Thohir, Ulfa Anniswati (2015) Implementasi pembelajaran tematik berbasis kurikulum 2013 di kelas IV-A Sekolah Dasar Negeri Kendalrejo 02 Blitar. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
11140076.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (57MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Kurikulum 2013 mulai dilaksanakan pada tahun ajaran 2013/2014 dan dilaksanakan secara bertahap dan terbatas. Salah satu sekolah yang sudah menerapkan Kurikulum 2013 adalah SDN Kendalrejo 02. Sesuai dengan Kurikulum 2013 tersebut, pembelajarannya menggunakan pembelajaran tematik integratif. Sehingga peneliti melakukan penelitian terkait dengan hal tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) perencanaan pembelajaran tematik berbasis Kurikulum 2013 di kelas IV-A SDN Kendalrejo 02 Blitar, (2) pelaksanaan pembelajaran tematik berbasis Kurikulum 2013 di kelas IV-A SDN Kendalrejo 02 Blitar, (3) permasalahan dalam pembelajaran tematik berbasis Kurikulum 2013 di kelas IV-A SDN Kendalrejo 02 Blitar, serta (4) solusi yang digunakan untuk mengatasi permasalahan dalam pembelajaran tematik berbasis Kurikulum 2013 di kelas IV-A SDN Kendalrejo 02 Blitar. Untuk mencapai tujuan di atas, digunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Instrument kunci adalah peneliti sendiri, dan teknik yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara mereduksi data yang tidak relevan, memaparkan data dan menarik kesimpulan. Adapun penelitian ini dilaksanakan di kelas IV-A SDN Kendalrejo 02, Blitar.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) guru membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dalam setiap pembelajarannya. Pembuatan RPP ini berpedoman pada silabus yang telah disediakan pemerintah dan buku pegangan guru; (2) pelaksanaan pembelajaran tematik di kelas IV-A ini menggunakan pendekatan saintifik yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi dan mengkomunikasikan. Namun, biasanya tidak semua aktifitas dalam kegiatan saintifik tersebut dapat dilakukan dalam satu pembelajaran karena menyesuaikan dengan tujuan pembelajaran dan adanya keterbatasan waktu; (3) permasalahan dalam pembelajaran tematik Kurikulum 2013 ini antara lain (a) guru kurang menguasai tentang penerapan pendekatan saintifik, (b) sebagian siswa masih pasif dalam pembelajaran dan kurang memperhatikan penjelasan guru, (c) materi dalam buku siswa kurang luas, (d) penilaiannya terlalu rumit karena ada banyak aspek yang harus dinilai; (4) solusi yang digunakan untuk mengatasi permasalahan dalam pembelajaran tematik berdasarkan Kurikulum 2013 adalah (a) mengikuti pelatihan atau sosialisai tentang Kurikulum 2013; (b) mendiskusikan permasalahan terkait dengan penilaian autentik dalam forum KKG; (c) memberikan motivasi dan stimulus pada siswa agar lebih aktif dalam pembelajaran; (d) menggunakan sumber belajar lain yang relevan dengan materi yang sedang dipelajari.
ABSTRACT
Curriculum 2013 started at 2013/2014 academic year and implemented by stages and limited. One of schools that have implemented Curriculum 2013 is SDN Kendalrejo 02. Based on the curriculum 2013, the study use integrative thematic learning. So the researchers conduct research related to it. The purpose of this research to determine: (1) the plan of thematic learning based on curriculum 2013 in fourth-A grade SDN Kendalrejo 02 Blitar, (2) the implementation of thematic learning based on curriculum 2013 in fourth-A grade SDN Kendalrejo 02 Blitar, (3) problems of thematic learning based on curriculum 2013 in fourth-A grade SDN Kendalrejo 02 Blitar, and (4) solutions to overcome the problems in thematic learning based on curriculum 2013 in fourth-A grade SDN Kendalrejo 02 Blitar. To gained an end, the research used a qualitative approach with case study. Key instrument is the researchers themselves, and the technique was interview, observation and documentation. Data were analyzed by reducing irrelevant data, presented data and take the conclusions. The research was held in fourth-A grade State Primary School Kendalrejo SDN 02, Blitar.
The results showed that, (1) teachers created lesson plan for each learning. Making the lesson plan based on the syllabus that has been provided by the government and the teacher’s handbook; (2) implementation of thematic learning in fourth-A grade uses a scientific approach that includes activities to observe, ask, gather information, associate and communicate. However, usually not all of the activity in the scientific activities can be done in one study because it adapts with aim of study and the time is limited; (3) problems in thematic learning curriculum in 2013, among others, (a) teachers' lack of control of the application of the scientific approach, (b) the majority of students still passive in learning and less attention to the teacher's explanation, (c) the material in the book students are less extensive, (d ) assessment is too complicated because there are many aspects to be assessed; (4) solutions used to overcome the problems in the thematic learning based Curriculum 2013 is (a) training or socialization of Curriculum 2013; (B) discuss issues related with authentic assessment in KKG forum; (C) provide motivation and stimulus to the students to be more active in learning; (D) to use other learning resources that are relevant to the material being studied.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Gafur, Abdul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Kurikulum 2013; Pembelajaran Tematik; Curriculum 2013; Thematic Learning | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Heni Kurnia Ningsih | ||||||
Date Deposited: | 03 Jan 2017 16:14 | ||||||
Last Modified: | 08 May 2023 09:18 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5565 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |