Suyono, Ahmad (2012) Upaya kepala sekolah dalam menginternalisasikan Nilai-nilai Islam: Studi manajemen kepala sekolah di Sekolah Dasar Islam Terpadu Insan Permata Malang. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
10710090.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Mengharapkan anak unggul yang cerdas, kreatif, inovatif, agamis, etis, produktif, kompetetif, berkepribadian, dan berkarakter luhur ditengah kemajuan teknologi disegala bidang dengan segala dampak negatifnya bukanlah sebuah pekerjaan yang mudah. Sekolah Dasar Islam Terpadu Insan Permata Malang berupaya mendidik para siswanya supaya menjadi anak yang unggul dengan menginternalisasikan nilai-nilai Islam yang meliputi akidah, ibadah, dan akhlak.
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan upaya kepala sekolah dalam menginternalisasikan nilai-nilai Islam di Sekolah Dasar Islam Terpadu Insan Permata Malang. Ada dua rumusan masalah yang dijawab dalam penelitian ini, yaitu : (1) Nilai- nilai Islam apa sajakah yang diinternalisasikan di Sekolah Dasar Islam Terpadu Insan Permata Malang? Dan (2) Bagaimana upaya kepala sekolah dalam menginternalisasikan nilai-nilai Islam di Sekolah Dasar Islam Terpadu Insan Permata Malang?
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Prosedur pengumpulan data dengan menggunakan beberapa teknik pengumpulan data kualitatif, yaitu; 1). Wawancara semi terstruktur, 2). Observasi tidak terstruktur, 3). Dokumen resmi yang terdiri atas dokumen internal dan dokumen eksternal. Data yang terkumpul diperiksa keabsahannya dengan pengecekan kredibilitas. Pelaksanaan pengecekan kredibilitas data menggunakan trianggulasi sumber, trianggulasi teknik, dan trianggulasi waktu. Setelah dilakukan pemeriksaan keabsahannya, data tersebut dianalisis dengan cara : (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut : Pertama, Nilai-nilai Islam yang diinternalisasikan di Sekolah Dasar Islam Terpadu Insan Permata Malang, yaitu : (1) Akidah, yaitu meyakini Allah SWT sebagai Pencipta, Pemelihara, dan Penguasa alam semesta, dan menjauhkan diri dari segala pikiran, sikap, dan perilaku bid’ah, khurafat, dan syirik. (2) Ibadah, pembiasaan melaksanakan ibadah yang meliputi sholat, tilawah Al Quran, dzikir dan doa, dan shoum sesuai dengan petunjuk Al Quran dan As Sunnah. (3) Akhlak, ditanamkan memiliki pribadi yang santun, tertib, dan disiplin, peduli terhadap sesama, dan lingkungan, serta sabar, ulet, dan pemberani dalam menghadapi permasalahan kehidupan sehari-hari.
Kedua, Upaya kepala sekolah dalam menginternalisasikan nilai-nilai Islam di Sekolah Dasar Islam Terpadu Insan Permata Malang, meliputi : (1) Menjadikan Islam sebagai landasan filosofis. (2) Mengintegrasikan nilai-nilai Islam ke dalam bangunan kurikulum. (3) Menumbuhkan suasana yang Islami di lingkungan sekolah. (4) Melibatkan peran serta orang tua dan masyarakat dalam mendukung tercapainya tujuan pendidikan.
ABSTRACT
Expecting superior children who are intelligent, creative, innovative, religious, ethical, productive, kompetetif, personality, and character amid lofty technological advances in all fields, with all its negative impact is not an easy job. Elementary School of Islam Insan Permata Malang try to educate the students to become superior to the children internalize the values of Islam which includes faith, worship, and morals.
This study aims to reveal the principal’s efforts to internalize the values of Islam in the Elementary School of Islam Insan Permata Malang. There are two issues addressed in the formulation of this study, namely: (1) What Islamic values are internalized in the Elementary School of Islam Insan Permata Malang? And (2) What does principal do to internalize the values of Islam in the Elementary School of Islam Insan Permata Malang?
The study is conducted by using a qualitative approach. Data collection procedures using multiple qualitative data collection techniques, namely: 1). Semi- structured interviews, 2). Unstructured observation, 3). Official documents comprising internal documents and external documents. Collected data was examined its validity by checking credibility. Implementation of checking the credibility of the source data using triangulation, triangulation techniques and triangulation time. After checking its validity, the data were analyzed by means of: (1) data reduction, (2) the presentation of data, and (3) conclusion.
The results of this study are as follows: First, Islamic values which are internalized in the Elementary School of Islam Insan Permata Malang, namely: (1) the dogma, believing Allah as the Creator, Preserver, and Ruler of the universe, and keep away from all thoughts, attitudes, and behaviors bid 'ah, superstition and polytheism. (2) Worship, habituation of worship includes prayers, recitations of the Qur'an, dhikr and prayer, and in accordance with the Quran and Sunnah. (3) Morals, have personally invested a polite, orderly, and disciplined, caring for others, and the environment, as well as the patient, tenacious, and courageous in the facing of problems of everyday life.
Second, the principal’s efforts to internalize the Islam’s values in the Elementary School of Islam Insan Permata Malang, includes: (1) Making Islam as a philosophical foundation. (2) Integrating Islamic values into the curriculum. (3) Growing Islamic atmosphere in the school. (4) Involving the participation of parents and community in supporting the achievement of educational goals.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Supervisor: | Muhaimin, Muhaimin and Rasmianto, Rasmianto |
Keywords: | Manajemen; internalisasi; nilai-nilai Islam; Management; internalisation; Islamic values |
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Koko Prasetyo |
Date Deposited: | 20 Jul 2023 10:25 |
Last Modified: | 20 Jul 2023 10:25 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/53720 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |