Triana, Eva Okta (2004) Pengembangan Skala Moral Anak di Panti Sosial Petirahan Anak Bima Sakti Batu. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
00410003.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Penggunaan alat pengumpul data baik yang berbentuk skala maupun dalam bentuk tes sebagai salah satu upaya memahami individu di PSPA “Bima Sakti” Batu masih berkutat pada pengukuran kemampuan intelegensi, kepribadian maupun skala sikap. Saat ini di PSPA “Bima Sakti” Batu belum ada alat pengukur moral anak yang berbentuk skala padahal salah satu output yang diharapkan adalah terbentuknya anak yang bermoral. Skala adalah alat pengumpul data untuk mengungkap konstruk/konsep psikologi yang menggambarkan aspek kepribadian individu, dan hal tersebut diungkap melalui indikator-indikator perilaku yang diterjemahkan dalam bentuk pernyataan yang harus diisi oleh anak sesuai dengan kondisi dirinya. Melalui skala moral anak ini dapat diketahui tingkat moral anak masing-masing. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan skala moral anak yang memenuhi persyaratan validitas konstruk, reliabilitas, dan norma yang baik. Sehinga skala moral anak sebagai produk pengembangan ini dapat dimanfaatkan khususnya pada lingkup PSPA “Bima Sakti” Batu sebagai salah satu alat pengumpul data pribadi anak.
Skala moral anak yang dikembangkan oleh peneHti adalah hasil gabungan antara konstrak teori moral anak menurut Wahyuning dan konstrak teori moral anak menurut Schiller. Dari pengabungan teori tersebut didapat 19 aspek moral anak yang menjadi konstrak pengembangan skala moral anak selanjutnya. Adapun 19 aspek tersebut adalah, sopan-santun, tolong-menolong, menghargai milik orang lain, mendengarkan dengan tenang saat orang lain bicara, tidak menyakiti orang lain, kepedulian dan empati, kerja sama, berani, keteguhan hati dan komitmen, adil, kejujuran dan integritas, humor, mandiri dan percaya diri, loyalitas, sabar, rasa bangga, banyak akal, tanggungjawab, dan toleransi.
Penelitian pengembangan skala moral anak ini menggunakan metode pengembangan yang dikemukakan oleh Likert (skala likert) yang meliputi model dan prosedur pengembangan yang terdiri dari 10 langkah pengembangan dan uji coba produk yang terdiri dari desain uji coba meliputi uji ahli, uji kelompok kecil, dan uji lapangan utama. Subyek yang digunakan untuk uji ahli yaitu 1 dosen ahli psikologi dan 1 dosen pembimbing. Uji kelompok kecil yaitu 10 anak PSPA “Bima Sakti” Batu dan uji lapangan utama adalah seluruh anak PSPA “Bima Sakti” Batu, subyek uji coba lapangan utama ditentukan oleh teknik populasi sampel artinya seluruh populasi dijadikan sampel penelitian. Jenis data secara garis besar berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa skala moral anak, instrumen penilaian untuk ahli, dan insrtumen penilaian untuk anak.
Skala moral anak yang dikembangkan direncanakan terdiri dari 19 aspek, 38 Indikator, dan 76 altem. Namun pertama-tama dibuat skala moral anak draft I yang berisi 114 altem untuk berjaga-jaga apabila nantinya ada altem yang harus terbuang. Dari 114 altem tersebut dilakukan altem melalui uji ahli diperoleh 110 altem yang memenuhi syarat uji ahli dari 110 altem diuji konsistensi Internal dengan menggunakan korelasi Product Moment Pearson sehingga diperoleh 98 «Item yang memiliki angka signifikan p < 0,05. Setelah itu dipilih lagi 2 altem terbaik pada tiap Indikator sehingga didapat 76 altem skala moral anak yang memenuhi Jumlah altem yang telah direncanakan. Kemudian 76 altem tersebut diujiه konsistensi internal lagi sehlnga diperoleh 76 altem skala moral anak draft akhir yang memiliki signifikansi p < 0,01. Melalui uji rellabilitas dengan menggunakan Alpha Cronbach diperoleh koefisien alpha sebesar 0,963. Artinya skala moral anak memiliki tingkat rellabilitas yang baik. Dan untuk menentukan tingkat moral anak menggunakan norma kategorisasi Jenlang dengan pembagian 5 tingkat, yaitu sangat baik, baik, cukup, kurang dan sangat kurang.
Skala Moral Anak untuk Panti Sosial Petirahan Anak “Bima Sakti" Batu masih perlu pengembangan lebih lanjut malalui uji analisis faktor agar diperoleh pernyataan dengan kualitas yang lebih baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Djazuli, Djazuli |
Keywords: | Pengembangan Skala; Moral Anak; Validitas; Reliabilitas |
Departement: | Fakultas Psikologi > Jurusan Psikologi |
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana |
Date Deposited: | 24 Oct 2023 18:21 |
Last Modified: | 24 Oct 2023 18:21 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/57067 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |