Muzammil, Muzammil (2012) Konsep Pemikiran Pendidikan Islam K.H A. Wahid Hasyim. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
10770010.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Memahami pribadi K.H. A. Wahid Hasyim sebagai bagian dari organisasi kaum tradisionalis (NU), yang seringkali diasumsikan sebagai organisasi orang-orang kolot dan buta huruf adalah hal yang menarik untuk dilakukan. Hal ini karena beliau dengan background kehidupan pesantren yang tak pernah berkesempatan menjalani pendidikan formal, ternyata memiliki gaya pemikiran progresif yang tak lumrah untuk ukuran pada masa itu dalam bingkai kepesantrenan. Progresifisme pemikiran K.H. A. Wahid Hasyim pada awalnya dianggap menentang tradisi pesantren dan bahkan dianggap berupaya mencampuradukkan antara agama dan dunia.
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap konsep pemikiran pendidikan Islam K.H. A. Wahid Hasyim, dengan fokus penelitian meliputi: (1) Konsep pemikiran pendidikan Islam K.H. A. Wahid Hasyim; (2) Tipologi pemikiran pendidikan K.H. A. Wahid Hasyim; serta (3) Relevansi Pemikiran Pendidikan Islam K.H. A. Wahid Hasyim dengan pendidikan Indonesia saat ini.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian sejarah (historical reaserch) dengan klasifikasi pada penelitian biografi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara dan dokumentasi, yaitu mengumpulkan data dari berbagai data primer dan sekunder yang relevan dengan tema penelitian. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan content analysis dengan tahapan penelitian meliputi; Heuristik (pengumpulan data); Verifikasi (kritik data); Interpretasi (penyimpulan data); serta Historiografi (penulisan data).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; Bentuk pendidikan Islam ideal dalam perspektif K.H. A. Wahid Hasyim, adalah bentuk pendidikan inklusif, yaitu pendidikan yang tak menutup diri dan membatasi hanya pada aspek pendidikan agama semata, serta bentuk pendidikan yang responsif terhadap dinamisme perkembangan dan kebutuhan zaman. Dalam hal ini, peneliti mensistemasi pemikiran pendidikan Islam K.H. A. Wahid Hasyim pada tiga aspek; (1) Aspek tujuan pendidikan Islam. Menurut K.H. A. Wahid Hasyim, tidak selayaknya tujuan pendidikan Islam hanya berorientasi pada upaya penciptaan ahli-ahli agama (ulama), karena sistem pendidikan yang hanya berorientasi pada urusan ukhrowi dan mengabaikan urusan duniawi akan membuat Islam semakin tertinggal dan tetap berada dalam keterbelakangan; (2) Aspek kurikulum pendidikan Islam. Pada masa penjajahan belanda, sistem pendidikan yang ada terbagi pada dua kelompok yaitu: sistem pendidikan sekuler yang dikembangkan pemerintah Belanda yang miskin nilai-nilai agama, serta sistem pendidikan pesantren yang hanya terfokus dengan kurikulum agama dan tanpa adanya pengajaran non-agama. Keduanya berbeda dan saling bertentangan, namun K.H. A. Wahid Hasyim meramu ulang sistem pendidikan pesantren dengan mendirikan madrasah nidzamiyah di pesantren Tebuireng dengan formulasi 50% pelajaran umum dan 50% pelajaran agama. Pendidikan keterampilan dan organisasi juga diajarkan dalam lembaga nidzamiyah ini; (3) Aspek metode pembelajaran. Dalam hal ini, K.H. A. Wahid Hasyim mengharapkan terjadinya proses belajar mengajar yang aktif-dialogis, yaitu posisi guru ditempatkan bukan sebagai satu-satunya sumber belajar. Pendapat guru bukanlah suatu kebenaran mutlak sehingga pendapatnya bisa dipertanyakan, bahkan bisa dibantah.
Progresifisme Pemikiran K.H. A. Wahid Hasyim ini tidak bersifat radikal dengan merubah total sistem-sistem lama. K.H. A. Wahid Hasyim mempertahankan tradisi yang ada dan mensinergikan dengan perkembangan dan kebutuhan zaman. Oleh karena sikap beliau yang demikian, maka peneliti mengkategorisasikan pemikiran K.H. A. Wahid Hasyim pada tipologi neo-modernisme, dan oleh karena itu pula, maka sistem pendidikan yang yang diformulasikan oleh K.H. A. Wahid Hasyim tetap relevan dalam konteks Indonesia saat ini. Sistem pendidikan yang inklusif, adaptif, responsif dan tetap berupaya mempertahankan tradisi dalam rangka mengangkat eksistensi Islam adalah ide dan obsesi hidup K.H. A. Wahid Hasyim.
ABSTRACT
Personal Understanding K.H. A. Wahid Hasyim as part of the traditionalist organization (NU), which is often assumed as a conservative organization and the people are illiterate is an interesting thing to do. This is happened because his background of life that never had the opportunity to go formal education, it has a style of progressive thinking that is unusual for the size of the time frame in Islamic boarding school. Progressivism thought K.H. A. Wahid Hasyim was originally considered to be against the tradition of Islamic boarding school and even considered trying to mix between religion and the world life.
This study aims to describe the concept of Islamic educational thought K.H. A. Wahid Hasyim, the focus of this research include: (1) The concept of Islamic educational thought of K.H. A. Wahid Hasyim, (2) Typology of educational thought K.H. A. Wahid Hasyim; and (3) The relevance of the Islamic Educational Thought K.H. A. Wahid Hasyim with the education in Indonesia now.
This study classified of qualitative research, by the type of historical research. Data collectionwas done byusingthe interview and documentation, whichcollects data fromvarious primary and secondary data relevant to research themes. Techniques of data analysis in this study uses content analysis, to the stages of research include; Heuristics (data collection); Verification (critical data); interpretation (inference data); and Historiography (writing data).
These results indicate that: an ideal form of Islamic education in the perspective of K.H. A. Wahid Hasyim, is a form of inclusive education, that education is not shut down and limit only on the aspects of religious education, as well as a form of education that is responsive to the dynamism of development and needs of the times. In this regard, the researchers make thought of Islamic education K.H. A. Wahid Hasyim on three aspects: (1) The Islamic educational purposes aspects. According K.H. A. Wahid Hasyim, the Islamic educational goals should not only oriented to the creation of the efforts of religious scholars (ulama), because the education system which is only oriented for the eternity affairs and neglect worldly affairs would make Islam the left and remain in retardation, (2) The curriculum Islamic education aspects. In the Dutch colonial period, the existing education system is divided in two groups: the secular educational system developed by the Dutch government's poor religious values, as well as boarding education system with a curriculum focused only in the absence of religious and non-religious teaching. Both are different and contradictory, but the K.H. A. Wahid Hasyim gathering system re-education by establishing Islamic boarding schools Tebuireng with madrasah nidzamiyah in the formulation of 50% of general lessons and 50% of religious instruction. Education and organizational skills are also taught in this nidzamiyah institutions, (3) the Teaching methods aspects. In this case, K.H. A. Wahid Hasyim expects the process of active learning, dialogue, namely the position of teacher is not placed as the only source of learning. The opinion of teachers is not an absolute truth, so his opinion may be questioned, even denied.
Progressivism thought of K.H. A. Wahid Hasyim is not radical to completely change the old systems. K.H. A. Wahid Hasyim maintains existing traditions and synergizes with the development and needs of the times. Because of his attitude, the researchers categorized the thoughts K.H. A. Wahid Hasyim on the typology of neo-modernism, and therefore also, the educational system which was formulated by K.H. A. Wahid Hasyim remains relevant in the context of Indonesia now. Inclusive education system, adaptive, responsive and still trying to maintain the tradition of Islam in order to raise the existence of life are obsession and idea of K.H. A. Wahid Hasyim.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Supervisor: | Djakfar, Muhammad and Rasmianto, Rasmianto |
Keywords: | Pendidikan Islam; K.H. A. Wahid Hasyim Islamic Education; K.H. A. Wahid Hasyim |
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana |
Date Deposited: | 20 Jul 2023 11:20 |
Last Modified: | 20 Jul 2023 11:20 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/53542 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |