Sari, Vera Kumala (2015) Pengembangan bahan ajar berbasis cerita bergambar untuk meningkatkan pemahaman konsep pada subtema 2 lingkungan sekitar rumahku kelas I SDN Genukwatu IV Ngoro Jombang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
11140069.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (13MB) |
Abstract
INDONESIA:
Pengembangan bahan ajar tematik berbasis cerita bergambar merupakan salah satu sarana guna membantu memahamkan siswa dalam pembelajaran. Fakta yang ada di lapangan menunjukkan proses pembelajaran belum berjalan sebagaimana yang dikehendaki, hal ini disebabkan karena guru dan siswa hanya berpegang pada buku paket BSE yang diberikan guru tanpa disertai dengan media yang mendukung saat proses belajar mengajar berlangsung, sehingga anak merasa bosan, tidak senang, mengantuk dan malas karena tidak ada media yang menarik untuk menunjang pembelajaran tematik yang didalamnya terdapat beberapa mata pelajaran. Menurut Piaget anak usia sekolah dasar berada pada tahap operasional konkret. Hal ini menunjukkan bahwa anak sangat menyukai benda-benda yang nyata. Di samping itu, anak juga memiliki daya fantasi yang sangat tinggi. Berdasarkan asumsi tersebut, agar lebih menarik dan menumbuhkan motivasi anak terhadap sesuatu hal, diperlukan media yang dapat menyalurkan imajinasi yang kreatif pada anak yaitu media komik, karena komik dapat menarik siswa untuk belajar yang didalamnya terdapat gambar-gambar menarik. Tujuan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan produk berupa bahan ajar berbasis cerita bergambar yang menyenangkan sehingga memudahkan siswa untuk memperdalam pemahaman lingkungan sekitar rumahku. Bentuk penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah deskriptif dengan analisis data secara kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah Reserch and Development, yang mengacu pada model Dick and Carrey.
Hasil penelitian pengembangan bahan ajar tematik berbasis cerita bergambar memenuhi kriteria menarik dengan hasil uji ahli isi mencapai tingkat kelayakan 88%, ahli media mencapai 84,4%, praktisi pembelajaran mencapai 97,5%, dan hasil uji coba lapangan mencapai 98%, hasil belajar siswa rata-rata nilai post-test kelas kontrol 67,66 dan nilai post-test kelas eksperimen 82,33. Pada uji-t manual dengan tingkat kemaknaan 0,05 diperoleh hasil t hitung t tabel yaitu 5,095 2,048 artinya Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa yang menggunakan bahan ajar tematik berbasis cerita bergambar dengan yang tidak menggunakan bahan ajar tematik berbasis cerita bergambar. Hal ini menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan memiliki kualifikasi tingkat kelayakan menarik karena konsep-konsep nya sesuai dengan karakteristik anak, sehingga bahan ajar layak digunakan dalam pembelajaran.
ENGLISH:
The development of learning materials-based thematic picture story is one of the means to help the hang of students in learning. Facts on the ground indicate the learning process has not run as desired, this is because the teachers and students only hold on to book package BSE given teachers without accompanied by a media that support the teaching and learning process to take place, so that the children are bored, not happy, sleepy and lazy because there is no media that appeal to support the thematic learning that inside there are some subjects. According to Piaget primary school-aged children are on concrete operational stage. This shows that children really like things that are real. In addition, the child also has a very high power fantasy. Based on that assumption, to make it more attractive and foster motivation children against something, the media needed to transmit a creative imagination in children namely media comics, because comics can attract students to learn that inside there are interesting pictures. The purpose of this development is to produce learning materials in the form of a picture story-based fun making it easier for students to deepen understanding of the environment around my house. Form of research used by researchers is a descriptive analysis of qualitative and quantitative data. This type of research is a Reserch and Development, referring to the model of the Dick and Carrey.
The research development of thematic materials based a picture story meets the criteria with test results of expert content reaches the level of appropriateness of 88%, reaching 84,4% media experts, practitioners of learning achieved 97.5%, and the results of field trials reach 98% of student learning outcomes, the average value of the post-test control class 67,66 and the value of experimental class-test post 82,33. On test-t manual with a level of significance of 0.05 obtained results t calculate > t table i.e. 5,095 > 2,048 meaning Ho denied and Ha, so that there is a significant difference towards learning outcomes students use learning materials-based thematic picture story with materials that do not use thematic based picture story. This shows that the product being developed have a qualifying level of worthiness is interesting because his concepts in accordance with the characteristics of the child, so that the learning materials worthy of use in learning.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Wibowo, Agus Mukti | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | pengembangan; bahan ajar; berbasis cerita bergambar; lingkungan sekitar rumahku; kelas I SD/MI; development; learning materials; picture story-based; environment around my house; class I SD/MI | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Heni Kurnia Ningsih | ||||||
Date Deposited: | 03 Jan 2017 16:10 | ||||||
Last Modified: | 03 Jan 2017 16:10 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5533 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |