Megawati, Tyas Shaffa (2016) Strategi guru dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan agama Islam pada anak usia dini di TK Plus Al-Kautsar Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
12110038.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) |
Abstract
INDONESIA:
Dalam kehidupan sosial kemanusian Pendidikan Agama Islam bukan hanya sekedar proses transformasi ilmu, akan tetapi Pendidikan Agama Islam juga bertujuan membentuk dan menanamkan generasi yang berkarakter dan berakhlak mulia. Pendidikan Agama Islam harus sudah ditanamkan mulai sejak sedini mungkin. Karena anak usia dini merupakan usia keemasan atau Golden age, dimana anak lebih suka menniru. Pendidikan Islam sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, bukan hanya pendidikan umum saja. Untuk menanamkan nilai-nilai Pendidikan Agama Islam diharapkan pendidik harus memiliki strategi yang tepat agar dalam kegiatan proses belajar mengajar dapat mencapai tujuan yang diharapkan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mendeskripsikan tentang tentang strategi guru dalam menanamkan nilai-nilai Pendidikan Agama Islam pada anak usia dini, (2) mengetahui dampak dari penerapan penanaman nilai-nilai Pendidikan Agama Islam pada anak usia dini.
Untuk mencapai tujuan di atas, digunakan pendekatan penelitian kualitatif fenomenologis dan berbentuk deskiptif. Penelitian deskriptif adalah penelitian yang menggambarkan isi data yang ada. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode interview, metode observasi, dan metode dokumentasi. Teknik analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode yang lazim digunakan dalam penelitian eksploratif yaitu metode deskriptif. Interpretasi ini untuk menginterpretasikan data-data yang bersifat kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) strategi guru dalam menanamkan nilai Pendidikan Agama Islam yakni menggunakan metode pembiasaan, metode keteladanan, metode cerita, metode bermain, metode bernyanyi, metode tanya jawab, metode ceramah. (2) Dampak perubahan perilaku pada anak usia dini yakni anak lebih terbuka, mencontoh, menceritakan. Sedangkan dampak hubungan orang tua dengan anak yakni orang tua lebih terbuka, perhatian, mengontrol perilaku anak, dan antusias.
ENGLISH:
In humanity social life of Islamic education is not just a process of transformation of science, but Islamic Education also aims to create and instill character generation and good character. Islamic Education should be already invested started as early as possible. Because of the childhood is a golden age, where children prefer to imitate. Islamic education is very important in everyday life. To instill the values expected of Islamic Education teachers should have the right strategy for the teaching and learning process so it can achieve the desired objectives.
The purpose of this study was to: (1) describe the strategy of teachers in establishing the values of Islamic education of Kindergarten, (2) determine the impact of the application of value investment of Islamic education of Kindergarten.
To achieve the objectives above, it used qualitative research approach of phenomenology and descriptive. Descriptive research was research that described the contents of the data. The data collection technique used the method of interview, observation and documentation methods. Analysis technique used in this research was the method commonly used in exploratory research, namely the descriptive method. This interpretation was to interpret the qualitative data.
The results showed that: (1) the strategy of teachers in establishing the values of Islamic education which using methods of habituation, the pattern method, playing method, singing method, methods of story, answer quesion method, and speech method (2) Impact of changes in behavior of childhood that children were more opened, copied, told. While the impact of the relationship between parents and child that the parents are more opened, attention, behavioral control, and enthusiastic.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Marno, Marno | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Strategi; Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam; Anak Usia Dini; Strategy; Values of Islamic Education; Early Childhood | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Imam Rohmanu | ||||||
Date Deposited: | 03 Jan 2017 16:12 | ||||||
Last Modified: | 03 Jan 2017 16:12 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5515 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |