Pembelajaran, pakar Ilmu Ashwat Non Arab dan Arab, serta penutur Asli bahasa Arab, dan juga penilaian para siswa, disimpulkan bahwa strategi ini efisien dan menarik serta cocok untuk mengajarkan keterampilan berbicara. Hal ini dapat dilihat dari hasil akhir angket penilaian, yaitu 87%. Strategi ini pun efektif untuk meningkatkan keterampilan berbicara non Arab. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji t yang dilakukan terhadap nilai pre-tes dan pos-tes, bahwa nilai ᵼ Hitung lebih kecil dari nilai ᵼ Tabel yaitu; -3,207 ˂ -1,690. Oleh karenanya H0 ditolak, artinya ada peningkatan percakapan setelah uji coba, dan efektif untuk meningkatkan percakapan siswa.
ABSTRACT
Speaking skill is the second most important among four language skills. It is important in learning Arabic. Today, the main goal of learning is skill for non-native students to be able to communicate in Arabic. In institutions where Arabic is taught, learning Arabic takes place normally. However, if we look carefully, many obstacles faced by teachers and students. In this skill, many students have not been right in the pronunciation. Stressing and intonation in Arabic was not yet seemed so it becomes difficult to be understood. One reason is learning objectives, materials, methods, media, and evaluation has not arranged hierarchically as a prerequisite knowledge. Although students have mastered many vocabularing and grammar, it will be not perfect conversation if they have not mastered the correct pronunciation, stressing, and intonation. Then the presence of this strategy will be able to improve the student conversation.
This research is categorized as Research and Development (R & D). The objective is to describe and analyze the characteristics of learning strategies of speaking skills for non-Arabic native developed through Robert M. Gagne’s Micro Strategi. The second objective is to determine the effectiveness, effeciency, and appeal of the strategy in improving precision of pronunciation, applying of stressing, and intonation in speaking skill. This research use developing model adapted from Brog and Gall, Dick and Reiser dan Molenda. The data and the data source are students conversations, notes, critics and suggestions, opinions from experts, principals, Arabic teachers, students, and learning Arabic, as well as a native speaker’s conversation in the CD. The data are collected by interviewing, observing, recording, giving questionnaire, and giving test. The data are analyzed using descriptive analysis and the percentage to determine the feasibility and interest of strategy, and the test to determine the level of effectiveness.
The results of the study after analyzing and discussing of the data is that among the characteristics of learning strategy of speaking skill for non-Arabic native which is developed through Robert M. Gagne’s Micro Strategi illustrated vividly on the objectives of learning, the materials, the learning strategy, the media, and the test that focus on the accuracy of pronunciation, stressing, and intonation gradation. From the results of assessment of Learning Technology expert, the pronunciation expert of native and non- Arabic native, and the Arabic native speakers, as well as assessment of the students, it is concluded that this strategy is effeciency, appeal and suitable for teaching speaking skill to non-Arabic native. It can be seen from the results of the assessment questionnaire, namely 87%. This strategy was effective to improve the accuracy of the pronunciation,
stressing, and intonation of the Arabic language. It can be seen from the results of the test conducted on the pre-test and post-test, that the obtoined ᵼ value is smaller than the value of t tabel; -3.207 ˂ -1.690. therefore H0 rejected, it means there is increasing in the conversation after the trial, and it is effective to improve the student conversation.
Item Type: | Thesis (Doctoral) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Muhaimin, Muhaimin and Syuhadak, Syuhadak | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | Pengembangan Strategi; Keterampilan Berbicara; Pengetahuan prasyarat; Ketepatan Pengucapan Bunyi; Tekanan; Intonasi; Developing Strategy; Speaking Skill; Prerequisite Knowledge; Pronunciation Accuracy; Stressing and Arabic Intonation | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Doktor Pendidikan Bahasa Arab | |||||||||
Depositing User: | Mohammad Syahriel Ar | |||||||||
Date Deposited: | 21 Mar 2017 19:43 | |||||||||
Last Modified: | 21 Mar 2017 19:43 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5729 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |