Sakdan, Sakdan (2012) Peran kepala madrasah dalam meningkatkan mutu Guru di Madrasah Ibtidaiyah Negeri I Kota Takengon Kabupaten Aceh Tengah. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
10710102.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Fokus penelitian dijabarkan dengan subfokus sebagai berikut: (1) Bagaimana mutu guru di Madrasah Ibtidaiyah Negeri I Kota Takengon Kab. Aceh Tengah?Dan (2) Bagaimana peran kepala madrasah dalam meningkatkan mutu di Madrasah Ibtidaiyah Negeri I Kota Takengon Kab. Aceh Tengah?
Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri I Kota Takengon Kab. Aceh Tengah. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, jenis studi kasus, teknik pengumpulan data dengan observasi atau pengamatan, wawancara dan dokumentasi, teknik analisis data, pengecekan keabsahan data, dan yang terakhir adalah tahap-tahap penelitian yang akan dilakukan.
Dari hasil penelitian adalah sebagai berikut: Pertama, mutu guru di Madrasah Ibtidaiyah Negeri I Kota Takengon Kabupaten Aceh Tengahyaitu 1) dalam keterampilan mengajar para guru selalu melakukan upaya perbaikan dalam peningkatan pembelajaran, 2) wawasan ilmu pengetahuan para guru sangat luas, utamanya ilmu mata pelajaran yang diajarkan kepada siswa, 3) Para guru selalu tanggap dan mempelajari kurikulum yang selalu berubah-ubah, 4) para guru dalam pengajarannya selalu menggunakan berbagai media untuk mencapai pembelajaran yang inovatif dan menyenangkan, 5) para guru dalam pembelajaran berlangsung menggunakan media pembelajaran yang disediakan oleh madrasah laptop, LCD, dan teknologi lainnya, 6) para guru selalu bersikap profesional dalam menjalankan tugas-tugasnya yang merupakan sebagai pendidik, dan 7) menjadikan dirinya sebagai tauladan terhadap peserta didik.
Kedua, peran kepala Madrasah Madrasah Ibtidaiyah Negeri I Kota Takengon Kabupaten Aceh Tengah yaitu sesuai dengan fungsi dalam EMASLIM (Educator, Manajer, Administrator, Supervisor, Leader, Inovator, dan Motivator) yaitu: Peningkatan mutu guru melalui perubahan pola pikir, membangun pola pikir guru atau membangun karakter positif guru dirangkum dalam kegiatan formal, informal, non formal. 1) Memerintahkan kepada guru untuk melakukan studi lanjut baik ke S1 maupun ke S2. 2) Setiap minggu ada kajian atau pertemuan yang bertujuan untuk meningkatkan mutu guru.
3) Guru-guru sering diikutkan pendidikan dan pelatihan (diklat) untuk semua mata pelajaran. 4) Melakukan studi banding ke lembaga yang lebih maju. 5) Mengikuti forum KKG se-Kabupaten Aceh Tengah. 6) Melakukan kerjasama dengan lembaga lain, dan 7) Menyediakan perpustakaan yang memadai untuk meningkatkan mutu guru. Dari hasil penelitian ini, peneliti memberikan saran sebagai bahan pertimbangan dalam peran kepala madrasah dalam peningkatan mutu guru, sehingga akan mampu menjadikan atau meningkatkan mutu guru secara berkualitas. Dari hasil penelitian ini, peneliti memberikan saran sebagai bahan pertimbangan dalam peningkatan mutu guru di Madrasah Ibtidaiyah Negeri I Kota Takengon Kabupaten Aceh Tengah yaitu lebih memberikan peran berarti dalam peningkatan mutu guru.
ABSTRACT
The focuses of this research, are formulated by sub-focusing as follows: (1) How the teachers’ quality at the Madrasah Ibtidaiyah number 1 in Takengon Town of Takengon Aceh Tengah ? and (2) How is the head master’s role in upgrading of the quality of Madrasah Ibtidaiyah number 1 of Takengon Town Aceh Tengah ?
The research was conducted in Madrasah Ibtidaiyah number 1 Takengon town of Aceh Tengah. in this research used the research method is qualitative, case study type, technique of data collecting is the observation, interview and documentation, technique of data analyzing, checking of data authenticity, and the last is the research phase to be conducted.
From the research result be as follows: First, the quality of teacher in Madrasah Ibtidaiyah number 1 Takengon Town of Aceh Tengah,1) in teaching skill that all of teachers always conduct the repair effort in make-up of study, 2) the Science and the knowledge of all teachers very wide, the core important subject Science taught to the students, 3) and for all of teachers always listen carefully and study the curriculum deeply which always fluctuate, 4) for all teachers in its Lesson always use as the media to reach the study which innovative and pleasure doing, 5) all of teachers in study take place to use the study media provided by Madrasah Ibtidaiyah, look-like; Laptop, LCD, and the peripheral Technology others 6) all teachers always behave the professional in running its duties for representing as educator, and 7) making themselves as a good behavior sample to participant educated.
Second, the role to lead of the Madrasah Madrasah Ibtidaiyah number I of Takengon Town at Aceh Tengah that is as according to function of EMASLIM (Educator,Manager,Administrator,Supervisor, Leader, Innovator, and Motivator), are: Make-Up or increasing of of the teachers’ quality through the patterned thinking change, developing patterned teacher’s thinking or develop; build the positive character of teachers’ embraced in formal activity, informal, non formal 1) Commanding to teachers to continue study the goodness to the Graduate Level or S1 and also to the post-Graduate or S2, in each of the week there is discussion or meeting with aim to increase of the teacher’s quality, 3) Teachers often join the education and training for all subject, 4) Studying to compare to more institute go forward 5) Following forum or discussion together such as KKG, for the whole of teachers in Aceh Tengah district, 6) Conducting cooperation with the other institute, and 7) Providing adequate library to increase the quality of teacher each- others.
From this result of the research, researcher gives the suggestion upon which consideration in role to lead the Madrasah in make-up of teacher quality, so that will be able to make or upgrade the teacher with good quality. From this result of the research, researcher gives the suggestion upon which consideration in make-up of quality learn in Madrasah Ibtidaiyah of number I of Takengon Town in Aceh Tengah that is more giving of the roles mean in make-up of teachers’ quality.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Supervisor: | Rahardjo, Mudjia and Zainuddin, M |
Keywords: | Peran; Kepala Madrasah; Mutu dan Guru; Role; Lead the Madrasah; Quality of and Teacher |
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Koko Prasetyo |
Date Deposited: | 20 Jul 2023 10:24 |
Last Modified: | 20 Jul 2023 10:24 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/53678 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |