Badi'ah, Lilik (2004) Korelasi antara pemahaman dan sikap guru terhadap anak penderita Attention Deficit Hiperactivity Disorder (ADHD): Studi kasus di Madrasah Ibtidaiyah Jenderal Sudirman Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
99410941.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Guru adalah orang yang memikul tanggung jawab untuk membimbing, bukan hanya menyampaikan pelajaran kepada siswa, tetapi juga membentuk kepribadian murid yang bernilai tinggi
ADHD merupakan gangguan prilaku dengan manifestasi klinik yang heterogen dan gejala intinya, meliputi: impulsivitas, hiperaktivitas dan gangguan pemusatan perhatian.
Pemahaman merupakan kesadaran pribadi yang bersumber pada suatu pengertian dan keyakinan yang termanifestasikan dalam tingkah laku.
Sikap guru terhadap penderita ADHD berarti, kecenderungan dalam hal perasaan akan kesadaran seorang guru dalam bereaksi terhadap suatu obyeknya dengan cara tertentu dengan mengetahui gejala, penyebab dan juga melakukan treatment yang tepat.
Skor perhitungan tingkat pemahaman yang dimiliki oleh guru yang ada di Ml Jenderal Sudirman Malang menunjukkan tingkat sedang. Begitu juga dengan perhitungan hasil skor sikap juga menunjukkan tingkat sedang.
Sehingga ada hubungan yang signifikan antara pemahaman dengan sikap guru terhadap anak penderita ADHD di MI Jenderal Sudirman Malang, dimana dari hasil perhitungan diperoleh nilai korelasi sebesar 0,812%, berarti signifikan dalam taraf 5%, sedangkan koefisien determinan 0,659 yang berarti pemahaman mempengaruhi sikap sebesar 65,9%.
Dan diperoleh bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara pemahaman dan sikap guru terhadap anak penderita ADHD, artinya semakin baik pemahamannya tentang ADHD, maka sikap yang ditunjukkan terhadap anak penderita ADHD semakin baik atau mendukung pula.
ABSTRACT
Teacher is a person who has responsibility to guide, not merely submitting Lesson to student, but also to form high personality of students. ADHD is behavioral trouble with heterogeneous clinic manifestation and it core symptoms, include: impulse, hyperactivity attention concentration trouble and.
Understanding represent person awareness which coming from a confidence and congeniality which manifested in behavior". Attitude teacher to patient of ADHD meant tendency in the case of teachers awareness feeling to respond to its object with certain way from the symptom, cause as well as conducting correct treatment.
score of calculation understanding level which is owned by teacher at General Sudirman Islamic Elementary school, show average level. Likewise calculation of score results of attitude also show average level. In order to there significant correlation between understanding and teachers attitude to children who suffers ADHD at General Sudirman Islamic Elementary School, where from calculation result obtained a correlation value 0,812 % it means significant in level 5 %, while the determinant coefficient 0,659 means understanding influence the attitude 65,9 %
In addition, it is obtained that there is positive and significant correlation between attitude and teacher understanding to children who suffers ADHD, it means that if they have best understanding, the attitude that they showed to patient ADHD more and more good or support as well.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Yahya, Yahya |
Keywords: | Pemahaman; Sikap Guru; ADHD Understanding; Teachers Attitude; ADHD |
Departement: | Fakultas Psikologi > Jurusan Psikologi |
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana |
Date Deposited: | 31 Oct 2023 14:23 |
Last Modified: | 31 Oct 2023 14:23 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/57225 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |