Responsive Banner

Konsep Pemasaran dalam pengembangan Koperasi Syari'ah sebagai Lembaga Keuangan Mikro Syari'ah di Koperasi BMT-MMU Sidogiri-Pasuruan

Sugianto, Sugianto (2005) Konsep Pemasaran dalam pengembangan Koperasi Syari'ah sebagai Lembaga Keuangan Mikro Syari'ah di Koperasi BMT-MMU Sidogiri-Pasuruan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
01220085.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK

Koperasi BMT termasuk sebuah lembaga keuangan mikro syariah yang bergerak dalam kegiatan yang berpola syari'ah. Dengan adanya koperasi BMT pada saat ini dimungkinkan memiliki sebuah konsep-konsep yang dapat mengembangkan usaha dalam setiap waktu. Dengan berbekal brand syari’ah serta adanya tawaran terhadap produk pola syari’ah yang dimilikinya, bagaimanakah koperasi ini memiliki sebuah tawaran konsep yang bagus sehingga dapat dikata bahwa koperasi BMT Sidogiri benar-benar berkembang sesuai dengan yang diharapkan. Dengan melihat maraknya koperasi BMT berarti koperasi memiliki sebuah marketing yang bagus. Oleh karena itu dilakukan upaya meliha lebih dalam bagaimana konsep pemasarn yang ada pada koperasi BMT.

Penelitian ini merupakan jenis kualitatif deskriptif dengan memakai pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Sebagai objek dalam penelitian ini dipilih koperasi BMT-MMU Sidogiri-Pasuruan. Sebagai alat analisis digunakan tiga alur yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan

Dari hasil analisis data, sesuai teori peneliti memakai penerapan konsep pemasaran yang terdiri dari orientasi konsumen, orientasi sistem serta orientasi tujuan selanjutnya dalam menyimpulkan data yang ada dapat diketahui bahwa sesuai dengan konsep pemasaran yang ada maka dalam pengembangan koperasi BMT memiliki empat konsep pemasaran antara lain orientasi syari’ah, nasabah sebagai mitra, target hasil serta hubungan yang integratif. Ketiga orientasi ini memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perkembangan koperasi BMT.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Nurdiana, Ilfi
Keywords: Konsep Pemasaran
Departement: Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen
Depositing User: Moch. Nanda Indra Lexmana
Date Deposited: 09 Oct 2023 14:24
Last Modified: 09 Oct 2023 14:24
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/56723

Downloads

Downloads per month over past year

Actions (login required)

View Item View Item