Istiqomah, Hikmatul (2015) Peningkatan kemampuan hafalan Surat Al-’Adiyat melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada siswa kelas IV mata pelajaran Al-Quran Hadits di Madrasah Ibtidaiyah Imami Kepanjen Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
11140068.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Peneliti mengambil tema menghafal ayat karena menurut peneliti, sesuatu yang paling berhak dihafal adalah Al Qur’an, karena Al Qur’an adalah Firman Allah, pedoman hidup umat Islam, sumber dari segala sumber hukum, dan bacaan yang paling sering diulang-ulang oleh manusia. Oleh karenanya, seorang penuntut ilmu hendaknya meletakan hafalan Al Qur’an sebagai prioritas utamanya. Rendahnya kualitas program pembelajaran di Madrasah, seringkali disebabkan oleh sistem pembelajaran yang dilakukan di Madrasah tersebut. Kebanyakan siswa dalam mengikuti proses belajar mengajar hanya datang, mengikuti ceramah guru, melihat guru menulis di papan tulis, lalu mengingat segala informasi yang di berikan oleh guru. Untuk menanggulangi hal itu telah banyak model pembelajaran aktif yang ditawarkan. Model pembelajaran aktif nampaknya merupakan jawaban atas permasalahan tentang rendahnya mutu atau kualitas pembelajaran di Indonesia pada umumnya, salah satunya adalah penerapan model kooperatif tipe numbered heads together. Dengan menerapkan model ini, diharapkan mutu atau kualitas pembelajaran meningkat, sebab pada model ini keaktifan peserta didik lebih diutamakan.
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengungkapkan bahwa model kooperatif tipe numbered heads together dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menghafal surat a’adiyat, (2) Mendeskripsikan proses menghafal surat al’adiyat melalui model kooperatif tipe numbered heads together pada mata pelajaran Al Quran Hadits pada siswa kelas IV di MI Imami Kepanjen Malang. Penelitian yang penulis lakukan ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Urutan kegiatan penelitian mencakup: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan dan (4) refleksi. Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi, pengukuran tes hasil belajar. Sedangkan untuk analisisnya, penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Untuk uji keabsahan data penulis menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: model kooperatif tipe numbered heads together dapat meningkatkan kemampuan hafalan surat al’adiyat pada siswa kelas IV mata pelajaran Al Quran Hadits semester ganjil tahun akademik 2014/2015 di MI Imami Kepanjen Malang. Dari 27 orang siswa yang dinyatakan tuntas/ dapat menghafal surat al’adiyat pada saat pre test rata-rata nilainya mencapai 68,15 %. Sedang pada siklus I rata-rata nilainya mencapai 74,07 %. Dan pada siklus ke II rata-rata nilai siswa sudah melebihi KKM yaitu 80%. Ini berarti bahwa penerapan model kooperatif tipe Numbered Heads Together telah berhasil. Kalaupun masih ada alternatif lain yang mungkin lebih baik dari apa yang telah disampaikan atau ditulis dalam skripsi ini, maka hal itu dapat dijadikan sebagai masukan atau tambahan agar skripsi ini terus berkembang dan tidak berhenti sampai disini.
ENGLISH:
The researcher took memorizing Koran as a discourse, just because the first thing first that should be memorized is Koran, as no doubt Koran is Allah’s Decree, the guide of all Moslem, the source of law, and a holy book that the most frequently read by Moslem. Hence, as a learner we should take Koran as the prominet of priority. The lowgrade of quality of learning program in Madrasah often caused by learning system of Madrasah. In dealing with following learning process, the most students just come, listening lecturing of teacher, look at the white board, afterwards memorizing all of the information that has been delivered by teacher. In dealing with the challenge, Active Learning Process Model becomes an offer. Active learning model apparently becomes the problem answer of lowgrade quality in Indonesia, one of solution is applying cooperative model of numbered heads together application. By applying this model, the expectably quality of learning proces is increasing, therefore in this model the activeness of learner becomes priority.
The purposes of this research are (1) to discover that cooperative model of numbered heads together obtains increase student’s learning especially in memorizing Koran, (2) to describe memorizing process by cooperative model of numbered heads together in Al Qur’an Hadits Class towards Forth Grade Students MI Imami Kepanjen Malang. This research used Qualitative Approach with Classroom Action Research Method. The sequence of conducting research are: (1) planning, (2) conducting research, (3) observation, (4) reflection. In collecting the data, the researcher used Descriptive Qualitatie Analysis. Triangulation Technique also used to validate the data. The results of data show that (1) cooperative model of numbered heads together increases students’ learning especially in Al-Qur’an Hadits Class on memorizing Qur’an Surah Al- ‘Adiyat towards the forth grade first semester students academic year 2014/2015 in MI Imami Kepanjen Malang. Among 27 students, some students can memorize well in a pre test with the average score 68,15%. Whereas in First Cycle the average score is 74,07%. In the Second Cycle the average score is 80% (beyond KKM standard). It means that the application of cooperative model numbered heads together was succeed. Further more, if there is another better alternative method than the the method that was conduct by the researcher, therefore the better alternative method becomes an advice to develop this research.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Yaqien, Nurul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Peningkatan Kemampuan Hafalan Surat Al’adiyat; Model Kooperatif Tipe Numbered Heads Together( NHT); Enhancing Competence of Memorizing Surat Al-’Adiyat; Cooperative Model Of Numbered Heads Together (NHT | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Heni Kurnia Ningsih | ||||||
Date Deposited: | 03 Jan 2017 16:10 | ||||||
Last Modified: | 03 Jan 2017 16:10 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5531 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |