Responsive Banner

Strategi Pengembangan Jaringan Bisnis Multi Level Marketing (MLM) Syariah Ahad Net sebagai upaya penentuan Peringkat dan Insentif: Studi kasus di Mitra Niaga Ahad Net Malang

Cholida, Nailil (2003) Strategi Pengembangan Jaringan Bisnis Multi Level Marketing (MLM) Syariah Ahad Net sebagai upaya penentuan Peringkat dan Insentif: Studi kasus di Mitra Niaga Ahad Net Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
99220877.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK

Suatu bentuk pemasaran yang berkembang di era globalisasi adalah Multi Level Marketing yaitu pemasaran ini dipandang efektif dalam pendistribusian barang, konsumen ikut merasakan keuntungan dari perusahaan apabila terdaftar sebagai member/anggota. Salah satu hal yang diutamakan dalam MLM ini adalah pengembangan jaringan bisnisnya. Adanya pengembangan jaringan bisnis yang dilakukan oleh mitra niaga/anggota dari MLM tersebut akan berdampak pada besar insentif maupun peringkat yang dicapai oleh mitra niaga/anggota tersebut. Oleh karena itu adanya suatu upaya yakni strategi jaringan bisnis sangat penting untuk dilakukan. Penelitian pada Mitra Niaga AHAD NET Malang ini bertujuan untuk melihat bagaimana strategi yang dilakukan para mitraniaga dalam pengembangan jaringan bisnisnya, sebagai upaya penentuan peringkat serta insentif yang akan mitra niaga dapatkan.

Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan jenis penelitian studi kasus yang merupakan penelitian terinci tentang seseorang (individu), atau suatu unit sosial tertentu selama kurun waktu tertentu. Teknik pengambilan data pada penelitian ini adalah dengan melakukan wawancara, observasi, serta dokumentasi. Pembahasan dalam penelitian dengan menggunakan teknik analisa data koleksi data dengan analisis data. Adanya pengumpulan data dalam penelitian ini merupakan suatu komponen analisis data. Hal ini berarti, mengumpulkan data peneliti dapat melakukan perbandingan, apakah memperkaya data bagi tujuan konseptualisasi, kategorisasi, atau teorisasi. Data yang sudah terkumpul akan direduksi , kemudian dapat dipilih ke dalam konsep tertentu atau tema tertentu, sehingga data dapat dijadikan sebagai suatu kesimpulan.

Berdasarkan analisis yang dilakukan maka dapat diketahui bahwa penggunaan strategi jaringan bisnis dalam MLM Syariah AHAD NET yang dilakukan oleh mitraniaga adalah dengan melakukan tahapan menguasai produk serta marketing plan kemudian teknik sponsoring yang peningkatan kualitasnya melalui meet, learn and multiplay kemudian melakukan pembinaan dengan membedakan bermacam jaringan, dan dengan mengadakan pertemuan dan pelatihan serta melakukan konsultasi dengan mitra utamanya.

Usaha yang dilakukan adalah dengan terus memperbaiki lagi sistem pelatihan yang dilakukan dalam suatu jaringan dan meningkatkan pertemuan antar jaringan mitra niaga khususnya di daerah Malang ini, sehingga adanya peningkatan training atau pelatihan tersebut akan meningkatkan kualitas mitraniaga dalam pengembangan jaringannya dan berdampak pada penentuan peringkat dan insentif yang didapatkan oleh mitra niaga itu sendiri. Hal tersebut akan dapat meningkatkan volume penjualan perusahaan serta meningkatkan perekonomian umat sesuai dengan visi yang dimiliki AHAD NET.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Al Idrus, Salim
Keywords: Strategi Jaringan Bisnis; Multi Level Marketing; Peringkat dan Insentif
Departement: Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen
Depositing User: Moch. Nanda Indra Lexmana
Date Deposited: 02 Oct 2023 10:30
Last Modified: 02 Oct 2023 10:30
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/56567

Downloads

Downloads per month over past year

Actions (login required)

View Item View Item