Responsive Banner

Pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan: Studi pada pengguna sepeda motor Honda Supra Fit di Kelurahan Sentul Kota Blitar

Susana, Eka (2007) Pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan: Studi pada pengguna sepeda motor Honda Supra Fit di Kelurahan Sentul Kota Blitar. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Full text)
02220109.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini dilatar-belakangi dinamika kehidupan masyarakat dewasa ini telah banyak mengalami kemajuan pesat yang mendorong meningkatnya kebutuhan masyarakat yang semakin komplek. Hal ini bisa dilihat dari peningkatan penjualan sepeda motor dari tiap tahun serta banyak berdirinya dealer yang tersebar diseluruh kota. Adapun konsekwensi dari banyaknya perusahaan yang menghasilkan produk yang sejenis sekaligus memiliki kualitas yang sama adalah menghadapi persaingan yang semakin ketat termasuk di bidang sarana transportasi. Persaingan yang semakin ketat terjadi antar produsen sepeda motor seperti Honda, Suzuki, Yamaha, Kawasaki dan lain-lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui variabel-variabel dalam kualitas produk sepeda motor Honda berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan dan untuk mengetahui variabel di dalam kualitas produk yang paling berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan.

Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dan pendekatan penelitian ini adalah survei, yang mengkaji pengaruh antar variabel kinerja (XI), tampilan (X2), daya tahan (X3), pelayanan (X4), dan estetika (X5) berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan pada pengguna sepeda motor Honda Supra Fit Di Kelurahan Sentul Kota Blitar (Y). Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah accidental sampling, dimana jumlah sampel yang diteliti adalah 85 responden. Instrumen penelitian ini berupa kuisioner, kemudian data yang diperoleh diolah dengan menggunakan regresi linear berganda, uji T serta uji F.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kinerja (XI), tampilan (X2), daya tahan (X3), pelayanan (X4), dan estetika (X5) berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan pada pengguna sepeda motor Honda Supra Fit Di Kelurahan Sentul Kota Blitar (٧) dengan koefisien korelasi (R) sebesar 0,268 (268%) dan tingkat signifikansi 0,05 serta nilai F hitung sebesar 5,786, Selain itu nilai Adjusted R Square yang diperoleh adalah sebesar 0,222 atau 22,2%. Variabel yang berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada pengguna sepeda motor Honda supra Fit di Kelurahan Sentul Kota Blitar (٧) adalah variabel estetika dengan angka koefisien regresi (B) sebesar 02315 dan nilai t hitung sebesar 2,659. Kesimpulan dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Variabel kinerja (XI), tampilan (X2), daya tahan (X3), pelayanan (X4), dan estetika (X5) berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan pada pengguna sepeda motor Honda Supra Fit Di Kelurahan Sentul Kota Blitar (٧). Oleh karena itu hendaknya peusahaan sepeda motor Honda selalu memperhatikan kelima variabel tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Mansur, Muhammad
Keywords: Kualitas Produk; Kepuasan Pelanggan
Departement: Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen
Depositing User: Nada Auliya Sarasawitri
Date Deposited: 16 Oct 2023 14:16
Last Modified: 16 Oct 2023 14:16
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/56947

Downloads

Downloads per month over past year

Actions (login required)

View Item View Item