Safitri, Lutfiana (2015) Penerapan model Guided Discovery Learning dengan menggunakan pendekatan scientific untuk meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa kelas VC subtema Hubungan Makhluk Hidup dalam Ekosistem SDN Kendalrejo 02 Talun Blitar. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
11140055.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (13MB) |
Abstract
INDONESIA:
Pendidikan merupakan salah satu kebutuhan yang sangat penting sehingga hampir semua aspek kehidupan memerlukan pendidikan. Pendidikan dan pengajaran yang menekankan pada pengalaman riil sangat berguna, karena ketika siswa menghadapi persoalan yang hampir mirip dengan pengalaman yang pernah diterima, siswa bias memecahkannya. Selain itu, pengetahuan yang ia peroleh dari pengalaman akan dapat diterima, diingat, dan dikembangkan dengan baik oleh siswa. Salah satu model pembelajaran yang bisa diterapkan untuk melibatkan partisipasi aktif siswa dalam kegiatan belajar adalah pembelajaran dengan model guided discovery learning dengan menggunakan pendekatan scientific.
Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui penerapan model guided discovery learning dengan menggunakan pendekatan scientific untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VC SDN Kendalrejo 02 Talun Blitar (2) untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui model guided discovery learning dengan pendekatan scientific kelas VC SDN Kendalrejo 02 Talun Blitar. Peneliti menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Urutan kegiatan penelitian mencakup 4 tahap meliputi: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan model guided discovery learning dengan menggunakan pendekatan scientific telah sesuai dengan kedua strategi, dimana langkah-langkah model guided discovery learning meliputi: a) pendahuluan, b) pengulangan, c) gambaran, d) penyelidikan, e) representasi, f) diskusi, g) penemuan, h) aplikasi, i) kesimpulan, dan j) penilaian. Sedangkan pendekatan scientific meliputi: mengamati, menanya, mencoba, mengasosiasi, mengkomunikasi. (2) pembelajaran melalui model guided discovery learning dengan menggunakan pendekatan scientific mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Aktivitas belajar siswa antara siklus I dan siklus II mengalami peningkatan. Rata-rata aktivitas belajar siswa meningkat dari 12,2 (68%) pada siklus I, menjadi 14,4 (80%) pada siklus II. Jumlah ketuntasan belajar meningkat dari 13 siswa (72,3%) pada siklus I, menjadi 17 siswa (94,4%) pada siklus II. Rata-rata hasil belajar siswa juga meningkat dari 76,8 pada siklus I, menjadi 87 pada siklus II. Besarnya peningkatan rata-rata hasil belajar siswa antara siklus I dengan siklus II sebesar 13,3%.
ENGLISH:
Education is one very important requirement that almost all aspects of life require education. Education and teaching that emphasizes on the real experience is very useful, because when students face similar problem with the experience they have ever received, they will for sure be able to solve it. In addition, the knowledge they gained from the experience would be acceptable, memorable, and well developed by the students. One model of learning that can be applied to involve the active participation of students in learning is studying by guided discovery learning model using a scientific approach.
The purpose of this study were (1) to know the application of guided discovery learning model using scientific approach to enhance the activity and student learning outcomes on VC class of SDN Kendalrejo 02 Talun, Blitar (2) to determine the activity improvement and student learning outcomes through guided discovery learning model with scientific approach on VC class Kendalrejo SDN 02 Talun, Blitar. Researcher used type of classroom action research (PTK). The sequence includes four stage research activities include: (1) planning, (2) implementation, (3) observation, and (4) reflection.
The results showed that: (1) the application of guided discovery learning strategy using scientific approach in accordance with both strategies in which the guided discovery learning model steps include: a) introduction, b) repetition, c) a description, d) inquiry, e ) representation, f) discussion, g) the discovery, h) application, i) conclusion, and j) assessment. While the scientific approach included: observing, questioning, discovering, associating, and communicating. (2) Learning through guided discovery learning model using scientific approach has increased in each cycle. Student learning activities between the first cycle and the second cycle increased. On average, students' learning activities increased from 12.2 (68%) in the first cycle, to 14.4 (80%) in the second cycle. Total mastery learning increased from 13 students (72.3%) in the first cycle, to 17 students (94.4%) in the second cycle. The average student learning outcomes also increased from 76.8 in the first cycle, to 87 in the second cycle. The amount of increase in the average student learning outcomes between the first cycle to the second cycle was 13.3%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Sholeh, Achmad | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Guided Discovery Learning; Pendekatan Scientific; Aktivitas; Hasil Belajar; Hubungan Makhluk Hidup dalam Ekosistem; Scientific Approach; Activities; Learning Results; Relationship of Creatures in Ecosystems | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Dian Anesti | ||||||
Date Deposited: | 15 Dec 2016 15:08 | ||||||
Last Modified: | 12 Apr 2023 11:01 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5441 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |