Responsive Banner

Pengaruh pesan Iklan terhadap keputusan pembelian Kartu Prabayar Mentari: Survey pada Indosat Cabang Malang

Rosyadi, M. Irfan (2007) Pengaruh pesan Iklan terhadap keputusan pembelian Kartu Prabayar Mentari: Survey pada Indosat Cabang Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Full text)
02220026.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK

Mentari terus melakukan perkembangan sesuai dengan kebutuhan konsumen. Konsumen menginginkan layanan lebih/ mereka menghendaki kartu prabayar yang terbukti dapat digunakan dimana saja dan kapan saja dengan tingkat mobilitas yang lebih leluasa serta dapat menjelajah dibanyak kota. Mentari memenuhi hal ini dan terbukti mempunyai jangkauan yang sangat luas baik nasional maupun international yaitu menjangkau lebih dari 132 negara yanga ada di berbagai belahan dunia. Akhir-akhir ini .mentari gencar memasarkan produknya dengan iklan melalui berbagai media massa antara lain media cetak/ media elektronik/ serta media luar ruangan. Hal ini dilakukan dengan tujuan merebut hati konsumen untuk membeli produk yang dihasilkan.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan survei yang berusaha untuk mengetahui bagaimana pengaruh pesan iklan terhadap keputusan pembelian kartu prabayar mentari. Teknik pengumpulan data yaitu dengan metode kuesioner/ wawancara dan dokumentasi. Untuk pengujian instrumen menggunakan uji ValiditaS/ ReliabiHtas, dan Uji Asumsi klasik. Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan metode regresi linier berganda karena variabel yang digunakan lebih dari dua variabel/ dengan uji F dan uji t.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Isi Pesan (Xi), Struktur Pesan (X2), Format Pesan (X3), dan sumber Pesan (?Cl)/ secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian kartu prabayar mentari (Y). Dari perhitungan uji F diperoleh F hitung 6/868 > F Tdbei 2/46 dengan nilai p sebesar 0,000 0,05. Selain itu nilai Adjusted R Square yang sebesar 0,192 yang berarti besarnya pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat adalah 19,2%. Dan uji t diketahui bahwa secara parsial Isi Pesan dan Sumber pesan mempunyai pengaruh terhadap variabel terikat sedangkan Struktur pesan dan Format pesan tidak berpengaruh secara signifikan dengan perhitungan t hitung variabel Isi Pesan (X٦) sebesar 2/130 > t UM 1,980) Struktur Pesan (X2) memiliki t hitung -0/264 < t tabel 1/980/ Format Pesan (X3) memiliki t hitung 0/740 < t tabel 1,980) dan Sumber Pesan (X4) memiliki t hitung 3,207 > t tabel 1,980. variabel yang paling dominan pengaruhnya adalah variabel sumber pesan (X4), sebesar 16/64 %, kemudian Variabel isi pesan (Xi) sebesar 12/04%, Variabel format pesan (X3) sebesar 6/91% dan Variabel struktur pesan (X2) sebesar 5/29%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Rozi, M. Fatkhur
Keywords: Pesan Iklan; Keputusan Pembelian
Departement: Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen
Depositing User: Nada Auliya Sarasawitri
Date Deposited: 11 Oct 2023 09:29
Last Modified: 11 Oct 2023 09:29
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/56821

Downloads

Downloads per month over past year

Actions (login required)

View Item View Item