Fitria, Ulfa Dina (2007) Pengaruh Periklanan terhadap kunjungan wisatawan: Studi pada Taman Rekreasi Herlingga Jaya - Blitar. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Full text)
02320019.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Penjualan produk wisata lebih sulit dari pada penjualan produk berupa benda komoditi. Di sini calon konsumen dalam hal ini wisatawan tidak berhadapan dengan barang yang nyata yang dapat dilihat terlebih dahulu sebelum ia memutuskan untuk membeli. Calon wisatawan hanya berhadapan dengan sebuah citra yang digambarkan oleh si penjual. Oleh karenanya informasi, himbauan, dan rayuan agar melakukan pemt>elian produk sangat diperlukan bagi perusahaan dalam menarik wisatawan yang sebanyak-banyaknya.
Taman Rekreasi Herlingga Jaya yang merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang pariwisata yang ada di kota Blitar juga harus melakukan program periklanan untuk menarik pengunjung lebih banyak lagi. Program periklanan yang ada di Taman Rekreasi Herlingga Jaya adalah Brosur, Papan Reklame, spanduk. Surat Kabar dan Radio.
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan hubungan klausal antara brosur, papan reklame, spanduk, surat kabar, radio dan kunjungan wisatawan melalui pengujian hipotesis. Teknik analisis data yang digunakan yakni (1) uji validitas dan reabilitas dari item-item kuesioner, (2) Uji regresi linier berganda. Kemudian model regresi tersebut dilakukan pengujian hipotesis yakni secara simultan (uji F), secara parsial (uji t) dan variabel yang dominan.
Berdasarkan pengujian hipotesis diperoleh bahwa secara simultan variabel bebas mempunyai pengaruh yang cukup nyata yakni sebesar 33,989 Namun apabila dilihat dari Ajusted R square maka variabel bebas mempunyai pengaruh yang cukup kuat terhadap kunjungan wisatawan yakni sebesar 62,5%. Sedangkan, berdasarkan uji t (secara parsial) komponen variabel bebas yang mempengaruhi kunjungan wisatawan adalah papan reklame dan radio dan yang tidak mempengaruhi kunjungan wisatawan adalah brosur, spanduk, dan surat kabar. Dilihat dari koefisien regresi B maka dapat disimpulkan bahwa komponen variabel bebas yang dominan mempengaruhi kunjungan wisatawan adalah variabel radio yakni sebesar 0,460.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Hasan, Irmayanti |
Keywords: | Pengaruh Periklanan; Kunjungan Wisatawan |
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen |
Depositing User: | Nada Auliya Sarasawitri |
Date Deposited: | 18 Oct 2023 14:09 |
Last Modified: | 18 Oct 2023 14:09 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/56976 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |