Utami, Wiji (2005) Persepsi siswa terhadap kegunaan hasil tes psikologi dalam penelusuran bakat di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Malang I. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
00410055.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Persepsi memiliki peranan yang penting dalam terantuknya pemahaman tentang suatu obyek, benda atau peristiwa dan setiap individu mempunyai persepsi yang berbeda-beda terhadap suatu obyek tertentu. Demikian juga persepsi siswa terhadap kegunaan hasil tes psikologi dalam penelusuran bakat berbeda-beda pula.
Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi siswa terhadap kegunaan hasil tes psikologi dalam penelusuran bakat. Subyek penelitian adalah siswa yang telah melakukan tes psikologi yaitu siswa kelas 11, Metode pengumpulan data dilakukan dengan angket yang penyebarannya dilakukan pada tanggal 28 sampai 30 juli 2005.
Analisa data menggunakan standar deviasi dan prosentase. Pengujian validitas pada variabel persepsi terhadap kegunaan hasil tes psikologi menggunakan analisis product moment dan kemudian dikorelasikan dengan rumus part whole diperoleh 39 item yang sahih dan 1 item yang gugur. Sedangkan pengujian reliabilitas menggunakan koefisien Alfa Cronbach
Dari analisa data didapatkan kategori dan prosentase variabel persepsi terhadap kegunaan hasil tes psikologi menghasilkan frekuensi 8 siswa pada kategori tinggi dengan prosentase 200%و frekuensi 28 siswa dengan prosentase 70/٥o pada kategori sedang, dan frekuensi 4 siswa dengan prosentaselO% pada kategori rendah أ لا
- Dan dari analisa masing-masing faktor didapatkan hasil bahwa persepsi terhadap kegunaan hasil tes psikologi faktor prediksi sebanyak 10 siswa dengan prosentase 25% pada kategori tinggi, sebanyak 26 siswa dengan prosentase 65٠ /٥pada kategori sedang dan sebanya 4 siswa dengan prosentase 10% kategori rendah. Pada faktor diagnosis sebanyak 10 siswa dengan prosentase 25% pada kategori tinggi, sebanyak 26 siswa dengan prosentase 65% pada kategori sedang dan sebanyak 4 siswa dengan prosentase 10%% pada kategori rendah. Faktor monitoring sebanyak 9 siswa dengan prosentase 22,5% pada kategori tinggi,sebanyak 27 siswa dengan prosentase 67,5/٥o pada kategori sedang dan sebanyak 4 siswa dengan prosentase 10%% pada kategori rendah. Dan faktor evaluasi sebanyak 8 siswa dengan prosentase 20% pada kategori tinggi, sebanyak 29 dengan prosentase 72,5%% pada kategori sedang dan sebanyak 3 siswa dengan prosentase 7,5%% pada kategori rendah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Rahayu, Iin Tri |
Keywords: | persepsi terhadap kegunaan hasil tes psikologi |
Departement: | Fakultas Psikologi > Jurusan Psikologi |
Depositing User: | Koko Prasetyo |
Date Deposited: | 01 Nov 2023 13:38 |
Last Modified: | 01 Nov 2023 13:38 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/57248 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |