Windyaningrum, Afifa (2015) Penerapan media pembelajaran story pop-up untuk peningkatan kemampuan membaca siswa kelas I Mdrasah Ibtidaiyah Negeri Kepuhrejo Takeran Magetan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
11140024.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Penggunaan media pembelajaran disadari oleh praktisi pendidikan sangat membantu aktivitas proses pembelajaran baik di dalam maupun di luar kelas, terutama peningkatan hasil belajar siswa. Dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dimaksudkan dapat meningkatkan aspek keterampilan dalam berbahasa yaitu menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Media story pop-up diharapkan dapat membantu proses pelaksanaan pembelajaran Bahasa Indonesia, mampu menumbuhkan kreativitas dan antusiasme siswa dalam belajar terutama dalam aktivitas membaca. Tahap-tahap pelaksanaan dalam pelaksanaan penelitian ini adalah mengidentifikasi dan mengorganisasikan masalah sesuai topik yang dipilih, merencanakan kegiatan pembelajaran (membuat RPP), melaksanakan pembelajaran (mengumpulkan informasi dan mengumpulkan data), evaluasi pembelajaran oyang telah dilaksanakan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Sedangkan analisis datanya menggunakan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi.
Hasil dari penelitian ini adalah secara menyeluruh dapat diketahui bahwa penerapan media story pop-up sangat membantu siswa dalam peningkatan kemampuan membaca. Hal itu dapat diketahui dari hasil akhir evaluasi belajar siswa yang menunjukkan peningkatan pada kompetensi membaca serta hasil belajar yang mengalami peningkatan pada masing-masing kriteria yaitu dari segi ketepatan membaca meningkat dari rata-rata pre test test 67 menjadi 68.2 pada siklus I dan menjadi 76.8 pada siklus II dengan prosentase 55.6% menjadi 83.3%. Dari segi kelancaran dengan pre test 67.7 menjadi 69.8 pada siklus I dan menjadi 77.4. pada siklus II dengan prosentase 66.7% menjadi 88.9%. Sedangkan dari segi intonasi meningkat 65.8 pada saat pre test dan pada siklus I menjadi 67.2 sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 73. Dengan prosentase peningkatan dari 50% menajadi 72%
ENGLISH:
Education practitioner realizes that the use of learning media is very helpful for learning activity process either inside or outside the class, especially in improving students’ learning result. Learning Indonesian language is proposed to be able to develop aspects of language skill such as listening, speaking, reading, and writing. Story Pop-Up media is expected to be able to help the implementation process of Indonesian language learning, and raise students’ creativity and enthusiastic especially in reading activity. In doing this study, the researcher took a several steps; they are identifying and organizing problems related to the chosen topic, planning learning activity (making RPP), performing learning activity (collecting information and data), and evaluating learning result. This study was conducted using qualitative approach and class action research design. In analyzing the data, the researcher applied interactive analysis consists of data reduction, data presentation, conclusion and verification.
From this study, the researcher concluded that the application of Story Pop-Up learning media is very useful for enhancing student’s reading skill. It can be proven by the development of students’ reading competence and learning result in each criterion such as accuracy, fluency, and intonation. In terms of reading accuracy, it improves from an pre-test average 67 to 76,8 on cycle II by percentage of 83,3%, the fluency average increases from 67,7 to 77,4 by percentage of 88,9%, while the intonation enhances from pre-test average 65,8 to 73 on cycle II by percentage of 72%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Yaqien, Nurul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Media Story Pop-up; Membaca; Bahasa Indonesia; Story Pop-Up Media; Reading; Indonesian Language | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Heni Kurnia Ningsih | ||||||
Date Deposited: | 13 Dec 2016 09:30 | ||||||
Last Modified: | 13 Dec 2016 09:30 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5380 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |