Responsive Banner

Analisis faktor-faktor yang menjadi pertimbangan nasabah menabung di PT. BPRS Untung Surapati Bangil Pasuruan

Ciada, Ciada (2007) Analisis faktor-faktor yang menjadi pertimbangan nasabah menabung di PT. BPRS Untung Surapati Bangil Pasuruan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Full text)
01220031.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK

Pengambilan keputusan konsumen untuk menggunakan jasa perusahaan merupakan domain dari pelaku konsumen, dimana perilaku konsumen adalah suatu proses dan pengambilan keputusan hanya merupakan salah satu tahap. Terdapat banyak pengaruh yang mendasari konsumen untuk menggunakan jasa perusahaan. Graddy, et al (1985: 6), "Terdapat delapan faktor yang menyebabkan perubahan pada industri jasa keuangan, yang meliputi, (1). Permintaan dan preferensi konsumen yang terdiri dari pengaruh pendapatan, peningkatan kebijaksanaan, dan perubahan tingkat suku bunga (2). Pengembangan teknologi, (3). Peraturan yang berubah-ubah, (4) Munculnya lembaga-lembaga yang baru, (5). Peningkatan kompetisi, (6). Peningkatan orientasi global, (7). Peningkatan perubahan produk, (8). Perubahan faktor ekonomi yang tidak terduga. Menurut Courtland, et al (1995: 17) bauran pemasaran merupakan kombinasi dari produk, harga, distribusi dan promosi yang digunakan untuk mempengaruhi konsumen dalam melakukan pembelian serta proses, people dan bukti fisik yang menjadi karakteristik dalam penyajian di perusahaan jasa.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang menjadi pertimbangan nasabah individu memutuskan untuk menabung di lembaga keuangan syariah. Jenis penelitian ini adalah survey dengan variabel bauran pemasaran yang berupa produk, promosi, harga, tempat, bukti fisik, penyaji jasa dan proses dan teknik analisis datanya menggunakan analisis faktor.

Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa faktor bauran pemasaran menjadi pertimbangan konsumen dalam memutuskan untuk menabung di lembaga keuangan syari'ah dan secara keseluruhan faktor tersebut mampu mempengaruhi keputusan konsumen sebesar 78,9%, sisanya sebesar 21,1% dipengaruhi oleh faktor lain. Berdasarkan hal tersebut maka untuk menjaga eksistensi PT. BPRS Untung Surapati Pasuruan sebagai lembaga keuangan hendaknya pengelola tetap peka terhadap keinginan konsumen akan kebutuhan-kebutuhannya (needs and wants) dan dapat merepresentasikan system perekonomian kearah yang lebih menentramkan pada semua pihak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Alamsyah, Ahmad Fahrudin
Keywords: bauran pemasaran; keputusan konsumen
Departement: Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen
Depositing User: Nada Auliya Sarasawitri
Date Deposited: 03 Oct 2023 11:16
Last Modified: 03 Oct 2023 11:16
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/56588

Downloads

Downloads per month over past year

Actions (login required)

View Item View Item