Syueb, Akhmad (2012) Kepemimpinan kepala sekolah dalam membentuk karakter siswa berbasis Nilai-nilai Religius di SMP Negeri 7 Bojonegoro. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
![]() |
Text (Fulltext)
10710064.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Keberhasilan pendidikan adalah tanggungjawab 3 (tiga) unsur pendidikan: sekolah, keluarga dan masyarakat. Sehingga di sebuah sekolah, semua warga sekolah bertanggungjawab membimbing mengarahkan dan memberi tauladan pada peserta didik terkait nilai-nilai karakter mulia, baik karakter yang bersumber dari Agama, Pancasila, Budaya maupun Tujuan Pendidikan Nasional, karena dengan terwujudnya karakter mulia di sekolah akan mampu mencegah prilaku amoral yang akhir-akhir ini banyak melanda remaja dan pelajar di indonesia; mengingatkan kita soal kewajiban mengembangkan karakter siswa melalui nilai-nilai agama di sekolah maupun dilingkungan keluarga. Guna mewujudkan masyarakat Indonesia yang beriman, bertakwa dan berakhlak mulia, berperadaban, sejahtera, dan mampu mengemban kemakmuran bangsa.
Peran kepala sekolah sebagai pemimpin sekaligus manajer dituntut lebih aktif kreatif dan inovatif dalam menerapkan prinsip-prinsip kepemimpinan dan kompetensi kepribadian, sebagai landasan pembentukan dan pengembangan karakter mulia di sekolah yang dipimpinya.
Peneliti melihat di SMP Negeri 7 Bojonegoro terdapat fenomena bahwa pendidikan yang kembangkan berusaha untuk mewujudkan dan menjawab fenomena diatas, sehingga peneliti tertarik untuk membuktikan melalui penelitian. Fokus dalam penelitian yang berjudul Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Membentuk Karakter Siswa berbasis nilai-nilai religius di SMP Negeri 7 Bojonegoro, adalah:
Bagaimana strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam membentuk karakter siswa SMP Negeri 7 Bojonegoro ?. Apakah karakter yang dikembangkan di SMPN 7 bojonegoro?. Bagaimana implementasi pembentukan karakter di SMP Negeri 7 Bojonegoro ?.Dan penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan, fokus yang yang telah ditetapkan diatas.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara, wawancara, pengamatan dengan berperan, serta studi dokumentasi. Adapun pemilihan informan penelitian menggunakan teknik purposive yang dipadukan dengan snowball sampling. Dan teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, paparan data, dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kepemimpinan kepala sekolah dalam membentuk karakter siswa berpijak pada prinsip kepemimpinan yang benar, Karakter yang dikembangkan adalah hablum-minallah, hablum minan nafs, hablumminan-nas, dan hablumm-minal watan.
ABSTRACT
The success of education is the responsibility of 3 (three) elements of education: schools, families and communities. So in a school, all the schools responsibility to direct and provide role models to guide the learners related noble character values, good character that comes from religion, Pancasila, Culture and National Education purpose, because the realization of the noble character of the school will be able to prevent the behavior immoral lately much struck teenagers and students in Indonesia; reminds us of the obligation to develop the character of students through religious values in schools and within the family. To bring people of Indonesia who believe, fear Allah and noble, civilized, prosperous, and able to carry out the nation's prosperity.
The principal's role as a leader and manager demanded more active, creative and innovative in applying the principles of personal leadership and competencies, as the foundation and development of noble character formation in schools dipimpinya.
Researchers looked at the Junior High School 7 Bojonegoro there is a phenomenon that seeks to develop education and realize the answer phenomenon, so the researchers are keen to prove through research. The focus of the research, entitled Leadership Principal Student In Shaping Character-based religious values in SMP 7 Bojonegoro, are:
How does the principal's leadership strategy in shaping the character of students of SMP Negeri 7 Bojonegoro?. Are characters developed in SMP 7 bojonegoro?. How is the implementation of character formation in the Junior High School seventh Bojonegoro?., And this study aims to describe, focus set on.
This study used a qualitative approach with case study design. Data was collected by interview, observation of the role, and study documentation. The selection of informants study using purposive sampling coupled with snowball. And data analysis techniques used include data reduction, exposure data, and
draw conclusions.
The results showed that the principal leadership in shaping the character of students rests on the principle of true leadership, character development is hablum-minallah, hablum dominant nafs, hablumminan-nas, and hablumm-watan minal.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Supervisor: | Hady, M. Samsul and Tamrin, Dahlan |
Keywords: | Kepemimpinan; pembentukan Karakter; nilai religius; Leadership; character formation; religious values |
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Koko Prasetyo |
Date Deposited: | 20 Jul 2023 10:29 |
Last Modified: | 20 Jul 2023 10:29 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/53335 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
![]() |
View Item |