Responsive Banner

Pelaksanaan strategi pemasaran pada Perusahaan Gloria Industri Plastik di Malang

Nafisah, Lutfin (2006) Pelaksanaan strategi pemasaran pada Perusahaan Gloria Industri Plastik di Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
01220056.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK

Strategi pemasaran merupakan sarana untuk mengkomunikasikan tujuan perusahaan dengan arah yang hendak ditempuh untuk mencapai tujuan tersebut kepada para stakohelder atau pihak-pihak yang mempunyai kepentingan terhadap perusahaan. Maka jelas bahwa strategi pemasaran merupakan poin yang sangat penting untuk diterapkan oleh perusahaan jasa maupun non jasa agar tetap dapat bersaing.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan memahami dari pelaksanaan strategi pemasaran pada Gloria Industri Plastik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus pada obyek penelitian yang menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedang teknik analisa data menggunakan teknik analisa SWOT (strength, weakness, opportunity, threat) yang dipadukan dengan IE Matrik untuk mengetahui posisi perusahaan dengan memberikan pembobotan lebih dahulu pada hasil penelitian.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui analisa EFAS (eksternal factor attractive score) diperoleh hasil total skor 2,7 dan melalui analisa IFAS (internal factor attractive score) diperoleh skor total 2,85. sehingga nilai tersebut dimasukkan pada table IE Matrik menunjukkan posisi perusahaan pada tingkat pertumbuhan melalui integrasi horizontal. Artinya pada posisi perusahaan dapat melaksanakan perluasan pasar, perbaikan fasilitas dan kualitas pelayanan dan juga merger dengan perusahaan lain dalam industri yang sama. Dari hasil analisa SWOT diperoleh beberapa alternatif strategi yaitu; a) strategi perluasan pasar, b) strategi peningkatan promosi, c) strategi peningkatan daya saing, d) strategi kebijakan harga bersaing dengan kompetitor yang disesuaikan dengan kondisi pasar, e) peningkatan mutu dan kualitas mutu pelayanan, f) strategi peningkatan program reseach and development.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Asnawi, Nur
Keywords: Srategi pemasaran; analisis SWOT; analisis EFAS
Departement: Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen
Depositing User: Adi Sucipto
Date Deposited: 26 Sep 2023 09:11
Last Modified: 26 Sep 2023 09:11
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/56416

Downloads

Downloads per month over past year

Actions (login required)

View Item View Item