Responsive Banner

Analisis Persepsi Nasabah terhadap Pengelolaan Dana Tabungan Mudharabah di PT. Bank Perkreditan Rakyat Syari'ah Al-Mabrur Babadan Ponorogo

Fauziyah, Dian (2003) Analisis Persepsi Nasabah terhadap Pengelolaan Dana Tabungan Mudharabah di PT. Bank Perkreditan Rakyat Syari'ah Al-Mabrur Babadan Ponorogo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
99220232.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini merupakan hasil dari hasil penelitian Studi kasus pada BPR Syari’ah Al-Mabrur Babadan Ponorogo, Dengan judul "Analisis Persepsi Nasabah Terhadap Pengelolaan Dana Tabngan Mudharabah", dapat menjadi pertimbangan nasabah dalam menabumg pada Tabungan Mudharabah di PT. BPRS Al-Mabrur. Alat analisis yang digunakan adalah Uji Validitas dan Uji Reliabilitas serta Regresi Linier Berganda yang terdiri dari Uji t dan Uji F.

Hasil dari analisis ini menunjukkan adanya pengaruh secara serentak antara mutu pelayanan, keuntungan, fleksibilitas, fasilitas, jaminan, hadiah, dan keberadaan Tabungan Mudharabah terhadap kepuasan nasabah Tabungan Mudharabah BPRS Al-Mabrur Ponorogo, akan tetapi secara parsial hanya Variabel Keuntungan dan Fleksibilitas yang berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan nasabah Tabungan Mudharabah BPRS Al-Mabrur Ponorogo. Sedangkan sisanya mutu pelayanan, fasilitas, jaminan, hadiah dan keberadaan Tabungan Mudharabah tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan nasabah Tabungan Mudharabah BPRS Al-Mabrur Ponorogo.

Adapun persepsi nasabah dinyatakan bahwa Tabungan Mudharabah sangat fleksibel, menguntungkan, pelayanannya memuaskan, keamanannya cukup terjamin, fasilitas kurang memadai, hadiah kurang, dan keberadaan kurang terkenal. Dan yang paling dominan mempengaruhi kepuasan nasabah Tabungan Mudharabah BPRS Al-Mabrur Ponorogo adalah Fleksibilitas yang ditunjukkan dengan thiiung 2,318 paling besar dibanding dengan yang lain.

Berdasarkan kesimpulan diatas peneliti dapat mengaplikasikan bahwa perusahaan dapat meningkatkan fasilitas yang diberikan kepada nasabah khususnya nasabah Tabungan Mudharabah untuk meningkatkan loyalitas maupun menarik nasabah agar menyimpang dananya pada Tabungan Mudharabah BPRS Al-Mabrur Ponorogo.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Muhammad, Suaib H.
Keywords: Persepsi Nasabah; Pengelolaan Dana Tabungan Mudharabah; PT. Bank Perkreditan Rakyat Syari'ah Al-Mabrur Babadan Ponorogo
Departement: Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen
Depositing User: Moch. Nanda Indra Lexmana
Date Deposited: 29 Sep 2023 09:47
Last Modified: 29 Sep 2023 09:47
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/56498

Downloads

Downloads per month over past year

Actions (login required)

View Item View Item