Sari, Ois Emilia Setyaning (2004) Hubungan Perilaku Lekat dengan Penyesuaian Sosial pada Anak Pra-Sekolah di Taman Kanak-Kanak (TK) Masyithoh Madiun. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
99310179.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Perilaku lekat didefinisikan sebagai kecenderungan dan keinginan seseorang untuk berbuat ikatan perasaan (kedekatan) yang kuat dengan orang lain dan mencari kepuasan dalam hubungan dengan orang lain tersebut.
Lingkungan yang pertama kali di kenal anak-anak adalah lingkungan keluarga, terutama orangtua. Hubungan yang baik antara orangtua dan anak, terutama pada ibu dengan anak, biasanya akan menjadi dasar tumbuhnya perilaku lekat anak pada orangtuanya. Dari beberapa pola kelekatan inilah yang nantinya akan mempengaruhi tingkat penyesuaian sosial anak.
Penelitian ini merupakan penelitian eksplanatif yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana tingkat perilaku lekat dan penyesuaian sosial anak serta apakah ada hubungan antara perilaku lekat yang secure dan insecure dengan penyesuaian sosial yang berdasarkan aspek-aspek penampilan nyata, penyesuaian pribadi, sikap sosial dan kepuasan pribadi pada anak pra sekolah di Taman Kanak-kanak.
Variabel yang teridentifikasi berkaitan dengan permasalahan di atas yaitu: pola perilaku lekat sebagai variabel bebas, dan penyesuaian sosial sebagai variabel terikat. Sedangkan populasi penelitian ini adalah anak usia pra sekolah yang berada di kelas Nol kecil antara usia 4-5 tahun. Teknik pengambilan sampel menggimakan purposive sampling, dimana banyaknya sampel berjumlah 50 (lima puluh) anak. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 10 - 21 Mei 2003 yang berlokasi di Taman Kanak-kanak (TK) ”MASYITHOH” Jl. Aloon-aloon Barat No. 12B Madiun Telepon (0351)455201.
Data diperoleh dengan menyebarkan dua macam angket, yaitu : angket perilaku lekat dan angket penyesuaian sosial. Masing-masing angket terdiri dari 40 (empat puluh) item, dan semuanya berjumlah 80 (delapan puluh) item. Uji validitas shahih item menggunakan rumus Product Moment dari Kart Pearson, sedangkan reliabilitasnya di uji dengan rumus Alpha Cronbach dengan bantuan komputer program SPSS 10.0 for Windows. Untuk teknik analisa data menggunakan norma yang telah ditetapkan dan uji korelasi Product moment.
Dari 50 responden diketahui bahwa tingkat perilaku lekat anak sebanyak 10% (5 subyek) tergolong rendah, 76% (38 subyek) tergolong sedang, dan 14% (7 subyek) tergolong tinggi. Sedangkan tingkat penyesuaian sosial anak sebanyak 12% (6 subyek) tergolong rendah, 74% (37 subyek) tergolong sedang, dan 14% (7 subyek) tergolong tinggi. Dengan hasil r = 0,768 dan p = 0,000 dengan sumbangan efektif (SE) sebesar 59% yang berarti ada hubungan yang sangat signifikan antara perilaku lekat dengan penyesuaian sosial pada anak pra sekolah di Taman Kanak-kanak (TK) Masyithoh Madiun.
ABSTRACT
Attachment behavior defined as a tendency or someone’s willing to have close relationship with others. It happened because he wants to be satisfy to make relationship with others.
The first environment, which is known by children, is family, especially parents. Good relationship (attachment) between parents and children, especially between mother and children’s usually will be the basic of the children’s attachment with their parents. The attachment above will influence children’s social adaptation.
This research is explanatory design in which has purpose to know how level to the attachment behavior and children’s social adaptation, are there any relationships between secure and insecure attachment behavior to social adaptation based on the real performances, private adaptation, social attitude and private satisfaction to the pre school of children kindergarten of Masyithoh Madiun.
Variables which identify relate with the problems above: attachment behavior was unattached variable, social adaptation was attached variable. Meanwhile, the populations of this research were children who registered in kindergarten of Masyithoh Madiun. The purposive sampling technique was used in this research. The total number of sample was 50 children. The research was done May IO“1 to 21s12003.
Data was gotten by questionaire which is consist of two types : attachment behavior and social adaptation. Each questionaires are 40 items and the entire total was 80 items. In checking the data validity, the writer uses Product Moment Technique (Kart Pearson). While in checking the data reliability, the writer uses Alpha Technique which is derived from Chonbach, whereas the data is analyzed by Product Moment (Kart Pearson), with using computer of SPSS 10.0 for windows.
The result of this study shows that from 50 respondents we know that level to the attachment behavior of children’s are 10%015 low subjects, 76 % or 38 adequate subjects, and 14 % or 7 high subjects. Meanwhile, level to the social adaptation of children’s are 12 % or 6 low subjects, 74 % or 37 adequate subjects, and 14 % or 7 high subjects. The result got from r = 0,768 and p = 0,000 the effective help (SE) 59 %, it means that there is very significant relationships between attachment behavior with sosial adaptation at pre school children’s in kindergarten of Masyithoh Madiun.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Ardani, Tristiadi Ardi |
Keywords: | Perilaku Lekat; Penyesuaian Sosial; Anak Pra Sekolah Attachment Behavior; Social Adaptation; Children Pre-School |
Departement: | Fakultas Psikologi > Jurusan Psikologi |
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana |
Date Deposited: | 26 Oct 2023 11:17 |
Last Modified: | 26 Oct 2023 11:17 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/57110 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |