Yasin, Nur (2016) Implementasi Metode Bil-Qolam pembelajaran membaca Al-Qur’an dalam meningkatkan kualitas tajwid dan pemahaman mufradat di TPQ Bil-Qolam Singosari - Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
1211166.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) |
Abstract
INDONESIA:
Dalam proses pembelajaran Al-Qur’an, metode mempunyai kedudukanyang sangat penting dalam upaya penyampaian tujuan. Karena metode menjadisarana dalam menyampaikan materi pelajaran yang tersusun dalam kurikulum.Tanpa metode, suatu materi pelajaran tidak akan dapat berproses secara efisiendan efektif dalam kegiatan belajar mengajar menuju tujuan pendidikan. Adapunyang dibahas disini adalah tentang metode Bil-Qolam dengan latarbelakang munculnya masalah yang dihadapi oleh K.H. Mudatsir dari Madura, dalam pembelajaran Al-Qur’an.
Adapun permasalahan yang diteliti dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana penerapan Metode Bil-Qolam di TPQ Bil-Qolam Singosari, (2)Bagaimana standar tajwid yang berkualitas menurut Metode Bil-Qolam di TPQ Bil-Qolam, (3) Bagaimana proses Metode Bil-Qolam dalam meningkatkan kualitas pemahaman mufradat Al-Qur’an.Penelitian ini bertujuan untukmengetahui Bagaimana penerapan Metode Bil-Qolam di TPQ Bil-Qolam Singosari, untukmengetahui Bagaimana standar tajwid yang berkualitas menurut Metode Bil-Qolam di TPQ Bil-Qolam, untukmengetahui Bagaimana proses Metode Bil-Qolam dalam meningkatkan kualitas pemahaman mufradat Al-Qur’an.
Dalam melakukan penelitian ini penulis meggunakan metode deskriptifkualitatif, yaitu data yang disajikan berupa kata-kata atau gambaran-gambaran. Dandalam pengumpulan datanya, penulis menggunakan metode observasi, interview,dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, penulis menggunakan analisisdeskriptif kualitatif.
Hasil dari penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa tehnik penerapan Metode Bil-Qolam di Pesantren Ilmu Al-Qur’an bermula dengan membacasatu ayat atau waqof, lalu ditirukan oleh semua orang yang mengaji. Guru membaca satu-dua kali lagi, yang masing-masing ditirukan semua santri yangmengaji, dan begitu seterusnya sampai mereka dapat menirukan bacaan dengan pas. Metode Bil-Qolam memiliki standar Tajwidyang berkualitas yaitu standar Tajwid dan standar Fashohah, keduanya memiliki cakupan masing-masing yang saling melengkapi. Standar Tajwid mencetak dasar bacaan sedangkan Standar Fashohah mencetak kelancaran dan jenis membaca. Metode Bil-Qolam dalam meningkatkan kualitas pemahaman mufradat yaitu dengan menggunakan metode talqin, dan urdhoh. Di dalam metode urdhoh diulang-ulang sebanyak 3x, kemudian dalam sesi selanjutnya guru bersikap pasif sedangkan santri yang lebih aktif, dengan tujuan santri lebih mandiri dan mau murojaah di rumah.
ENGLISH:
In the process of learning Al Qur'an, the method has a very important position in the delivery of objectives. Since the method becames the nou is to convey means in delivering subject matter arranged in the curriculum. Without method, an subject matter will not be processes efficiently and effectively in teaching and learning activities towards the goal of education. As discussed here is about methods of Bil-Qolam with background to the emergence of problems faced by K.H. Mudatsir From Madura, in learning the Quran.
As for the problems examined in this thesis writing is (1) How the application of the Bil-Qolam method Bil-Qolam in TPQ Bil-Qolam Singosari, (2) how the standard of tajwid quality according to the Bil-Qolam method, (3) how the process of Bil-Qolam method in improving the quality of understanding the mufradat Al-Quran. The aims of this are to find out how the application of the method, to find out how the quality of tajwid standard according to the method, to find out how the process of method in improving the quality of understanding of mufradat Al Quran.
In doing this research the researchen used deskriptif qualitative, descriptive methods with writers, is the data presented in the form of words/figures. And in the collective the data, the researchef uses the method of observation, interview, and documentation. For the analysis, the uses descriptive qualitative analysis.
Theresults of the research showed that the application of technical methods of Bil-Qolam at Pesantren Al-Quran begins by reading a verse or waqof, then imitated by all student why study the Al-Qur’an. The teacher read one-two more of, then the student who riaed Al-Qur’an begain to imetate each cite everyone who made, and so on until they can mimic the readings with appropriate. Bil-Qolam method has tajwid standard of the quality that are standard, both of Recitation Tajwid and standard Fashohah have their respective coverage that complement each other. Tajwid standard mint the print of readings while Fashohah Standard ment types of fluency and reading. Bil-Qolam method in improving the quality of the understanding of mufradat by using the method of talqin, and urdhoh. In the urdhoh method is repeated as many as 3 x, then in the next session the teachers being passivity and the students more active, with the goal that students win more independent and want to murojaah at home.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Nur, Muhamad Amin | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Metode Bil-Qolam; Pembelajaran; Tajwid dan Mufradad Al-Qur’an; Bil-Qolam Methods; learning; Tajwid and Mufradad Al-Qur'an | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Imam Rohmanu | ||||||
Date Deposited: | 13 Dec 2016 16:20 | ||||||
Last Modified: | 13 Dec 2016 16:20 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5406 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |