Muslim, Muhammad (2012) Kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kualitas pendidikan di MTsN Tempursari Kabupaten Lumajang. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
10710093.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Studi ini berawal dari pengamatan penulis terhadap fenomena peningkatan kualitas pendidikan di MTsN Tempursari Kabupaten Lumajang yang mengalami perkembangan yang baik dan menjadi salah satu Madrasah yang terpercaya di masyarakat. Mereka tertarik tertarik dengan konsep dan gagasan tentang pengembangan madrasah. Hal ini tidak bisa terlepas dari Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan dalam upayanya menjadikan madrasah ini tetap eksis di tengah tantangan global. Berdasarkan fenomena tersebut, maka jelas bahwa Kepemimpinan Kepala Madrasah sangat besar pengaruhnya dalam meningkatkan kualitas pendidikan di madrasah.
Penelitian ini berusaha memaparkan keberadaan Kepala Madrasah dalam perubahan dan pembaharuan pendidikan serta kondisi warga madrasah dalam memahami pentingnya peningkatan kualitas penddidikan, oleh karena itu studi ini diberi judul “Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di MTsN Tempursari Kabupaten Lumajang”. Fokus penelitian ini di tekankan pada sejauh mana peran Kepala Madrasah dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Sebab itu permasalahan di fokuskan sebagai berikut : (1) Bagaimana Gaya Kepemimpinan Kepala MTsN Tempursari dalam meningkatkan kualitas pendidikan (2) Bagaimana Peran Kepala MTsN Dalam Upaya meningkatkan kualitas pendidikan (3) Hambatan-hambatan apa saja yang di alami dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan (4) Bagaimana solusi dalam menghadapi hambatan-hambatan yang dialami.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilalukan memlalui observasi, dokumentasi dan wawancara mendalam. Setelah dilakukan pemeriksaan keabsahannya, data dianalisis dengan cara (1) reduksi data, (2) Penyajian data (3) penarikan kesimpulan.
Dari hasil kajian data diperoleh : Gaya kepemimpinan kepala MTsN Tempursari Kabupaten Lumajang dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan, mengunakan gaya demokratis. Dalam melaksanakan tugasnya, Kepala madrasah selalu mengedepankan kerjasama dengan para bawahan. Hal ini dilakukan dalam rangka memberikan pengertian untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Kepala madrasah selalu memberi contoh, selalu memberi dorongan, selalu memupuk rasa kekeluargaan dan persatuan, dan senantiasa berusaha membangun semangat anggota-anggotanya dan selalu berusaha mencari solusi terbaik dalam mengatasi hambatan-hambatan yang dialami madrasah, sehingga program-program madrasah berjalan dengan lancar sesuai dengan yang diharapkan.
ABSTRACT
The study begins with the author's observation of the phenomenon of increasing the quality of education in MTsN Tempursari Lumajang experiencing good growth and become one of the Madrasah are trusted in the community. They are interested interested in the concept and idea of the development of madrasah. It can not be separated from Madrasah Principal Leadership In Improving the Quality of Education in its efforts to make this madrassa still exist in the midst of global challenges. Based on this phenomenon, it is clear that the Principal Leadership Madrasah great effect in improving the quality of education in madrasah.
This study tried to explain the presence of the Head of Madrasah education in change and renewal as well as the condition of madrasah citizens in understanding the importance of improving the quality of education, therefore this study entitled "Principal Leadership in Improving the Quality of Education Madrasah in MTsN Tempursari Lumajang". The focus of this study emphasize the extent to which the chief role in improving the quality of Madrasah education. Therefore focus on the following issues: (1) How Tempursari MTsN Principal Leadership Style in improving the quality of education (2) What is the Role Head MTsN In efforts to improve the quality of education (3) What obstacles are in nature in order to improve the quality of education ( 4) How does the solution in the face of barriers experienced.
The research was conducted using a qualitative approach. Data collection techniques is passed through observation, documentation and in-depth interviews. After checking its validity, the data were analyzed by (1) data reduction, (2) Presentation of data (3) inferences.
From the results of the study data were obtained: the head's leadership style MTsN Tempursari Lumajang in an effort to improve the quality of education, use the democratic style. In performing its duties, the Head of Islamic always give priority to cooperation with the subordinates. This is done in order to give sense to improve the quality of education. Head of Islamic always give an example, always encouraging, always fostering a sense of kinship and unity, and constantly strive to build the spirit of its members and is always trying to find the best solutions to overcome barriers experienced by madrassas, Islamic schools and the programs are running smoothly in accordance with expected.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Supervisor: | Muhaimin, Muhaimin and Hady, M. Samsul |
Keywords: | Kepemimpinan Kepala Madrasah; Meningkatkan Kualitas Pendidikan; Principal Leadership Madrasah; Improving the Quality of Education |
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Koko Prasetyo |
Date Deposited: | 20 Jul 2023 10:24 |
Last Modified: | 20 Jul 2023 10:24 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/53657 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |