Nasrullah, Rizka (2016) Analisis nilai-nilai pendidikan dalam Kitab Tarbiyatul Aulad Fil Islam karya Abdullah Nashih Ulwan dan relevansinya terhadap pendidikan karakter. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
12110180.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Pendidikan Nasional pada hakekatnya adalah membentuk karakter bangsa. Nilai-nilai pendidikan karakter yang ditanamkan di sekolah merupakan upaya pembentukan character building peserta didik menjadi bangsa yang kuat dalam menghadapi persaingan masyarakat global. PAI sebagai mata pelajaran pembentuk karakter. Segala sesuatu yang ada di dunia ini tidak lepas dari nilai yang terkandung di dalamnya. Kata karakter berasal dari Bahasa Yunain yang berarti “to mark”(menandai) dan memfokuskan pada bagaimana mengaplikasikan nilai kebaikan dalam bentuk tindakan atau tingkah laku Menurut Prof. Dr. H. Haris Supratno dibukunya Muchlis Samadi , menyatakan " Pendidikan merupakan investasi jangka panjang bagi keluarga maupun Negara yang sangat bermakna, pendidikan yang bermakna merupakan upaya membantu anak didik untuk memperdayakan potensi yang dimilikinya, sebagai bekal hidup di masa akan depan, untuk memperoleh kebahagian hidup di dunia dan di akhirat yang hakiki" .
Dalam prakteknya, penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, sehingga menghasilkan data deskriptif yang berupa kata-kata tertulis dan bukan angka. Dengan demikian, laporan penelitian akan berisi kutipan-kutipan data berupa kata, kalimat, paragraf dan teks. Berdasarkan pemahaman makna secara keseluruhan, dilakukan penafsiran dan pengkategorian data yang terkandung dalam kitab Tarbiyatul Aulad Fil Islam.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai pendidikan karakter dalam kitab Tarbiyatul Aulad Fil Islam ada 7 diantaranya nilai pendidikan keimanan, moral, fisik, rasio ,kejiwaan, sosial dan seksual.Terdapat 18 nilai pendidikan karakter yang telah ditetapkan oleh Kementrian dan Kebudayaan yang dari ke 18 karakter itu sangat relevan dengan nilai-nilai pendidikan yang terdapat didalam kitab Tarbiyatul Aulad Fil Islam.
ENGLISH:
National education is in fact forms the character of the nation. Character education values inculcated in school is an effort of the formation of character building learners into a strong nation in the face of intense competition of the global community. PAI as a character-forming subjects. All things in this world cannot be separated from the value contained in it. The character is derived from the word Yunain which means "to mark" (marks) and focuses on how to apply the value of goodness in the form of action or behavior according to Prof. Dr. h. Haris Supratno dibukunya Meditation Muchlis, stated "education is a long-term investment for families and Countries that are very meaningful, meaningful education is an effort help protégés to deceive potential, as the provision will live in the future to obtain the happiness of living in the world and in the hereafter that is essential ".
In practice, this research uses descriptive qualitative approach, thus generating descriptive data in the form of the written word and not the numbers. Thus, the research report will contain excerpts of data in the form of words, sentences, paragraphs and texts. Based on understanding the overall meaning, interpretation and data contained in this book Tarbiyatul Aulad Fil Islam.
The results showed that the value of character education in the book Tarbiyatul Aulad Fil Islam there are 7 of them education values of faith, moral, physical, psychological, social, ratio and sexual. There are 18 value character education that have been established by the Ministry of culture and that of the 18 characters that are very relevant to the educational values that are contained in the book of Aulad Tarbiyatul Fil Islam.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Nur, Muhamad Amin | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Analisis; Nilai-nilai; Pendidikan Karakter; Relevansi; Tarbiyatul Aulad Fil Islam; analysis; values; character education; relevance; Aulad Tarbiyatul Fil Islam | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Imam Rohmanu | ||||||
Date Deposited: | 13 Dec 2016 16:20 | ||||||
Last Modified: | 13 Dec 2016 16:20 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5404 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |