Fatimah, Siti (2003) Hubungan antara tingkat percaya diri dengan tingkat keaktifan berdiskusi pada mahasiswa Fakultas Psikologi angkatan 1999/2000 - 2001/2002 Universitas Islam Indonesia Sudan - Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Full text)
98150479.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Pada era globalisasi seperti sekarang ini, dimana persaingan semakin ketat, usaha untuk mempertahankan hidup semakin keras. Adapun salah satu cara untuk mempertahankan hidup adalah dengan mempunyai rasa percaya diri yang tinggi. Percaya diri merupakan sikap yakin kepada Allah dan dan diri sendiri serta kepada kemampuan yang dimiliki sehingga merasa bebas untuk melakukan hal-hal yang diinginkan, mampu berpikir positif dan optimis tanpa disertai kecemasan dan ketakutan. Dengan percaya diri seseorang dapat menjadi merdeka yang sejati, ingin memperoleh kemajuan dalam pekerjaan. Dalam berbagai situasi dan kondisi ia berusaha menjadi yang terbaik., dalam berdiskusi aktif dalam mengeluarkan pendapat untuk menambah wawasan. Diskusi merupakan kegiatan kelompok yang bertukar pikiran untuk mengadakan perbincangan ilmiah guna mengumpulkan pendapat, membuat kesimpulan, menyusun berbagai alternatif pemecahan masalah.
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara tingkat percaya diri dengan tingkat keaktifan berdiskusi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket dan metode observasi, uji coba angket digunakan pada tanggal 23-24 Desember 2002 difakultas psikologi dengan jumlah responden sebanyak 30 mahasiswa dengan jumlah item dari kedua variabel sebanyak 40. Penelitian dilakukan pada tanggal 3031 Desember 2002 dengan sampel berjumlah 60 dan m asing- masing angket terdiri dari 40 item. Dari angket percaya diri didapatkan sebanyak 25 item valid memuaskan dan dari angket keaktifan berdiskusi di dapatkan 33 item valid memuaskan yang keduanya menggunakan rumus product moment Pearson dengan angka kasar. Analisa data yang digunakan adalah rumus korelasi Spearman tata jenjang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat percaya diri mahasiswa fakultas psikologi yang berada pada kategori rendah sebanyak 10%%, kategori sedang 46.67%% dan kategori tinggi sebanyak 43,33°/» rerata dari keseluruhan berada pada kategori sedang.untuk tingkat keaktifan berdiskusi dihasilkan 35% pada kategori rendah, 60% pada kategori sedang, 5% pada kategori tinggi dan rerata dari keseluruha sampel berada pada kategori sedang. Hubungan antara tingkat percaya diri dengan tingkat keaktifan berdiskusi didapatkan korelasi sebesar 0,538 secara komputasi dengan taraf signifikansi l%,jika dengan taraf 5% untuk subyek 60 adalah 0, 364 sehingga r hitung >r tabel ( 0,538> 0,364) yang berarti menunjukkan adanya hubungan yang signifikan positif antara tingkat Jiercaya diri dengan tingkat keaktifan berdiskusi.
ABSTRACT
In this globalization era. Competition is getting fighter and the life effort is getting harder than before. Another way to maintain our life was by having a high self confidence. Self confidence mean our dignity to the almighty God and ourselves and also our capability, so we will have a great freedom to do what we want and we are also able to think positively and optimistically without being anxious and scared. By having self confidence, we can be truly independent people and have an outstanding progress in life. In every condition and situation we will try to do our best and discuss actively and also have courage to say our opinions about many things. Discussion is a group activity which exchanges peoples thoughts and holds scientific discussion to absorb ideas, conclusion, and arrange it into many alternative answers.
The intention of doing this research is to find the connection between level of confidence with the level of discussion activity. The data collection method are questionnaire and observation method. The questionnaire which is used in December, 23 - 24, 2002 in Psychology Faculty , 30 responders students from two variables are 40 items. The experiment on December, 30 and 31,2002 with 60 samples and each of questionnaire is 40 items. The self- confidents questionnaire got 25 contended valid items and the other questionnaire got 33 items, those are used pure formula product moment Pearson. Data analyzing method which is used is correlation formula Spearman.
The result of the research show US that the self confidence level of Psychology faculty students in a lower rate is about 10%, 46.67% for the middle rate and 43.33. for the high rate, the whole average position was refer to the medium rate. For the students actively in discussion, 35% was resulted in a lower rate, 60% in a middle rate and 5% in a high rate and most of the sample was in a medium level. The relationship between self confidence and the actively in discussion shows that there’s correlation about 0.538 amount in the computation level and the significant is about 1%, if in the level 5% for the subject 60 is about 0.364 so as the result we count the ٠٠r” variable >r (0.5380.364) ifs show US that there’s many positive significance relationship between the self confidence level and the actively in discussion.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Kasiram, Kasiram |
Keywords: | percaya diri; keaktifan berdiskusi; confidence; discussion activity |
Departement: | Fakultas Psikologi > Jurusan Psikologi |
Depositing User: | Nada Auliya Sarasawitri |
Date Deposited: | 02 Nov 2023 09:13 |
Last Modified: | 02 Nov 2023 09:13 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/57267 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |