Maulidiyah, Anik Wahidatul (2002) Pengaruh Peer Group terhadap Kemandirian Siswa Sekolah Dasar kelas VI di MIN 2 Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
97490177.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Salah satu faktor yang mempengaruhi kemandirian adalah kegiatan di luar rumah. Ada atau tidaknya kegiatan di luar rumah tersebut akan mendukung atau menghalangi seseorang mencapai kemandirian. Jika seorang anak mempunyai banyak kegiatan di luar rumah, hal itu akan menyebabkan anak semakin jarang bersama keluarganya sehingga ketergantungan anak terhadap keluarga akan berkurang.
Bermain bersama peer group adalah salah satu contoh kegiatan di luar rumah apakah di sekolah atau di luar sekolah. Di sana anak akan belajar berinteraksi dengan teman-temannya dan belajar banyak hal yang tidak didapatkan dalam keluarga sebelumnya, seperti belajar berfikir mandiri, belajar mengambil keputusan sendiri belajar menerima pandangan atau nilai-nilai yang bukan dari keluarga. Maka dari itu peer group adalah tempat yang tepat dimana anak akan belajar jauh dari pengawasan orang dewasa. Peer group juga akan membantu kemandirian pribadi anak dengan memberikan kepuasan emosional dari persahabatan dengan teman sebaya. Usia 11 sampai 12 tahun yang umumnya anak kelas VI SD adalah saat dimana dorongan kebutuhan kehidupan sosial akan menguat. Saat tersebut adalah saat yang tepat untuk mengaktualisasikan kemampuannya untuk dapat mandiri.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh peer group terhadap kemandirian siswa SD kelas VI di MIN 2 Malang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif model eksplanatif. Penelitian ini dilakukan pada tannggal 22 November 2001 pada 40 siswa. Pengumpulan datanya melalui angket sedangkan analisa datanya menggunakan analisa regresi linier.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan (F = 6.627; p = 0,013) antara peer group terhadap kemandirian dengan sumbangan efektif peer group terhadap kemandirian sebesar 14,8%. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh peer group terhadap kemandirian siswa SD kelas VI di MIN 2 Malang. Pengaruh peer group terhadap kemandirian lebih dominan pada jenis kelamin perempuan, usia 11-12 tahun, lama masuk peergroup 2-3 tahun, jumlah anggota peer group 4-5, peer group yang mempunyai pemimpin. Meskipun angka yang menunjukkan pengaruh tersebut kecil, namun peer group cukup penting diperhatikan karena pengaruhnya terhadap kemandirian.
ABSTRACT
One of the factors that influence of independent is the activity out of house. The existence or nonexistence of it will be support or prevent someone to be independent. If child has many activities out of house, it couse that the child will be rarely together with the family therefore the dependent of child to the family will be lessen.
Play with peer group is one of the activities examples out of house wether at the school or out of it. There the child going to I earn to interact with his friends and will learn many thing that could not find in the family before, like learn to independent think, learn to decided independently, learn to accept of view or values that not from the family. Therefore peer group is the good place where the child will learn far from parent control. Also peer group will help the independent of child personality by give him emotional satisfaction from friendship with the same age friend. Eleven until twelve old is six class of elementary school is the time where the supporting of social life necessity will be strong. It is suitable to express his ability to be independent.
This research has propose to know the influence of peer group to independent of elementary student of six class at MIN 2 Malang. The kind of this research is quantitative model. It was held at November 22, 2001. the collecting of the data by questionnaire than the analysis of the data using regression linear analysis.
From the result of the research show that there are significant influence (F= 6.627: p = 0,013) between peer group to the independent with effective peer group contribution to the independent as big as 14,8 %. It show that there are the influence of peer group to student independent of elementary VI class of MIN 2 Malang. The influence of peer group to the independent is more dominant to the female, eleven until twelve old, at the peer group for 2-3 years, the member of it 4-5, it has a leader. Even the number which show the influence is small, but peer group is importance enough to be attended because the influence of it is independent.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Utami, Sri Weni and Purwaningtyas, Endah Kurniawati |
Keywords: | Peer Group; Kemandirian; Siswa SD Kelas VI Peer Group; Independent; Elementary School of Class VI |
Departement: | Fakultas Psikologi > Jurusan Psikologi |
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana |
Date Deposited: | 23 Oct 2023 11:21 |
Last Modified: | 23 Oct 2023 11:21 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/57020 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |