Responsive Banner

Penerapan Strategi Pemasaran pada Perusahaan Maskapai Penerbangan PT. Merpati Nusantara Airlines Region Surabaya

Fadhilah, Qurrotul (2005) Penerapan Strategi Pemasaran pada Perusahaan Maskapai Penerbangan PT. Merpati Nusantara Airlines Region Surabaya. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
01220095.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK

Strategi pemasaran merupakan sarana untuk mengkomunikasikan tujuan perusahaan dengan arah yang hendak di tempuh untuk mencapai tujuan tersebut kepada para stakeholder atau pihak-pihak yang mempunyai kepentingan terhadap perusahaan. Maka jelas bahwa strategi pemasaran merupakan poin yang sangat penting untuk diterapkan oleh perusahaan jasa maupun non jasa agar tetap dapat tersaing.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan memahami dari penerapan strategi pemasaran pada perusahaan maskapai penerbangan PT. Merpati Nusantara Airlines Regior Surabaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah diskriptif kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus pada obyek penelitian yang menggunakan metode observasi/ wawancara dan dokumentasi. Sedang teknik analisa data menggunakan teknik analisa SWOT (strength, weakness, opportunity, threat) yang dipadukan dengan IE Matrik untuk mengetahui posisi perusahaan.

Hasil penelitian diketahui bahwa PT. Merpati Nusantara Airlines Region Surabaya menggunakan strategi tarif khusus dan tarif flexy. Pada analisa IE Matrik menunjukan posisi perusahaan pada tingkat pertumbuhan melalui integrasi horizontal. Artinya, pada posisi ini peiusahaan dapat melaksanakan perluasan pasar/ perbaikan fasilitas dan kualitas pelayanan dan juga merger dengan perusahaan lain dalam industri yang sama. Dari hasil analisa SWOT di peroleh beberapa alternatif strategi yaitu; a) strategi perluasan pangsa pasar, b) strategi efisiensi biaya, c) strategi peningkatan promosi/ d) strategi peningkatan daya saing perusahaan, e) strategi kebijakan harga bersaing dengan kompetitor yang disesuaikan dengan kondisi pasar, f) strategi peningkatan program reseach and developmen, dan g) peningkatan kualitas dan mutu pelayanan. Persaingan yang terjadi antar maskapai penerbangan sangat ketat sekali. Untuk itu sebaiknya PT. Merpati Nusantara Airlines menggunakan beberapa alternatif strategi diatas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Suprayitno, Eko
Keywords: Strategi Pemasaran; Perusahaan Maskapai Penerbangan PT. Merpati Nusantara Airlines Region Surabaya
Departement: Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen
Depositing User: Moch. Nanda Indra Lexmana
Date Deposited: 09 Oct 2023 14:24
Last Modified: 09 Oct 2023 14:24
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/56746

Downloads

Downloads per month over past year

Actions (login required)

View Item View Item