Rizqiyah, Saniatur (2023) Pengaruh konformitas teman sebaya terhadap perilaku impulsive buying melalui e-commerce pada mahasiswi Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang Angkatan 2020-2022. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
19410127.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
INDONESIA:
Konformitas teman sebaya merupakan suatu lingkungan remaja yang memiliki usia yang sama, konformitas bisa dikatakan sebagai penyesuaian sikap dan perilaku terhadap norma dan tuntutan kelompok, maka dari itu konformitas memungkinkan seseorang untuk meniru sikap atau perilaku orang lain. impulsive buying merupakan situasi atau keadan dimana individu membeli tanpa perencanaan dan dalam situasi tersebut seseorang akan mengalami kebingungan secara pikiran dan emosional, emosi tersebut mengakibatkan seseorang merasa ingin secepatnya memiliki produk dan merasa lega setelah mendapatkan produk yang di inginkan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konformitas teman sebaya terhadap perilaku impulsive buying melalui E-Commerce pada Mahasiswi Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang Angkatan 2020-2022. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan random sampling. Subjek penelitian merupakan Mahasiswi Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang Angkatan 2020-2022 dengan besar sampling 223 responden. Penelitian ini menggunakan dua skala yaitu konformitas teman sebaya dan impulsive buying. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji asumsi, analisis deskriptif dan analisi regresi sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas Mahasiswi memiliki tingkat konformitas teman sebaya dalam kategori sedang sebesar 98,7%, pada variable impulsive buying keseluruhan Mahasiswi dalam kategori sedang sebesar 100%. Konformitas teman sebaya memiliki pengaruh yang positif terhadap impulsive buying dengan persamaan regresi Y=8,589 + 0,522X. dengan besar R Square = 0,281. Dapat diartikan bahwa pengaruh Konformitas teman sebaya (X)
ENGLISH:
Peer conformity is an environment for adolescents who are the same age, conformity can be said to be an adjustment of attitudes and behavior to group norms and demands, therefore conformity allows a person to imitate the attitudes or behavior of others. Impulsive buying is a situation or situation where individuals buy without planning and in that situation a person will experience confusion mentally and emotionally, these emotions cause a person to feel like they want to have the product as soon as possible and feel relieved after getting the product they
want.
This study aims to determine the effect of peer conformity on impulsive buying behavior through E-Commerce in Student Faculty of Psychology, Maulana Malik Ibrahim State Islamic University Malang, Class of 2020-2022. The method used in this study is a quantitative approach with data collection techniques used random sampling. The research subjects were female students of the Faculty of Psychology, State Islamic University of Maulana Malik Ibrahim Malang, class of
2020-2022 with a sampling size of 223 respondents. This study uses two scales, namely peer conformity and impulsive buying. Data analysis used in this study includes assumption tests, descriptive analysis and simple regression analysis.
The results showed that the majority of female students had a peer conformity level in the medium category of 98.7%, in the overall impulsive buying variable female students were in the moderate category of 100%. Peer conformity has a positive influence on impulsive buying with the regression equation Y = 8.589
+ 0.522X. with a large R Square = 0.281. It can be interpreted that the effect of peer
conformity (X) on impulsive buying (Y) is 28.1%, while 71.9% of impulsive buying is influenced by other variables not examined.
ARABIC:
ةينورتكللإا ةراجتلا للاخ نم يعافدنلاا ءارشلا كولس ىلع ءارظنلا ةقباطم رثأ ديدحت ىلإ ةساردلا هذه فدهت
.2022-2020 ةعفد ، جنلاام ، ةيملاسلإا ةيموكحلا ميهاربإ كلام انلاوم ةعماج ، ةيبلاطلا سفنلا ملع ةيلك يف
.ةيئاوشعلا تانيعلا ذخأب ةمدختسملا تانايبلا عمج تاينقت عم يمك جهن يه ةساردلا هذه يف ةمدختسملا ةقيرطلا
-2020 ةعفد جنلاام ميهاربإ كلام انلاوم ةيملاسلإا ةلودلا ةعماج سفنلا ملع ةيلك تابلاط ثحبلا يف كراش
.يعافدنلاا ءارشلاو نارقلأا ةقباطم امهو ، نيسايقم ةساردلا هذه مدختست .ابيجتسم 223 ةنيع مجحب 2022 رادحنلاا ليلحتو يفصولا ليلحتلاو ضارتفلاا تارابتخا ةساردلا هذه يف ةمدختسملا تانايبلا ليلحت لمشي طيسبلا.
، ٪98.7 ةبسنب ةطسوتملا ةئفلا يف نارقلأل ةقباطم ىوتسم نهيدل ناك تابلاطلا ةيبلاغ نأ جئاتنلا ترهظأو
يباجيإ ريثأت هل ءلامزلا لاثتما .٪100 ةطسوتملا ةئفلا يف تابلاطلا تناك ماعلا يعافدنلاا ءارشلا ريغتم يفو
رادحنلاا ةلداعم مادختساب يعافدنلاا ءارشلا ىلع Y = 8.589 + 0.522X. عبرم عم R
.0.281 = ريبك
ءلامزلا ةقباطم ريثأت نأ ريسفت نكمي (X) يعافدنلاا ءارشلا ىلع (Y) ءارشلا نم ٪71.9 امنيب ، ٪28.1 وه اهصحف متي مل ىرخأ تاريغتمب رثأتي عفدنملا.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Yahya, Yahya and Agung, Yusuf Ratu |
Keywords: | konformitas teman sebaya; impulsive buying; mahasiswi Keywords: Peer Conformity, Impulsive Buying, Student of the Faculty of Psychology سفنلا ملع ةيلك بلاط ، يعافدنلاا ءارشلا ، نارقلأا ةقباطم :ةيحاتفملا تاملكلا |
Subjects: | 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170113 Social and Community Psychology |
Departement: | Fakultas Psikologi > Jurusan Psikologi |
Depositing User: | Saniatur Rizqiyah |
Date Deposited: | 28 Jul 2023 16:05 |
Last Modified: | 28 Jul 2023 16:05 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/55065 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |