Siswanto, Hery (2005) Analisis Loyalitas Pelanggan pada Swalayan Arjuna di Kabupaten Banyuwangi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
99220617.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Perkembangan dunia usaha di Banyuwangi saat ini mengalami suatu kemajuan yang cukup menggembirakan khususnya di bidang retail. Hal ini menyebabkan terjadinya persaingan diantara para investor. Ini di buktikan semakin banyaknya swalayan-swalayan berdiri. Keberadaan swalayan-swalayan tersebut mengakibatkan terjadinya persaingan di antara pemilik swalayan untuk menarik simpati konsumen agar mau berbelanja keswalayan tersebut, yaitu dengan mendesain swalayan sebaik mungkin, seperti pelayanan yang baik, letak swalayan, kualitas produk dan lain-lain. Dari masalah tersebut penulis tertarik untuk mengambil judul "Analisis Loyalitas Pelanggan Pada Swalayan Arjuna Di Kabupaten Banyuwangi"
Penelitian ini merupakan penelitian penjelasan (Explanatory) studi kasus pada Swalayan Arjuna Kabupaten Banyuwangi. Dengan rumusan masalah: apa faktor-faktor loyalitas pelanggan di swalayan Arjuna Kabupaten Banyuwangi.
Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor loyalitas pelanggan yang ada di swalayan Arjuna di Kabupaten Banyuwangi. Sampel yang diambil yaitu 100 dari populasi yang ada pada pelanggan swalayan Arjuna Kabupaten Banyuwangi yang jumlahnya tak terhingga. Untuk mengukur kuisioner dengan menggunakan skala likert, sedangkan untuk mengetahui hasil analisis digunakan analisis faktor.
Dari analisis tersebut diperoleh kesimpulan, berdasarkan prosedur yang dilakukan nilai Eigen Value yang nilainya lebih dari 1,00 hanya pada factor ke 4 dan mempunyai Cumulative Percentage of Varian sebesar 61,675. Jadi dapat ditentukan bahwa dari 16 variabel penelitian yang digunakan menjadi 4 faktor dan mampu menjelaskan variable awal sebesar 61,675 %. Untuk mengelompokkan variable-variabel tersebut kedalam 4 faktor yang terbentuk yaitu dengan melihat besarnya factor loading. Variable-variabel yang mempunyai factor loading lebih dari 0,5 masuk kedalam 4 faktor dengan Cumulative Percentage of Varian sebesar 61,675%, sedangkan sisanya 38,325% dijelaskan oleh factor-faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian tersebut bisa diketahui dari 16 variabel yang peneliti ajukan dapat dikelompokkan atau diwakili oleh 4 faktor saja yang diantaranya: Faktor Kepuasan, Faktor Biaya Peralihan, Faktor Menyukai Merk, dan Faktor Komitmen.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Slamet, Slamet |
Keywords: | Faktor-Faktor Loyalitas Pelanggan |
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen |
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana |
Date Deposited: | 09 Oct 2023 14:25 |
Last Modified: | 09 Oct 2023 14:25 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/56768 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |