Fauzi, Ahmad Ali (2016) Pengaruh kedisiplinan mahasiswa pendidikan agama Islam dalam berorganisasi intra kampus terhadap prestasi belajar mahasiswa di Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
12110141.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Disiplin adalah kesadaran atau kesediaan seseorang menaati semua peraturan dan norma-norma sosial yang berlaku. Tetapi pada kenyataannya masih banyak pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan, sehingga tidak dapat tercapai apa yang telah direncanakan. Untuk mensukseskan penerapan kedisiplinan berorganisasi serta dapat berpengaruh baik terhadap prestasi belajar mahasiswa, perlu adanya kerjasama dari mahasiswa itu sendiri maupun pihak yang lainnya. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui kedisiplinan mahasiswa Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang dalam berorganisasi khususnya pada unit kegiatan mahasiswa. (2) Untuk mengetahui prestasi belajar mahasiswa Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang yang terlibat dalam organisasi mahasiswa intra kampus khususnya pada unit kegiatan mahasiswa. (3) Untuk mengetahui pengaruh antara disiplin dalam berorganisasi dengan prestasi belajar mahasiswa Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Untuk mencapai tujuan tersebut, maka digunakan metode kuantitatif dengan jenis kolerasional. Dengan obyek yang diteliti yakni mahasiswa-mahasiswi Pendidikan Agama Islam yang terlibat dalam organisasi mahasiswa intra kampus khususnya pada unit kegiatan mahasiswa. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan metode angket/kuesioner dan metode observasi. Setelah data diperoleh peneliti menganalisis data untuk mencari kebenaran data dengan menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, metode analisis deskrptif persentase, uji analisis regresi linier sederhana serta uji hipotesis. Selanjutnya data di paparkan dan ditarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kedisiplinan Mahasiswa PAI dalam berorganisasi (X) sebagian besar termasuk dalam kategori tinggi yaitu 58,06% dan 41,94% termasuk dalam kategori sedang serta 0% termasuk dalam kategori rendah. (2) Prestasi Belajar Mahasiswa PAI (Y) sebagian besar termasuk dalam kategori baik yaitu 87,10% dan 9,69% termasuk dalam kategori cukup serta 3,22% termasuk dalam kategori kurang. (3) Kedisiplinan mahasiswa Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang dalam berorganisasi khususnya pada unit kegiatan mahasiswa terhadap prestasi belajarnya berpengaruh sebesar 23,1%. Melihat hasil penelitian maka dapat diambil kesimpulan bahwa dengan menerapkan kedisiplinan yang baik dalam berorganisasi pada bidang akademik akan memberikan pengaruh yang baik terhadap prestasi belajar seorang mahasiswa, khususnya dalam penelitian ini adalah mahasiswa PAI.
ENGLISH:
Discipline is the awareness and the willingness of a person to obey all laws and social norms that apply. But in reality thera are many violations of apples budget done, so it can’t achieve what was planed. To succeed in the implementation of organizational discipline and can affect both on student achievement, the need for cooperation from the student themselves nor the other. The purpose of this study: 1) To know the discipline of Islamic Religious Education Students in Islamic State University of Maulana Malik Ibrahim Malang articularly unfortunate in organizing the activity units. 2) To know the achievement of Islamic Religious Education Students in Islamic State University of Maulana Malik Ibrahim Malang poor country engaged in intra-campus student organization especially in the student activity unit. 3) To know the effect of the discipline in the organization with the achievement of student of Islamic Religious Education in Islamic State University of Maulana Mallik Ibrahim Malang.
To achieve these objectives, we used quantitative methods and the type of kolerasional. With the object on conscientious Islamic Education Student involved in intra-camus student organizations, especially in the student activity unit. Techniques used in data collection using questionnaires and observation methods. After the data obtained by researchers analyzed data for correctness of the data using validity, reliability test, descriptive analysis percentage, test a simple linear analysisi and hypothesis testing. Furthermore, the data presented and pull in the conclusion.
The result showed that: 1) Islamic Religious Education discipline in the organization (X) largely included in the high category 58,06% and 41,94% in medium category and 0% is include in the low category. 2) The achievement of student Islamic Religious Education mostly included in good categories 87,10% and 9,69% included in the enough category and 3,22% included in the poor category. 3) Student discipline Islamic Religious Education in Islamic State University of Maulana Malik Ibrahim Malang in the organization especially in units of student activities against its influential learning achievement by 23,1%. Seeing the nresults of the study, it can be concluded that by applying good discipline in organizing the academic field will rovide a good influence on student achievement, especially in this study are student of Islamic Religious Education.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Maimunah, Siti Annijat | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pengaruh Kedisiplinan dan Prestasi Belajar Mahasiswa; Effect of Discipline and Achievement of Student | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Imam Rohmanu | ||||||
Date Deposited: | 13 Dec 2016 09:19 | ||||||
Last Modified: | 13 Dec 2016 09:19 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5390 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |