Ilyas, Ilyas (2012) Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam mengelola pembelajaran Al-Qur’an di MAN 2 Aceh Tengah. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
10710103.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Di dalam Al-qur’an ayat pertama turun surat Al-Alak perintah membaca dengan arti yang luas, diantaranya mempelajari mengamalkan perintahNya dan meninggalkan laranganNya. Hal ini dikuatkan oleh M.Quraish Shihab dalam tafsirnya Al-Mishbah bahwa perintah membaca disini banyak membaca, menelaah, memperhatikan alam raya serta membaca kitab yang tertulis dan tidak tertulis.
Penelitian ini dilakukan berdasarkan adanya fenomena tunggal yaitu Kepemimpinan kepala Madrasah. Peneliti berusaha untuk menyajikan keberadaan tokoh sentral yaitu kepala Madrasah, dalam membawa perubahaya dan nuansa baru dari kepala Madrasah sebelunnya ke pemimpin selanjutnya. Selama kepemimpinan kepala madrasah sekarang ini sudah banyak mengalami perubahan, hal ini tidak lepas dari upaya dan optimalisasi kepemimpinan kepala madrasah, karena kepala madrasah merupakan figur yang paling dominan dalam menggerakan institusi untuk menjadi lebih maju. Masalah ini membuat peneliti menarik dan memberi judul “Gaya kepemimpinan kepala madrasah Aliyah dalam mengelola Manajemen pembelajaran Al-qur’an di MAN2 Aceh Tengah”, sedang fokus ini menekankan pada bagaimanakah Gaya kepemimpinan Kepala Madrasah dalam melakukan manajemen Pembelajaran Al-qur’an, serta bagaimana proses pelaksanaan manajemen pembelajaran Al-qur’an di MAN 2 Aceh Tengah.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan jenis kualitatif fenomenologik, dengan rancangan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara mendalam, observasi, dan dekumentasi, sedangkan teknik analisa data, peneliti menggunakan model analisis interaktif yang mengandung empat komponen yang saling berkaitan, yaitu: Pengumpulan data, penyederhanaan data, pemaparan data dan penarikan dan pengajuan simpulan.Sedangkan pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan: derajat kepercayaan atau pembuktian terhadap pakta yang ada (Credibility), keteralihan atau penggalian data dari informan sehingga sesuai dengan konteks (Transferability)kebergantungan data (Dependability)antara fakta dan informasi, kepastian data (Conformability)dari beberapa sumber sehingga diperoleh data yang objektif.
Hasil penelitian ini menunjukan Gaya kepemimpinankepala MAN 2 Aceh Tengah, hal ini sesuai dengan pengertian Gaya kepemimpinan seperti pola menyeluruh dari tindakan seorang pemimpin. Jadi gaya kepemimpinan kepala MAN 2 Aceh Tengah menggambarkan dengan cendrung menggunakan beberapa gaya yaitu: a) Gaya kontengency. b) Gaya transformasional, dan c) Gaya pendekatan kecerdasan emosional.
ABSTRACT
The research was conducted because have a fenomena. This is a Islamic High School learship problem. Researchs attempted to present the existance of a central figure like leader of Islamic high school to become agen of chace and new condition from the last leader to new leader.
Nowadays the current Islamic High school leadership is many change, this conditions because the optimization efforts and leadership of the head of Islamic Hight school. It because the head also dominan figure to make a intitution to become more better. This problem make researcher interesting and give the title is “The Style of leadership Head of Islamic Hight School to do a management Al- Qur’an learning in MAN 2 Aceh Tengah”.
Qualitative fenomenologic is become a metode in this research by study case design. The collect of data used deep interview, observe and decumentation, while tecnic of data analyze by interactive analyze type. use this type becouse any four components that interrealeted, there are: collect the data, simplification of data, exposure data and conclusions and submissions.
While checking the validity of the findings made by degree of belief or proof of Credibility, extracting data from informants, so in accordance with kontext (Transferability) of data dependence (Dependability), between inpormation and pact, and assurance of data (Conformability) from some sources until the researcher found the objective data.
The result of this research showed the leadership style of head of MAN 2 Aceh Tengah, this is consistent. It means the leader style like all system comprehensive from the leadership actions is support. So that why, style of had leadership of MAN 2 Aceh Tengah represent by tend used some stylees. The are a) the kontengency style, b) the transformasion style and c) emotional inteligence approch. its make more better in leadership of head of Islamic height school.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Supervisor: | Djakfar, Muhammad and Rofiq, Aunur |
Keywords: | Gaya Kepemimpinen; Kepala Madrasah Aliyah; manajemen Pembelajaran Al-qur’an; leadership; Head of Islamic high School; Maanagement of Al- qur’an Learning |
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Koko Prasetyo |
Date Deposited: | 20 Jul 2023 10:24 |
Last Modified: | 20 Jul 2023 10:24 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/53689 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |