Khoiroh, Muassisul (2015) Hubungan kedisiplinan guru kelas dengan hasil belajar siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Plus Mifathussalimin Tawangsari Garum Blitar. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
11140022.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Kedisiplinan guru sangatlah memhubungani perubahan sikap atau tingkah laku pada siswa karena guru adalah sebagai orang tua kedua sekaligus sebagai contoh yang baik bagi anak didiknya. Untuk menegakkan disiplin tidak selamanya harus melibatkan orang lain, tetapi melibatkan diri sendiri juga bisa. Menurut Syaiful Sagala kedisiplinan di sekolah mencakup berbagai dimensi antara lain: disiplin dalam kehadiran, disiplin pergaulan antar peserta didik, disiplin dalam kegiatan belajar dan ujian, disiplin dalam pengawasan anak yang ijin atau membolos, diisplin dalam kegiatan ritual, disiplin kehadiran guru, dan disiplin dalam pengawasan. Penelitian ini termasuk penelitian korelasional yaitu untuk mengetahui ada tidaknya hubungan yang signifikan antara kedisiplinan guru kelas dengan hasil belajar siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Plus Miftahussalimin dengan populasi seluruh siswa kelas V sebanyak 50 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan nilai rapot UAS siswa semester Ganjil. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan regresi sederhana yaitu untuk mencari hubungan kedisiplinan guru dengan hasil belajar siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa T Hitung = 0,992 dan T Tabel = 0,279 untuk N= 50 pada taraf signifikansi 5% sehingga Ho ditolak dan Ha diterima artinya terdapat hubungan yang signifikan antara kedisiplinan guru tergadap hasil belajar siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Plus Miftahusslaimin artinya dengan guru kelas yang mempunyai disiplin baik maka hasil belajar siswa akan semakin baik pula. Jadi, dapat disimpulkan kedisiplinan guru di Madrasah Ibtidaiyah Plus Miftahusslaimin Tawangsari Garum Blitar termasuk katergori baik karena rata-rata jawaban siswa mengarah kepada kedisiplinan guru. Begitu juga dengan hasil belajar siswa termasuk pada kategori baik karena52 % nilai hasil belajar siswa terbanyak antara 61-80 baik, dan terdapat hubungan kedisiplinan gurutehadap hasil belajar siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Plus Mifathussalimin Tawangsari Garum Blitar.
ENGLISH:
Teacher discipline very influence to change the student attitude because teacher are the second parents and the good example to them. To build the discipline must not involve the other, but ourselves too. According too Syaiful Sagala discipline in the school includes various dimension, such as: attendence discipline, social discipline among others, discipline in the learning and examination activity, discipline in the ritual activity, teacher attendence discipline and discipline in the controlling students. The research includes correlation reserch to know the significance influence between teachers class discipline about the student learning result in the fifth grade of Islamic Elementary School Plus Miftahussalimin by all population of fifth grade student amount 50 student. Data collection methode by questionnaire and student school report card value in the queer semester. Data analysis technique by simple regression to loocked for the teachers discipline about the students learning result.
The result of the research showed that T Court = 0,992 and T Table = 0,279 to N = 50 to significance standart 5%, so Ho was refused and Ha was accepted, its means that significance influence between teachers discipline abaout the student learning result and teachers class who havw good discipline, so the student learning result will be good also. So, we can conclude that teacher discipline at the Islamic Elementary School Plus Miftahussalimin Tawangsari Garum Blitar includes the good category, because the answered of the student on an average resembles to the teacher discipline. Even so, the student learning result the good category because 52% the value of the most studentlearning result between 61–80 is good and there is the influence of teachers discipline about students learning result in the fifth grade at Islamic Elementary School Plus Miftahussalimin Tawangsari Garum Blitar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Yaqien, Nurul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Kedisiplinan; guru kelas; hasil belajar; Discipline; Class Teacher; the result of study | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Heni Kurnia Ningsih | ||||||
Date Deposited: | 13 Dec 2016 09:30 | ||||||
Last Modified: | 13 Dec 2016 09:30 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5379 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |