Laila, Izzatul (2001) Pendidikan anak dalam keluarga Muslim problematika dan langkah-langkah penanggulangannya: Studi kasus di Jamaah Az-Zahra' Desa Majangtengah Kecamatan Dampit Kabupaten Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
97110044.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (21MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Pendidikan anak dalam keluarga merupakan pendidikan pertama yang sangat penting bagi perkembangan anak selanjutnya. Baik dan buruk kepribadian anak tergantung pada pendidikan serta lingkungan yang mempengaruhinya. Peranan orang tua sebagai guru dan pendidik anak sangat menentukan kepribadian anak tersebut, sehingga orang tua dituntut untuk mampu menjalankan kewajibannya yaitu melaksanakan pendidikan anak dalam keluarga.
Adapun permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah apa yang dimaksud dengan pendidikan anak dalam keluarga, bagaimana bentuk pendidikan anak dalam keluarga muslim di jamaah Az-Zahra', problematika apa saja yang dihadapi oleh keluarga jamah Az-Zahra, faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi problematika dalam pendidikan anak, serta bagaimana langkah- langkah upaya untuk menghadapinya.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjawab permasalahan diatas, selanjutnya diharapkan dapat berguna sebagai sumbangan pemikiran dan bahan bagi keluarga dalam rangka memberikan pendidikan bagi anak.
Penelitian ini memakai pendekatan teoritis dan empiris. Pendekatan teoritis dipakai untuk studi kepustakan yang berhubungan dengan pendidikan anak dalam keluarga muslim, sedangkan pendekatan empiris digunakan untuk mengadakan penelitian lapangan, yang mengambil obyek jamaah az-Zahra' di Desa Majangtengah Kecamatan Dampit Kabupaten Malang.
Penelitian ini menggunakan sampel 20 orang (Ibu-Ibu) dari jumlah populasi anggota pengajian sebanyak 192 orang. Sedangkan pengumpulan data menggunakan metode Observasi, interview, dan dokumenter. Teknik analisa data yang bersifat kualitatif dianalisa menggunakan metode induktif, deduktif dan komparatif. Penelitian ini juga bersifat deskriptif yaitu melukiskan apa adanya obyek yang ada dalam obyek penelitian.
Problematika yang dihadapi oleh ibu-ibu jamaah Az-Zahra dalam mendidik anaknya disektor keluarga adalah minimnya biaya pendidikan dan kurangnya kesadaran orang tua dalam mendidik anaknya. Adapun problematika di sektor lingkungan dan pergaulan adalah adanya lingkungan yang kurang baik dan pergaulan yang tidak terkontrol. Sedangkan problematika di sektor media massa adalah adanya informasi baik dari media elektronik maupun media cetak yang tidak tersaring.
Adapun langkah-langkah yang dilakukan dalam mengatasi problematika pendidikan ditiga sektor tersebut adalah sebagai berikut : Pertama sektor keluarga, yaitu dengan mengusahakan pendidikan bagi anak yang telah drop out dengan pendidikan non formal yang lebih murah dan tidak menyuruh anak bekerja, selain itu bagi orang tua yang tidak mampu membiayai anaknya mengusahakan biaya pendidikan melalui bantuan orang tua asuh، Kedua di sektor lingkungan orang tua menjauhkan anak dari lingkungan yang tidak baik dan memberikan perhatian yang khusus kepada anaknya hingga tidak terjerumus ke dalam pergaulan yang tidak terkontrol. Ketiga di sektor Media Massa orang tua membatasi dan mengontrol anaknya dalam menonton acara TV, membelikan buku bacaan yang bermanfaat dan menunjang prestasi belajar di sekolah.
Dari hasil penelitian ini, telah ditemukan beberapa problematika pendidikan anak dalam keluarga muslim di jamaah Az-Zahra beserta langkah- langkah penanggulangannya yang dapat diambil manfaatnya untuk mengatasi problematika serupa yang dijumpai oleh ibu-ibu di daerah lain.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Arifin, Zainul |
Keywords: | Muslim; Jammah Az- Zahra |
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Koko Prasetyo |
Date Deposited: | 15 Aug 2023 10:04 |
Last Modified: | 15 Aug 2023 10:04 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/55713 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |