Hasanah, Siti Nur Laili (2004) Pengaruh bimbingan belajar terhadap kepercayaan diri siswa dalam menghadapi SPMB di Lembaga Pendidikan Primagama Lawang Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
99410933.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Pada keseluruhan program pengajaran disekolah, belajar merupakan kegiatan pokok bagi siswa. Kenyataan menunjukkan bahwa banyak siswa yang mengalami berbagai masalah dalam belajar misalnya tidak mampu menyerap bahan yang dipelajari dengan baik, tidak mampu berkonsentrasi dalam belajar, tidak mampu mengerjakan tes dan sebagainya. Dalam persaingan yang sangat ketat untuk masuk perguruan tinggi negeri (PTN), maka lembaga pendidikan primagama Lawang membantu siswa yang mengikuti bimbingan belajar agar dapat menyelesaikan semua masalah atau persoalan dalam menghadapi SPMB serta harus di bekali dengan rasa percaya diri. Dari situ dapat diperoleh gambaran bahwa bagaimana konsep seseorang terhadap dirinya sendiri yang nantinya akan berpengaruh terhadap prestasi belajarnya. Untuk kelancaran belajar perlu optimis dan percaya diri bahwa ia dapat menyelesaikan tugasnya dengan baik.
Tujuan dilakukan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh bimbingan belajar terhadap kepercayaan diri siswa dalam mengahadapi SPMB di Primagama Lawang Malang, Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket, tetapi ditunjang dengan metode observasi, dokumentasi dan interview. Jumlah responden 62 siswa kelas 3 SMU yang mengikuti bimbingan belajar dengan jumlah angket bimbingan belajar 40 soal dan kepercayaan diri 36 soal. Setelah semua data terkumpul maka peneliti mulai menganalisa data, untuk uji validitas menggunakan Product moment dan agar tidak terjadi over estimet (kelebihan bobot) dari angka tersebut dikorelasikan dengan tehnik korelasi pari whole. Untuk reliabilitas peneliti menggunakan rumus Alpha Cronbachi untuk mengetahui pengaruh antara bimbingan belajar terhadap kepercayaan diri siswa dalam menghadapi SPMB maka peneliti menggunakan analisis regresi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan belajar di lembaga pendidikan Primagama Lawang Malang, yang berada pada kategori tinggi terdapat 11 siswa atau 17,7% pada tingkat sedang terdapat 43 siswa atau 69,4% dan pada kategori rendah terdapat 8 siswa atau 12,9%. Untuk kepercayaan diri siswa dalam menghadapi SPMB di primagama Lawang didapatkan pada kategori tinggi sebanyak 8 siswa atau 12,9% pada kategori sedang terdapat 48 siswa atau 77,4% sedangkan sisanya sebanyak 6 siswa atau 9,7% terdapat pada kategori rendah. Dari hasil penelitian diatas didapatkan nilai r = 0,652 jika di konsultasikan dengan harga tabel taraf signifikasi 5% untuk jumlah subyek 62 siswa adalah 0,652 sehingga rhitung > rtabel (0,652 > 0,254) yang membuktikan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti bahwa terdapat pengaruh yang sangat signifikan antara bimbingan belajar dan kepercayaan diri siswa dalam menghadapi SPMB.
ABSTRACT
For all the teaching program on the school, to learn is basic activity by the student’s. In fact showed that many od the student’s have many problems on their learn for example many of them can’t be able to pervade of the lesson very well, can’t be able to focus on study, can’t be able to do it on test and the after. In hard competition to coming on good university (Like PTN), so the institute of primagama education at Lawang Malang can help the student’s which follow the teaching on study to finish for all many problems in faced with SPMB and must have self confidence. From this teaching on study we will get description about how the human concept on him self so will effect on achievement of learn. To accelerate of learn need interested and have confidence on self to finish the home work very well.
The objective of this research to know the effect of teaching on study on self confidence on the student’s in faced with SPMB in the institute of primagama education at Lawang Malang. The method data collecthing’s questionnaire but used to observation, documentation and interview method. Total responden’s is 62 the student on class of three on senior high school which follow the teaching on study. With total of questionnaire the teaching on study is 40 of matter and self confidence 36 of matter. After of all data are collected so the researcher to start to analysis of the data. To validitas test are use product moment and to prevent of over estimated from this number was to correlated with correlation part whole of technic. For the reliabilitas of the reseacher are used Alpha Croncbach formula to know effect of teaching on study between of self confidence on the student’s in faced with SPMB so the researcher are use regresion analysis.
Result of this research showed that the teaching on study in institute of primagama education at Lawang Malang be in high categori is 11 the student’s or 17,7 %, on medium categori is 43 the student’s or 69,4 % and low categori is 8 the student’s or 12,9 %. For the self confidence on student’s in faced with SPMB in primagama education at Lawang Malang was obtained on high categori is 8 the student’s or 12,9 % on medium categori is 48 the student’s or 77,4 % and the other is 6 student a or 9,7 % on low categori. From this result of this research was obtained valve r = 0, 652 if it will be consultation with price of the table on significant level of 5 % for total of total of subject 62 on student’s is 0652 و so Thit > rtab (0,652 > 0, 254) was demonstrate that Ho was refused and Ha was receive so have significant effect between the teaching on study and self confidence in faced with SPMB.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Mulyadi, Mulyadi |
Keywords: | Bimbingan Belajar; Kepercayaan Diri Teaching on Study; Self Confidence |
Departement: | Fakultas Psikologi > Jurusan Psikologi |
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana |
Date Deposited: | 31 Oct 2023 14:23 |
Last Modified: | 31 Oct 2023 14:23 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/57224 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |