Nuriffah, Alfi (2015) Pengembangan bahan ajar berbasis sains teknologi masyarakat Islami subtema 3 ayo cintai lingkungan untuk meningkatkan kepedulian siswa pada lingkungan kelas IV MI Ma’arif Kedung Boto Porong-Sidoarjo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
11140072.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Pengembangan bahan ajar Berbasis Sains teknologi Masyarakat Islami merupakan salah satu sarana guna membantu meningkatkan kepedulian siswa pada lingkungan. Melalui bahan ajar, diharapkan siswa dapat termotivasi dalam pembelajaran dan meningkatkan kepedulian pada lingkungan. Untuk mewujudkan pembelajaran tematik, maka dibutuhkan pengembangan bahan ajar berbasis Sains Teknologi Masyarakat Islami (STMI) yang dapat meningkatkan kepedulian siswa pada lingkungan kelas IV khususnya pada subtema 3 Ayo Cintai Lingkungan. Pembelajaran dengan menggunakan buku ajar STMI ini dirasa dapat membantu guru dan siswa dalam proses pembelajaran yang lebih kreatif, efektif dan bermakna, yang mana merupakan konsep belajar yang membantu guru dalam mengaitkan antara Sains-Teknologi-Masyarakat dengan kajian keIslaman berupa dalil Al-qur-an dan Al-Hadits yang disesuaikan dengan materi yang diajarkannya pada situasi yang sedang terjadi di masyarakat yang dekat dengan kehidupan siswa. Penelitian ini dilaksanakan di MI Ma’arif Kedung Boto dengan objek penelitian yaitu siswa kelas IV yang berjumlah 31 siswa. Adapun tujuan dilakukannya penelitian pengembangan ini adalah mendeskripsikan: 1) design pengembangan bahan ajar berbasis Sains Teknologi Masyarakat Islami, 2) Kelayakan bahan ajar berbasis Sains Teknologi Masyarakat Islami, 3) Perbedaan peningkatan kepedulian siswa pada lingkungan sebelum dan sesudah menggunakan bahan ajar berbasis Sains Teknologi Masyarakat Islami.
Bentuk penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah deskriptif dengan analisis data secara kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah Reserch and Development, yang mengacu pada model Borg dan Gall. Hasil dari penelitian pengembangan bahan ajar berbasis Sains Teknologi Masyarakat Islami Subtema 3 Ayo Cintai Lingkungan memenuhi kriteria valid dengan hasil uji ahli isi mencapai tingkat kevalidan 77,5%, ahli media mencapai 80%, ahli mata pelajaran mencapai 92,5%, dan hasil uji coba lapangan mencapai 89%, hasil kepedulian siswa rata-rata nilai pre-test 20,6 dan nilai post-test 40,7, sehingga mengalami peningkatan 20,1. Pada uji-t manual dengan tingkat kemaknaan 0,05 diperoleh hasil t hitung ≥ t tabel yaitu 5,538 ≥ 2,042 artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada kepedulian siswa pada lingkungan kelas IV MI Ma’arif Kedung Boto Porong-Sidoarjo sebelum dan sesudah menggunakan bahan ajar berbasis Sains Teknologi Masyarakat Islami. Hal ini menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan memiliki kualifikasi tingkat kevalidan yang tinggi, sehingga bahan ajar layak digunakan dalam pembelajaran.
ABSTRACT
Teaching material development based on science technology Islamic society is one of the tool to help improving students’ awareness to the environment. Through teaching materials, the students are expected to be motivated in learning and improving the awareness on the environment. To realize thematic learning, it needs teaching material development based on science technology Islamic society (STMI) which can increase students’ awareness in IV grade environment, particularly in the subtheme 3 Let’s love the Environment. The used textbook in learning process of STMI is considered can help the teachers and the students in more creative, effective, and meaningful learning process. Moreover, it is a learning concept that helps the teachers in linking the material between science, technology, and society for the study of Islamic form of the Al-qur’an and hadith proposition, which is adapted to the material taught in the situation which is happening in the society that is close to students’ real life. This present study is conducted in Ma’arif Islamic Elementary school of Kedung Boto. Furthermore, the object of this research is fourth grade student amount 31 students. The objectives of this development research are to describe: 1) The design of teaching material development based on science technology Islamic society, 2) The feasibility of teaching materials based on science technology Islamic Society, 3) The differences of student’s increase awareness on the environment before and after the use of teaching materials based on science technology Islamic Society.
The form of this research is descriptive with qualitative and quantitative data analysis. Type of this research is Research and Development which refers to the Borg and Gall model. Therefore, the result of this study of teaching material development based on science technology Islamic society of subtheme 3 Let’s Love the Environment is completed valid criteria, with the results of a content expert test in the level of validity is 77.5%, the test result of media expert is 80%, the result of subjects of study expert test is 92,5%, then, the result test of field trials is 89%, and the result of student awareness in the average is 20,6 of pre-test and the score of post-test is 40,7, so that increased 20,1. In the t-test manually with a significance level of 0.05 obtained results t ≥ t table is 5.538 ≥ 2.042 it means that Ho is rejected and Ha is accepted. Thus, it could be concluded that there is significant differences awareness on the environment students of IV grade in Ma’arif Islamic Elemntary School of Kedung Boto Porong-Sidoarjo before and after the use of teaching materials based on science technology Islamic Society. This indicates that the product developed has high-level qualification of validity. Therefore, this teaching material is proper used in learning-teaching process.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Gafur, Abdul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | pengembangan; bahan ajar; Sains Teknologi Masyarakat Islami; Subtema 3 Ayo Cintai lingkungan; Kepedulian Siswa Pada Lingkungan; development; teaching materials; Science Technology Islamic Society; Subtheme 3 Let’s Love the Environment; Students’ Awareness on the Environment | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Heni Kurnia Ningsih | ||||||
Date Deposited: | 03 Jan 2017 16:15 | ||||||
Last Modified: | 08 May 2023 14:54 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5536 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |