Yusuf, Muchamad Choirul (2003) Pengaruh Status Sosial dan Status Ekonomi Keluarga terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas II SMU Diponegoro Tumpang-Kab. Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
99160681.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (11MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Status sosial dan status ekonomi adalah faktor yang tidak dapat dipisahkan satu sama lain dan merupakan salah satu faktor yang diduga mempengaruhi pretasi belajar siswa. Status sosial keluarga terbentuk oleh (1) tingkat pendidikan baik formal maupun non formal, (2) macam pekerjaan yang tediri dari pegawai negeri dan pegawai swasta dan (3) jabatan yang dimiliki orang tua siswa.
Status ekonomi keluarga terbentuk oleh : (1) kekayaan yang dimiliki orang tua siswa baik yang bergerak maupun yang tidak bergerak, (2) penghasilan yang dimiliki oleh orang tua siswa baik dari pegawai negeri maupun dari pegawai swasta dan (3) tanggungan keluarga apakah termasuk keluarga inti saja maupun keluarga besar (tambahan dari keluarga inti).
Rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu : (1) adakah pengaruh status sosial terhadap prestasi belajaar, (2) adakah pengaruh status ekonomi terhadap prstasi belajar dan (3) adakah pengaruh status sosial dan ststus ekonomi keluarga terhadap prestasi belajar.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas II SMU Diponegoro tahun ajaean 2002/2003. Tehnik pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive sample yaitu tehnik pengambilan sampel dengan tujuan tertentu yang dilakukan secara acak dengan mempertimbangkan proporsi dari tiap sub populasi, jumlah sampel yang diambil 25% dari 5 kelas yang ada. Setiap kelas rata-rata 9- 12 orang siswa sehingga berjumlah 54 orang siswa. Instrumen yang digunakan berupa angket dan rapor merupakan studi dokumentsinya. Tehnik pengolahan data yang digunakan adalah tehnik korelasi product moment dan analisis regresi ganda.
Atas dasar pengujian hipotesis diperoleh hasil: (1) variabel status sosial berpengaruh secara signifikan berbanding negatif terhadap prestasi belajar dengan nilai korelasi sebesar 0.026, (2) status ekonomi tidak berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar dengan nilai korelasi sebesar 0.727, (3) variabel status sosial dan status ekonomi berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar dengan nilai korelasi sebesar 0.036.
Dalam penelitian ini berarti bahwa status sosial dan status ekonomi merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi prestai belajar siswa. Biarpun status sosial dan status ekonomi dengan nilai koreasi yang kecil yang dapat mempemgaruhi prestasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Rahayu, Wening Patmi |
Keywords: | Status Sosial; Status Ekonomi; Prestasi Belajar |
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana |
Date Deposited: | 21 Aug 2023 14:34 |
Last Modified: | 21 Aug 2023 14:34 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/55953 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |