Responsive Banner

Strategi Penetapan Harga untuk mempertahankan Pangsa Pasar di Perusahaan Rokok Suketteki Malang

Nurhaya, Nurhaya (2003) Strategi Penetapan Harga untuk mempertahankan Pangsa Pasar di Perusahaan Rokok Suketteki Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
98220512.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK

Penetapan harga perlu dilakukan oleh perusahaan karena harga berperan sebagai penentu pilihan pembeli, harga merupakan salah satu unsur terpenting yang menentukan pangsa pasar dan profitabilitas perusahaan. Kebijakan penetapan harga yang ditetapkan oleh perusahaan harus dapat memenuhi permintaan pasar dengan baik.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan strategi penetapan harga yang dilakukan oleh perusahaan “Suket Teki” Malang, untuk mengetahui strategi mana yang tepat dalam rangka mempertahankan pangsa pasar, dan untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi oleh perusahaan “Suket Teki" Malang dalam menetapkan harga produknya.

Dalam pembahasan skripsi ini peneliti memakai alat analisis SWOT yang berguna untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang terdapat di lingkungan perusahaan tersebut.

Setelah melalui proses wawancara dengan pihak perusahaan di peroleh hasil bahwa strategi yang digunakan oleh perusahaan dalam penetapan harga adalah penetration pricing hal ini dikarenakan strategi tersebut dapat mempertahankan pangsa pasar dan ini terbukti dengan adanya realisasi penjualan yang di atas target. Di dalam menetapkan harga perusahaan pun tidak terlepas dari kendala-kendala yang ada yaitu gejolak ekonomi atau krisis, stabilitas pemerintah Indonesia, dan kebijakan pemerintah khususnya untuk produk rokok.

Dalam mempertahankan pangsa pasar perusahaan harus bisa mengantisipasi kendala-kendala yang ada dengan cara menganalisis lingkunagan eksternal dan internal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Muhammad, Suaib H.
Keywords: Strategi Penetapan Harga; Pangsa Pasar; Perusahaan Rokok Suketteki Malang
Departement: Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen
Depositing User: Moch. Nanda Indra Lexmana
Date Deposited: 27 Sep 2023 09:15
Last Modified: 27 Sep 2023 09:15
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/56434

Downloads

Downloads per month over past year

Actions (login required)

View Item View Item